Home

Bukan Halu, Ternyata Berkhayal Baik Lho untuk Kesehatan

Suara | 4 months ago

Suara.com - Kata ‘ halu ’ akhir-akhir ini sering kali diucapkan oleh generasi milenial. Halu sendiri merupakan kata yang berasal dari kata halusinasi , yang bisa diartikan juga berkhayal .

Berkhayal terkadang dikaitkan dengan kegiatan yang mengawang-awang atau berandai-andai. Itu sebabnya, banyak yang sepakat bahwa berkhayal tak membawa kebaikan apa pun.

Namun, siapa sih yang tak pernah berkhayal dalam hidup? Rasanya, hampir semua orang pernah melakukan kegiatan yang satu ini.

Nah, meski dinilai tak memiliki kegunaan, nyatanya ada berkhayal ada manfaatnya bagi kesehatan lho. Berikut beberapa manfaat berkhayal .

Obat stress

Berkhayal juga bisa menjadi obat stres. Ini bisa meredakan stres akibat pekerjaan, stres setelah bertengkar hebat dengan orang terdekat atau bahkan setelah mengalami trauma. Hal ini terjadi karena ketika Anda berkhayal, pikiran Anda mengembara dan melupakan masalah yang sedang dihadapi meski sesaat. Setelahnya, pikiran Anda menjadi lebih segar dan tidak terbebani lagi.

Berkhayal juga membantu Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan. Manfaat berkhayal ini dapat membuat Anda menjadi termotivasi sehingga lebih mudah mencapai tujuan Anda.

Untuk daya ingat

Anggapan bahwa mengkhayal hanyalah kegiatan buang-buang waktu rupanya terbantahkan dengan adanya beberapa penelitian. Para peneliti menemukan bahwa berkhayal sebenarnya bisa membuat seseorang lebih kreatif. Dengan berkhayal, Anda jadi berangan-angan tentang hal yang Anda senangi.

Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada manfaat berkhayal lainnya bagi daya ingat. Penelitian yang dilakukan di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat, ini membuktikan peserta yang sering berkhayal memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang jarang mengkhayal.

Namun, berkhayal bisa juga tidak baik jika...

Tak masalah memang berkhayal karena manfaatnya banyak. Namun, berkhayal bisa menjadi tidak baik jika terlalu sering dilakukan. Ada waktu di mana berkhayal bermanfaat, tapi juga dapat menyebabkan Anda hilang fokus dan melupakan informasi penting. Melamun juga akan jadi kebiasaan buruk jika mulai mengganggu kehidupan nyata, memengaruhi produktivitas, kehidupan sosial, atau kualitas tidur.

Jika Anda sedang bekerja atau mencoba menyelesaikan tugas penting, berkhayal dapat menganggu produktivitas Anda. Berkhayal bisa membuat kerja Anda jadi melambat.

Selain itu, berkhayal juga dapat membahayakan kesehatan jiwa jika Anda terus-menerus memiliki khayalan yang negatif. Sementara kebanyakan orang berkhayal tentang hal-hal yang diinginkan, Anda mungkin juga membayangkan hal-hal yang membahayakan dan merugikan diri sendiri atau orang lain.


Baca Juga

Kritik Pidato Prabowo, Ferdinan: Hasto Habis Minum Racun Kalajengking?

news

KSP: Tumbuhnya Hoaks karena Literasi Digital Masyarakat Minim

news

Entranze EV Concept, Salah Satu Bintang Unik di NAIAS 2019

otomotif

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Membuat Sate Lilit Tuna, Hidangan Makan Siang Lezat dan Menyehatkan

Akurat.co

228 Orang Calon Jamaah Haji Siak Diberangkatkan Dua Gelombang

GoRiau

5 Benda yang Dianggap Memiliki Kutukan

Terselubung

6

Benar-Benar Ada! 7 Hewan Paling Aneh Di Dunia Yang Sangat Sulit Ditemukan Dan Hanya Ada Satu-Satunya!

Vebma

5 Air Minum Dalam Kemasan Paling Mahal di Dunia, Ada yang Harganya Setara Sebuah mobil

Tribunnews

2

Tulis komentar...