Home

Mengusir Ketombe dengan Cara Alami

Glitzmedia | 1 year ago

Ucapkan selamat tinggal kepada ketombe dengan tiga bahan alami yang jarang diketahui; air beras, aloe vera dan daun sirsak.

Durasi baca: 40 detik

 

Rambut adalah mahkota bagi siapa saja. Oleh karena itu, banyak yang memerhatikan kesehatan rambutnya agar tidak rusak, kering dan berketombe. Jika masalah ketombe sudah terlanjur muncul, coba atasi dengan cara alami berikut ini.

(BACA JUGA: Selain Ketombe, Inilah Faktor Penyebab Kulit Kepala Gatal)

(BACA JUGA: Produk Mouthwash Bisa Hilangkan Ketombe? Ini Kata Ahlinya!)


AIR BERAS

Air beras biasanya dipakai untuk masker wajah. Namun, pada kenyataanya air beras juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut bahkan mengatasi ketombe dan membuatnya lebih bercahaya.

Caranya tentu air beras dari beras yang sudah dicuci kemudian direndam dalam air. Setelah itu, saring air rendaman beras kemudian didiamkan dengan suhu kamar selama 24 jam. Kemudian rebus air tersebut. Setelah dingin, jadikan pembersih rambut setelah menggunakan sampo—dari kulit kepala hingga batang rambut—alami sebelum membilasnya dengan air bersih.


ALOE VERA

Kandungan zinc pada Aloe vera membuatnya menjadi salah sat bahan alami untuk menyingkirkan ketombe. Cara memakainya cukup beragam. Contohnya mencampurkan 2 sdm gel aloe vera dengan 2 sdm cuka apel, setelah itu diratakan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat dan sampo.

(BACA JUGA: Selain untuk Rambut Inilah Manfaat Lidah Buaya Lainnya)



DAUN SIRSAK

Daun sirsak memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh manusia, namun juga mematikan bagi serangga atau parasit. Ia mengandung senyawa acetogenin yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh, dengan menghambat energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Karena itu, jika Anda bermasalah dengan ketombe—bahkan kutu—pada rambut, olahan daun sirsak bisa memeranginya.

Caranya, cukup tumbuk halus daun sirsak dan tambahkan sedikit air. Oleskan merata dari kulit kepala hingga batang rambut seperti layaknya masker rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

(BACA JUGA: Lindungi Tubuh dari Penyakit dengan 5 Manfaat Daun Sirsak)


(Editor: Ayu Utami, Siwi Putri Pertiwi, foto: healthline.com)


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Misteri Santet, Proses dan Penangkalnya

Terselubung

3

4 Tren Anak Sekolah Zaman 90-an yang Bikin Kangen, Kalian Pernah?

boombastis

Dua Olahraga Ini Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Republika

DO YOU KNOW: Gerhana Matahari Total Hanya Bisa Terlihat 300 Tahun Sekali di Wilayah Tertentu, Benarkah?

Okezone

Ini Berbagai Pantangan Media Sosial bagi Setiap Pencari Kerja

Job-Like

Tulis komentar...