Home

Olahraga Saat Rehat Makan Siang Bisa Mengembalikan Fokus Bekerja

Glitzmedia | 9 months ago

Selipkan sedikit waktu untuk berolahraga agar produktivitas Anda meningkat

Durasi baca: 45 detik


Serangan rasa kantuk setelah selesai makan siang, membuat Anda rasanya ingin meletakkan bantal di atas meja kerja. Bagi Anda pekerja kantoran, rehat waktu makan siang sering bermuara ke rasa lelah dan kantuk di tengah hari. Padahal, dengan menyelipkan sedikit gerakan olahraga maka Anda bisa mengusir rasa kantuk dan mengembalikan fokus serta energi bekerja. Apa mungkin?


"Hal ini memang membutuhkan sedikit perencanaan dan koordinasi, tetapi bukan hanya bisa dilakukan, sebenarnya olahraga saat istirahat makan siang lebih mudah dilakukan daripada yang Anda bayangkan," kata Mari Croze, seorang pelatih pribadi di Pusat Kebugaran Universitas Negeri Michigan Pusat. Apakah Anda mau mencobanya?

(BACA JUGA: Kecilkan Perut di Kantor dengan Gerakan Ini)


INTENSITAS ADALAH KUNCI

Menurut para ahli kunci untuk mendapatkan manfaat dari latihan ‘kilat’ adalah disiplin dan intensitas. “Apa yang Anda lakukan adalah akumulasi efek, dan ini bukan mengenai berapa lama latihan, tapi apakah rutin atau tidak. Hal itulah yang membuat perbedaan,” ungkap Phil Tyne, direktur Pusat Kebugaran Baylor Tom Landry. Latihan yang ia maksud adalah efek yang lebih maksimal dengan olahraga 10-15 menit setiap hari, dibandingkan dengan 60 menit di pusat kebugaran, namun dengan rentang waktu yang tidak menentu.


LATIHAN RINGAN

Ragam latihan ringan yang bisa Anda lakukan saat rehat dari pekerjaan kantor bisa bervariasi. Misalnya menyimpan dua barbel 2kg atau matras, yang bisa Anda gunakan kapan saja. Gerakan juga cukup mudah, misalnya:

  • Kombinasi angkat beban untuk melatih bisep dan trisep sembari duduk menghadap komputer
  • Menggunakan matras untuk 10 kali push up dan abdominal crunch dengan masing-masing gerakan sebanyak 3 repetisi
  • Kombinasi peregangan dan squat dengan menggunakan matras
  • Bisa juga melakukan kombinasi 10 kali push up dan planking dengan masing-masing gerakan sebanyak 3 kali repetisi
  • Gerakan paling sederhana adalah latihan pernapasan yang dikombinasikan dengan peregangan tubuh. Lakukan meditasi sederhana untuk kembali mengisi oksigen ke otak dan melancarkan peredaran darah Anda
  • Anda juga bisa melakukan olahraga tanpa menggunakan alat, misalnya menuju kantin dan kembali ke meja kerja dengan berjalan kaki atau menggunakan tangga. 

(BACA JUGA: Gunakan Kursi Kantor untuk Berolahraga)




MANFAAT YANG ANDA DAPATKAN

Peregangan otot yang Anda lakukan di tengah pekerjaan, bisa membantu mengendalikan tingkat stres, menurunkan tekanan darah, mengembalikan tingkat konsentrasi, mempertajam fokus dalam bekerja, bahkan mengurangi kemungkinan insomnia. Hal ini berkat aliran darah yang kembali lancar, baik ke jantung maupun ke otak.


HAL YANG HARUS ANDA HINDARI

Jika Anda hendak menggunakan alat olahraga, usahakan lakukan gerakan minimal 45 menit setelah makan siang, agar menghindari kejang otot perut dan rasa mual. Berikan waktu tubuh Anda untuk mengolah makanan yang telah masuk terlebih dahulu, sebelum melakukan olahraga.


(Ayu Utami, foto: fruitguys.com, lifehack.org)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

7 Fakta Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Kolesterol

Hellosehat

9

Cuma Butuh 4 Jam, Pasangan Ini Langsung Menikah!

Bintang

12

Sering Mengalami Putus Cinta? Tetap Semangat Guys, Masih Ada Harapan Untuk Masa Depanmu

Dagelan

Mengaku Sakit Hati Diputusin, Mahasiswa Ini Sebarkan Video Mesum dengan Pacar di Medsos

FokusRiau

5 Pahlawan Indonesia yang Selalu Ada Di Dekatmu

Shopback

6

Tulis komentar...