Home

7 Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Penuaan Dini!

Womantalk | 7 months ago

Menjadi tua itu wajar, dan semua orang termasuk Anda dan saya pasti akan menua pada waktunya. Namun, ternyata gaya hidup dan kebiasaan buruk yang Anda lakukan bisa membuat tubuh, kulit, dan wajah mengalami penuaan dini. Agar tidak dipanggil nenek sebelum usia lanjut, hindari beberapa kebiasaan buruk ini ya:

Baca juga: 

Salah Styling Rambut Bikin Anda Tampak Lebih Tua, Jadi Hindari 5 Gaya Ini!

1. Kurang asupan sayur dan buah

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya membantu melawan kerusakan sel penyebab penuaan dini pada kulit. Ini disebabkan karena buah dan sayuran kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan protein yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas juga menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Maka Anda dianjurkan untuk menyantap 2-3 porsi sayur dan buah setiap harinya.

sumber: proprofs

Baca juga: 

Lawan Penyakit Dengan Fitonutrien: Superfood Dari Buah dan Sayuran Untuk Kesehatan Anda

2. Kurang tidur

Para peneliti dari University Hospitals Case Medical Center melakukan penelitian terhadap 60 orang perempuan usia 30-49 tahun, yang setengahnya masuk ke dalam kategori “kualitas tidur yang buruk”, mereka menunjukkan tanda-tanda nyata penuaan dini pada kulit seperti kerut halus, warna kulit tidak merata akibat pigmentasi, kulit yang kendur dan tidak kenyal. “Penelitian ini menunjukkan korelasi antara kekurangan tidur dengan penurunan kesehatan kulit dan percepatan proses penuaan kulit,” terang dr. Elma Baron, seorang profesor yang memimpin penelitian ini.

sumber: Google

Nah, Anda mengerti, kan, dari mana datangnya istilah beauty sleep?

sumber: memegenerator

3. Tidak memakai tabir surya

“Sinar UV mengakibatkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel-sel kulit yang berujung pada penuaan dini pada kulit yaitu timbulnya kerut, flek hitam/pigmentasi, dan bahkan bisa mengakibatkan kanker kulit,” kata dr. Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian  pada cosmetic and clinical research in the department of dermatology di Mount Sinai Hospital megemukakan pada Men’s Health.

sumber: time

Baca juga: 

Tips Cantik Musim Panas: Kenali Beda dan Bahaya Sinar UVA dan UVB

4. Emosi dan menyimpan dendam

Rasa marah, stres, dan menyimpan dendam bisa membuat Anda menua lebih cepat, lho. “Saat kesal, dan kesal, secara tidak sadar Anda membuat tubuh menjadi lebih tegang. Padahal tubuh perlu berada dalam keadaan rileks untuk bisa berfungsi optimal dan agar sel-sel dalam tubuh bisa melakukan regenerasi secara alami,” kata Alixandra Foisy, seorang pekerja sosial di bidang klinis.

sumber: udemy

Baca juga: 

Terlalu Cepat Emosi Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Mengontrolnya!

5. Duduk terlalu lama

Sebuah penelitian dari American Journal of Epidemiology menunjukkan fakta bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan kurang bergerak mengakibatkan penuaan pada sel-sel tubuh. Para peneliti mengamati kromosom dari 1,500 responden perempuan dan menemukan bahwa telomeres (bagian ujung DNA dalam sel-sel tubuh) memendek seiring bertambahnya usia.

Namun, kabar buruk untuk mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu sehari-hari dalam posisi duduk, ini akan mempercepat proses memendeknya

telomeres

. Jadi meskipun masih tergolong muda, Anda yang banyak duduk dan kurang aktivitas fisik, memiliki usia biologis yang lebih tua dan sel-sel tubuhnya mengalami penuaan dini.

sumber: express

Baca juga: 

Apa Saja Efek Buruk Pada Kesehatan Tubuh Saat Anda Berhenti Berolahraga?

6. Cemas dan stres berlebihan

Hidup di kota besar dengan banyak kesibukan, Anda pasti berhadapan dengan stres, itu wajar. Tapi, menanggulangi rasa cemas dan stres harus Anda kuasai bila tak ingin mengalami penuaan dini.

Jared Heathman, seorang psikolog mengatakan kepada The List bahwa, “penelitian membuktikan bahwa rasa cemas berlebihan mendorong  proses penuaan dini. Sering merasa cemas dan stres meningkatkan produksi hormon stres yaitu cortisol yang mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh akibat oksidasi (oxidative damage), yang bisa menyebabkan pengurangan usia 2-6 tahun.” Maka Anda harus pintar-pintar mengatur stres, melalui kegiatan yang bisa meredakan stres seperti yoga dan meditasi, atau bertukar pikiran dengan teman, bahkan jangan ragu mencari bantuan profesional seperti psikolog ya.

sumber: marieclaire

Baca juga: 

Ini Cara Supaya Tetap Tenang Dan Bebas Stres Saat Terjebak Kemacetan

7. Konsumsi alkohol berlebih

Penelitian dari American Academy of Dermatology (AAD) menunjukkan bahwa alkohol megakibatkan dehidrasi pada kulit. dr. Joshua Zeichner menambahkan bawah, “alkohol menurunkan kadar alami antioksidan di dalam tubuh yang berakibat pembengkakkan dan radikal bebas merusak sel-sel tubuh.”

sumber: cbsnews

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, konsumsi alkohol berlebihan bahkan mengakibatkan penyakit yang lebih serius seperti penyakit liver, depresi, dan kanker. Jadi jangan sering-sering mengonsumsi alkohol ya, dan batasi jumlahnya 1-2 gelas saja.

Cover: 123RF

Tag:

bugar, hidup sehat, gaya hidup sehat, penuaan dini, menua, fit, penuaan

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Berjenggot Itu Sehat

Merahputih

Artis-Artis Ini Dihujat Karena Pakai Produk KW, Tapi Kalau Pakai Branded Terus Pun Nggak Bijak Lho

Hipwee

16

12 Maskapai Penerbangan yang Pramugarinya Terkenal Paling Cantik di Dunia, Indonesia Termasuk Nggak ya?

Selipan

1

Foto-Foto Ini Bikin Kamu Bertanya, "KOK BISA SIH???" Nggak Usah Kucek-Kucek Mata Gitu Ah Ngeliatnya

Keepo.me

2

Nikita Mirzani Beber Kriteria Calon Suami

jpnn.com

Tulis komentar...