Home

Netizen Ramai-ramai Pamer Foto Planet Mars yang Terlihat Saat Gerhana Bulan Terlama

Bintang | 8 months ago

Bintang.com, Jakarta Gerhana bulan terlama akhirnya dapat disaksikan dengan sempurna pada Sabtu (28/7/2018) dini hari tadi. Bulan perlahan-lahan tertutup dan memerah karena terkena bias matahari. Dan ternyata gerhana bulan kali ini memang benar-benar istimewa, bukannya hanya karena menjadi gerhana bulan terlama abad ini, tetapi ada juga planet lain yang terlihat, yakni planet Mars.

Ya, selain gerhana bulan total, ternyata planet Mars juga terlihat muncul. Masyarakat dunia maya pun memamerkan hasil foto mereka, di mana terlihat planet Mars terlihat berada di sisi paling kiri dari bulan. Dan ternyata dini hari tadi bukan hanya planet Mars saja yang dapat dilihat, beberapa planet lain, yakni Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus juga terlihat, meskipun untuk melihatnya dibutuhkan alat atau teropong khusus.

Di bawah ini adalah beberapa foto gerhana bulan serta planet mars yang berhasil ditangkap oleh masyarakat dunia maya. Meskipun hanya menggunakan kamera seadaanya, tapi banyak netizen yang mengaku puas dengan hasil foto yang didapat.

#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

Menjadi sebuah fenomena langka, tak heran banyak orang yang rela begadang untuk menyaksikan gerhana bulan total dan kemunculan planet Mars dini hari tadi. Sebagai informasi, ada banyak warga yang menyaksikan proses gerhana bulan total di 11 teropong yang sudah disediakan oleh Planetarium. 

Besok Sore, Warga Jakarta Bisa Nikmati Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Bulan Terlama pada Abad Ini

Planet Mars terlihat saat gerhana bulan terjadi pada 28 Juli 2018. (Ilustrasi: Bintang.com/Bambang E.Ros)

Gerhana bulan total yang terjadi pada 28 Juli 2018 disebut dengan nama “Micro Blood Moon” menjadi gerhana bulan terlama pada abad ini. "Terlama Abad ini! Puncak Gerhana Bulan Total akan terjadi selama 103 menit dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada tgl 28 juli 2018. BMKG akan melaksanakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia dan menyiarkannya secara live," tulis BMKG di akun Twitter @infoBMKG.

Tak hanya masyarakat di Indonesia saja yang bisa melihat gerhana bulan, dilansir dari Time ada beberapa negara yang menjadi spot terbaik untuk melihat gerhana bulan. Beberapa tempat terbaik untuk melihat gerhana bulan, yakni Afrika Tengah dan Timur, Eropa Timur, Timur Tengah, Asia Tengah dan Tenggara, serta Australia.

Gerhana di Tahun 2018

Gerhana bulan total terlama pada 28 Juli 2018 dihiasi dengan kemunculan planet Mars. (Ilustrasi: Bintang.com/Bambang E.Ros)

Setelah gerhana bulan pada 31 Januari lalu dan 28 Juli 2018, ternyata aka nada kemunculan gerhana lainnya di 2018 ini. Dilansir dari BMKG.go.id, dijelaskan bahwa di tahun 2018 ini aka nada lima negara yang dapat diamati oleh masyarakat dunia, meskipun ada beberapa gerhana yang tidak dapat dilihat di Indonesia.

Lima gerhana yang akan terjadi pada 2018 ini, yakni: 1. Gerhana Bulan Total (GBT) 31 Januari 2018 yang bisa diamati dari Indonesia, 2. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Lalu 4. Gerhana Bulan Total (GBT) yang terjadi pada 28 Juli 2018 dan bisa diamati dari Indonesia, dan yang ke 5. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

7 Cara Cerdas Cari Pekerjaan Baru Sebelum Resign

Idntimes

Wow ! 6 mamfaat es batu selain sebagai penyegar dahaga

Vebma

Inilah 5 Teknologi Canggih yang Tengah Dirancang Israel

Intisari-online

2

8 Tanda Kamu Digaji Terlalu Kecil dan Nggak Dihargai. Inikah Saatnya Resign?

Hipwee

232

10 Potret Seksi Manohara Odelia yang Bikin Pangling

Akurat.co

Tulis komentar...