Home

Dituduh Sebagai Penyebab Kebodohan, Benarkah Reputasi Micin Seburuk itu?

Keepo.me | 1 year ago

Kalau dicemilin sebungkus ya pasti berdampak buruk lah ya

Pasti nggak asing lagi kalau seseorang melakukan hal yang terlihat bodoh, micin disebut-sebut sebagai penyebabnya. Bahkan anak-anak yang melakukan tindakan yang nggak seharusnya mereka lakukan di masa seusianya, orang-orang bakal menudingnya dengan generasi micin.  Pernah nggak kamu berpikir apakah micin beneran bisa membuat banyak orang cenderung melakukan hal bodoh? Sebelum menuduh micin dengan label pembuat otak menjadi bodoh, kayaknya kamu perlu tahu fakta micin di bawah ini nih. Simak ya. 

1

Monosodium Glutamat ini diciptakan oleh Kikunae Ikeda 

Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) diciptakan pertama kali oleh seorang profesor yang bernama Kikunae Ikeda di tahun 1908. Terinspirasi dari masakan sang istri yang enak banget, ia memakai rumput laut sebagai kaldu alami dan ditambahkan dengan natrium untuk membuat larutan berubah jadi bubuk penyedap. 

2

Merk pertama micin adalah Ajinomoto 

Profesor Kikunae Ikeda mematenkan penemuannya dan memberikan merk Ajinomoto. Dalam micin ada kandungan yang bisa ditemukan di jamur kering, keju, buah, sayur, tomat, dan bahkan ASI. Tentunya ini menepis tudingan kalau micin membuat menjadi bodoh kan? 

3

Di tahun 1968, micin mendapat citra yang buruk 

Citra micin tapi nggak selamanya terus menonjol. Nyatanya di tahun 1968, seorang profesor bernama Dr. Ho Man Kwok sering mengeluhkan rasa sakitnya di bagian tubuh tertentu seperti tubuh lemas dan jantung berdebar. Ia pun menuduh penggunaan micin pada restoran Chinese dan ia mengajukan surat ke sebuah jurnal kesehatan. Dari hasil penelitian penggunaan MSG ke tikus, tikus itu berubah jadi kerdil, gemuk dan mandul. Dari situlah citra micin memburuk. 

4

Susah mengganti anggapan buruk tentang micin 

Argumen tentang micin nggak berhenti sampai di situ. Banyak yang berhenti menggunakan micin sampai di tahun 1995 BPOM Amerka menguji dan membuktikan kalau micin layak dikonsumsi, meskipun terbilang susah banget mengganti ‘image’ micin yang terlanjur jelek.

Sebenarnya mustahil sih kalau restoran nggak memakai micin karena micin sudah dianggap sebagai pemegang rasa terbaik. Yang dilarang sebenarnya adalah kalau kamu mengonsumsi micin satu bungkus per hari dan kamu lakuin selama satu bulan, lah itu sudah pasti bisa membahayakan kesehatan. 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Helikopter Jatuh, Gubernur di Meksiko yang Baru Dilantik Tewas

Sindonews

Tak Perlu Cemas, Lakukan Hal-Hal Ini untuk Melindungi Diri dari PHK

Job-Like

Taksi-Taksi Unik yang Ada di Berbagai Penjuru Dunia

Pulsk

16

Salutnya Sama Anak-anak Muda Ini, Pakai Masa Single Demi Cerdaskan Anak-anak di Pedalaman

Jawaban

2

Katanya Ini Rumah Termahal di Dunia, Harganya Rp5,5 Triliun!

Rumah123

Tulis komentar...