Home

Ditemukan Keju Mumi Berusia 3300 Tahun, Katanya Mengandung Kutukan Lho!

Keepo.me | 11 months ago

Keju kok terkutuk, otaknya kali yang udah disumpel kutukan!

Meskipun sudah banyak peninggalan sejarah yang sudah diungkap para peneliti, tapi faktanya jumlah misteri yang masih tersembunyi di Mesir masih sangat banyak. Termasuk penemuan terbaru di Makam Ptahmes, yang berada di Saqqara, Mesir.

Baca juga : Ditemukan Terkubur Selama Ribuan Tahun, Sarkofagus Hitam Mesir Kuno Ini Ukurannya Besar Banget. Tapi Banyak yang Takut dengan Isinya

Dilansir dalam livescience, tim peneliti baru saja menemukan makanan yang terbuat dari susu, dan diduga merupakan keju di zaman tersebut, di antara pecahan tembikar berukuran besar.

ilustrasi

Dalam keterangannya, tim peneliti menduga jika makam tersebut sudah dibangun sejak Abad ke-13 SM. Kalau diperkirakan, bangunan dan keju yang ditemukan di dalamnya, sudah berusia sekitar 3.300 tahun.

Dalam temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Analytical Chemistry, 25 Juli 2018, disebutkan jika keju tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh tim peneliti dari University of Catania, Italia dan Cairo University, Mesir, dalam sebuah misi penggalian yang dilakukan tahun 2013-2014 silam.

Keju berusia 3300 tahun yang ditemukan di makam Ptahmes

Selain keju, di sekitarnya pun ditemukan secarik kain kanvas yang mungkin digunakan untuk melindungi dan menutup keju. Tekstur kain kanvas tersebut memperlihatkan jika tersebut masih utuh ketika disimpan di dalam Makam Ptahmes.

Setelah diteliti, keju tersebut mengandung 5 protein terpisah yang biasa ditemukan dalam susu Bovidae. Menurut tim peneliti, bisa jadi keju ini merupakan keju padat tertua di dunia.

Keju berusia 3300 tahun yang ditemukan di makam Ptahmes

Hingga saat ini belum ada analisa akurat terkait alasan kenapa keju ini bisa disimpan dalam makam Ptahmes, tapi banyak yang menduga jika keju mumi telah dikutuk, sehingga siapa saja yang memakannya akan mendapat celaka.

Di kalangan ilmuwan, tentu saja mitos ini langsung ditepis. Menurut mereka, jika sampai ada orang yang sakit atau bahkan meninggal setelah mengonsumsi keju ini, yakin ini karena kutukan, tapi karena keju ini memang mengandung bakteri jahat. Wajar dong, udah lama banget tuh keju!

Ilustrasi

Lebih lanjut lagi, tim peneliti menyebut jika keju ini mengandung Brucella melitensis, sejenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit menular brucellosis. Gejala penyakit ini memang cukup aneh, dari mulai demam berat, muntah-muntah, hingga gangguan pencernaan parah.

Hadeuh.. penemuan sains kok disangka kutukan. Boro-boro keju yang udah disimpan ribuan tahun, keju yang disimpan sebulan aja nggak boleh dimakan karena udah basi. Ada-ada aja sih!

Baca juga : Masih Ingat Peti Hitam Raksasa yang Baru Ditemukan di Mesir? Para Peneliti Akhirnya Membukanya. Sungguh Bikin Merinding!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Bacaan Wajib Wanita; Jangan Kenakan Celdam Berbahan Renda

Batampos

1

5 Panduan Mendaki Gunung untuk Pemula

Tribunnews

Roket SpaceX Kembali Mengudara Usai Insiden Ledakan

Okezone

3

Jodoh itu di Tangan Tuhan, Atau di Tangan Kita? Ini Yang Lebih Penting Kamu Kerjakan!

Jawaban

Tulis Surat untuk Presiden Jokowi, Anak Ini Minta Dibelikan Kaki Palsu

Bintang

Tulis komentar...