Home

Berstatus Siaga, Radius Berbahaya Anak Krakatau Diperluas Lima Kilometer

Era | 6 months ago



Jakarta, era.id - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, status Gunung Anak Krakatau telah dinaikkan menjadi "Siaga" atau "Level III" dengan lingkar berbahaya diperluas menjadi lima kilometer.

"Masyarakat dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius lima kilometer dari puncak kawah Gunung Anak Krakatau," katanya melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (27/12/2018).

Sutopo mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda terus meningkat. Pada Kamis(27/12) pukul 06.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) menaikan statusnya dari "Waspada" atau "Level II" menjadi "Siaga".

Menurut pengamatan, selama Kamis ,pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, letusan Gunung Anak Krakatau masih berlangsung. Tremor masih terjadi dengan amplitudo delapan milimeter hingga 32 milimeter dan dominan pada 25 milimeter. Selain itu, juga terdengar dentuman suara letusan.


Baca Juga : Waspadai Peningkatan Aktivitas Anak Krakatau, Folks!

"Karena itu, PVMBG melarang masyarakat dan wisatawan berkegiatan pada lingkar lima kilometer dari puncak. Di dalam lingkar tersebut tidak ada permukiman," ujarnya.
 

PVMBG menaikkan Status Gunung Anak Krakatau dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III), dengan zona berbahaya diperluas dari 2 kilometer menjadi 5 kilometer. Masyarakat dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius 5 kilometer dari puncak kawah. pic.twitter.com/cvGpuxtpno

— Sutopo Purwo Nugroho (@Sutopo_PN) December 27, 2018

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Tersesat Sejak 1963 di India, Tentara Cina Ini Akhirnya Pulang

Arah

4

10 Penemuan Jepang Ini Emang Super Absurd. Tapi Manfaatnya Bikin Hidupmu Lebih Berwarna

Keepo.me

5

Inilah Perbandingan Grafik Game Zaman Dulu dengan Zaman Sekarang

Yukepo

Alasan Pemerintah Batasi Pesan Video dan Gambar di WhatsApp

Merdeka

16

Miris Dah, Seperti ini Kelakuan Manusia Moderen Sekarang yang Bikin Geleng-Geleng Kepala. Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?

Palingseru

5

Tulis komentar...