Home

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Sebelum Berolaharga

Rakyatku | 10 months ago

RAKYATKU.COM - Apa yang Anda persiapkan sebelum berolahraga? Selain melakukan persiapan fisik dengan melakukan pemanasan, salah satu hal penting yang diperhatikan sebelum melakukan olahraga tentu saja dari asupan gizi yang cukup.

Asupan gizi yang tepat sebelum berolahraga sangat penting. Asupan gizi yang cukup akan memberikan tenaga yang tepat untuk melakukan olahraga.

Makanan alami merupakan pilihan yang tepat, karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan memberikan asupan kalori yang cukup dan tidak memberatkan kerja metabolisme tubuh, utamanya jika olahraga dilakukan pada pagi hari.

Berikut 5 pilihan bahan makanan alami yang bisa kita konsumsi untuk memberikan asupan energi bagi tubuh sebelum berolahraga:

1. Ubi jalar

Ubi jalar atau ubi manis merupakan jenis bahan makanan yang padat energi dan mengandung banyak vitamin.

Ubi utamanya yang berwarna gelap, misalnya ungu atau oranye tua, memiliki kandungan vitamin A, C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada pada ubi bisa memberikan asupan karbohidrat kompleks yang tinggi serat.

Kombinasi kandugan zat dan gizi pada ubi tersebut sangat tepat dipilih untuk mensuplai energi saat berolahraga nantinya. Anda bisa mengonsumsi ubi rebus atau panggang sebanyak 60-100 gram sebelum berolahraga.

2. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang umum dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Quinoa memilki kandungan protein, omega 3 dan mineral yang tinggi.

Hal tersebut membuat quinoa sangat dianjurkan dikonsumsi sebelum berolahraga karena bisa mengganti sel otot yang rusak setelah berolahraga.

Kandungan protein yang tinggi pada quinoa juga bisa memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh melakukan olahraga.

Anda bisa mengonsumsi quinoa dengan mencampurkannya bersama potongan buah atau sayur dengan sedikit dressing rendah lemak sebelum berolahraga.

Baca Juga

3. Buah bit

Buah bit memiliki kandungan serat, vitamin dan cairan yang tinggi. Buah bit memberikan manfaat bagi tubuh saat berolahraga, yaitu dengan melancarkan peredaran darah. Kondisi ini akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan performa olahraga semakin meningkat.

Sebelum berolahraga, Anda bisa mengonsumsi buah bit dengan memakannya langsung, menambahkan pada salad atau membuatnya menjadi jus buah bit.

Dilansir doktersehat, mengolah buah bit menjadi jus bisa jadi pilihan yang tepat karena asupan cairan dalam tubuh juga akan semakin meningkat.

4. Buah mangga

Buah yang super sehat dan manis ini sangat cocok dikonsumsi sebelum berolahraga. Kandungan vitamin A, C, serat, cairan dan karbohidratnya yang tinggi merupakan kombinasi gizi yang tepat untuk mensuplai tenaga bagi tubuh untuk berolahraga.

Selain itu, buah mangga juga banyak mengandung antioksidan, sehingga bisa efektif mencegah peradangan pada sel tubuh setelah berolahraga.

Pilih buah mangga yang sudah matang, konsumsi sebanyak 80-100 gram buah mangga sebelum berolahraga agar Anda semakin fit. Jus buah mangga tentu bisa jadi pilihan yang super menyegarkan, bukan?

5. Pisang

Selain mangga, buah pisang adalah buah dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Hal ini justru sangat bermanfaat agar suplai energi selama berolahraga bisa terpenuhi.

Selain itu, buah pisang juga memiliki banyak kandungan kalium yang bermanfaat untuk tekanan darah dan jantung. Hal ini juga bisa mendukung performa tubuh selama olahraga dengan lebih maksimal.

Selain di makan langsung, Anda bisa membuat smoothies pisang sebelum berolahraga agar asupan cairan sebelum olahraga tercukupi.

Tags

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Kenakan Kerah Mirip Mr. P, Presenter Ini Hebohkan Dunia Maya

Terselubung

9

Mencengangkan, Shalat Tahajud Bisa Menyembuhkan Kanker, Bahkan Berbagai Penyakit (based on scientific research)

Vebma

Cantik Maksimal, 6 Selebgram Hijab Indonesia Ini Ternyata Berdarah Arab Lho!

Keepo.me

Alih Fungsi, Begini Rasanya Ngekos di Penjara Kalisolok yang Terkenal Seram Pada Masanya

boombastis

2

5 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Saat Berusia 20-an

Finansialku

Tulis komentar...