Home

Merah, Kuning, Hijau, Yuk Kenali Penyakit di Balik Warna Keputihan

Akurat.co | 5 months ago

AKURAT.CO, Keputihan adalah hal yang wajar dialami oleh wanita. Cairan ini berfungsi sebagai sekresi leher rahim dan vagina serta untuk membuang sel-sel tua beserta bakteri di vagina.

Normalnya, cairan berlendir ini berwarna putih agak bening. Namun, apa jadinya kalau cairan keputihan ini berwarna lain, seperti kuning, merah, bahkan abu-abu?

Dilansir dari Women's Health, ini dia arti warna keputihan yang tidak normal.

baca juga:

1. Putih susu

Jika kamu mengalami keputihan berwarna putih susu, menggumpal, dan gatal, itu tandanya ada infeksi jamur di area Miss V.

Infeksi jamur disebabkan berlebihnya pertumbuhan Candida, bakteri yang hidup secara alami di area Miss V. Bakteri ini akan tumbuh berlebih di area yang hangat dan lembab.

Infeksi jamur ini bisa diatasi dengan salep antijamur. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengingat tidak sembarang obat bisa dioleskan di area sensitif ini.

2. Kuning agak kehijauan

Keputihan berwarna kuning kehijauan dan agak perih bisa menjadi pertanda penyakit chlamydia (penyakit menular seksual) dan gonorrhea (kencing nanah).

Gejala lainnya bisa berupa nyeri panggul dan sensasi panas terbakar saat kencing. Namun, kebanyakan wanita tidak mengalami gejala ini.

Dua penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat antibiotik. Namun yang harus diingat, tidak hanya pihak wanita yang mesti menjalani pengobatan. Pihak laki-laki sebagai pasangan seksualnya juga harus diobati agar tidak menularkan kembali penyakit ini.

3. Abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu, encer, dan berbau menyengat disebabkan oleh Bacterial Vaginosis (BV).

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, BV sering dialami wanita berusia 15 sampai 44 tahun. Infeksi ini bisa disembuhkan melalui obat dari resep dokter.

Hingga saat ini penyebab BV masih misterius. Para pakar yakin BV disebabkan terjadinya ketidakseimbangan bakteri di area Miss V, tetapi belum diketahui apa penyebab ketidakseimbangan itu.

4. Kehijauan atau agak abu-abu

Keputihan dengan ciri-ciri berbusa, berbau amis, dan berwarna kehijauan atau agak abu-abu menandakan adanya penyakit trichomoniasis.

Trichomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh organisme bernama Trichomonas vaginalis. Selain menular lewat hubungan seks, organisme ini bisa hidup di handuk, vibrator, dan benda lainnya.

Bahayanya, jika infeksi ini tidak diobati, wanita akan semakin mudah terserang HIV. Untungnya, trichomoniasis ini bisa disembuhkan melalui resep obat dari dokter.

5. Kemerahan, merah jambu, atau coklat

Keputihan dengan warna ini menandakan adanya pendarahan di bagian dalam. Hal ini normal dialami saat sebelum atau setelah haid atau pada wanita yang baru saja memasang alat kontrasepsi.

Namun, jika bercak kemerahan atau kecoklatan ini terjadi terus-menerus, sebaiknya diperiksakan karena bisa menandakan tumbuhnya polip atau bahkan tumor.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Mengapa Harga BBM Naik

Bintang

Lagi Hits Lakukan Yoga di Atas Air, Mau Coba!

Suara

KitKat di Jepang Ada yang Rasa Sushi

Inilah

14

Komunitas Pasien Cuci Darah Kecewa Kebijakan BPJS Kesehatan soal Perpanjangan Rujukan 3 Bulan Sekali

Tribunnews

2

Ngeri Banget! Pebalap Ini Menarik Tuas Rem Motor Lawan Saat Melaju Kencang. Kecelakaan Parah pun Nyaris Terjadi

Keepo.me

10

Tulis komentar...