Home

6 Bisnis yang Enggak Perlu Uang untuk Modal

Wartaekonomi | 3 months ago

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jika Anda sama seperti jutaan orang di Amerika, Anda tentu bermimpi memulai bisnis sendiri. Tetapi, tentu saja akan ada kendala yang akan Anda hadapi dan membuat mimpi itu batal, utamanya kendala dari segi keuangan.

Banyak orang yang memiliki mimpi menjadi pebisnis, namun mengagalkannya sebab perihal keuangan. Mereka berpikir bahwa mendirikan bisnis itu memerlukan uang. Kata siapa? Buktinya, merujuk data dari Entrepreneur.com (1/2/2019), ada ide bisnis yang tidak memerlukan uang. Berikut ulasannya:

Penyedia konten

Bisnis pertama yang dapat Anda coba, yani menjadi penyedai konten di beberapa situ. Misalnya, situs-situs seperti Fiverr yang menawarkan peluang besar bagi penulis, editor, fotografer, artis, dan pembuat video untuk mendapatkan bisnis yang membutuhkan beragam kebutuhan konten.

Jika Anda ingin mengikuti jejak copywriter Alexandra Fasulo, Anda dapat memulainya dengan menyediakan konten di beberapa proyek-proyek kecil. Bisnisnya itu pun sekarang melejit dan telah merambah ke proyek yang lebih besar dan berhasil menghasilkan enam digit selama setahun.

Seni dan kerajinan

Selanjutnya, ada kreasi pribadi, seperti seni dan kerajinan. Misalnya, jika Anda seorang pelukis, Anda dapat menjual karya seni Anda dengan investasi tidak lebih dari perlengkapan seni dan waktu Anda sendiri. Platform seperti Etsy, eBay dan Amazon memberikan layanan untuk Anda menghasilkan keuntungan dari itu.

Layanan di rumah

Ketiga, bisnis yang tidak membebani Anda dengan uang, yakni dalam bentuk jasa. Misalnya, jika Anda ingi bekerja di rumah atau lingkungan orang itu sendiri, Anda dapat menawarkan layanan pengasuhan anak, atau penitipan hewan peliharaan. Selain itu, jika Anda juga memiliki bakat memijat, Anda dapat membuka panti pijat atau pindah dari rumah ke rumah yang membutuhkan jasa Anda.

Layanan perbaikan atau berbasis keterampilan

Jika Anda memiliki keterampilan tertentu, Anda dapat menggunakan tenaga kerja terampil Anda sebagai pendorong pendapatan utama untuk bisnis Anda. Misalnya, jika Anda seorang tukang, Anda bisa melayani pemilik rumah yang tidak tahu banyak tentang perbaikan rumah.

Sama seperti layanan di rumah, usaha seperti ini tidak mengharuskan Anda memiliki pendirian fisik dan tidak mengharuskan Anda berinvestasi dalam bentuk apa pun di muka, kecuali alat atau peralatan yang akan Anda butuhkan untuk pekerjaan itu, yang akan bervariasi dalam biaya.

Dijual kembali

Selanjutnya, Anda dapat memperoleh produk dan menjualnya kepada orang lain. Anda dapat menggunakan dropshipping atau grosir untuk mendapatkan barang-barang ini. Dengan dropshipping, Anda akan mengirim langsung dari pabrikan (dan menghasilkan laba lebih rendah), tetapi Anda hampir tidak memerlukan uang tunai untuk memulai. Dengan grosir, Anda akan membutuhkan lebih banyak uang dan ruang di muka, tetapi Anda akan berakhir dengan lebih banyak kontrol dan lebih banyak uang.

Konsultasi

Dan yang terakhir, banyak pekerja berpikir tentang menjadi pengusaha hanya setelah mendapatkan pengalaman profesional selama beberapa tahun. Pikirkan tentang industri tempat Anda berada, dan seberapa banyak Anda dapat belajar pada waktu itu.

Profesional yang akan datang, atau pemilik bisnis pemula kemungkinan akan dengan senang hati membayar Anda untuk keahlian Anda. Konsultasi adalah layanan yang hanya membutuhkan waktu Anda, bukan uang Anda.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

10 Potret Elly Sugigi di Film Nagabonar Reborn

Akurat.co

Gini Nih 14 Penyajian Teh Unik Dari Berbagai Negara. Bahkan Ada yang Dicampur Bumbu Makanan Lho!

Keepo.me

Penyakit Seksual Klamidia Bisa Dicegah Penyebarannya

Akurat.co

Wow! Bayi Kembar Ini “Berkelahi” dalam Rahim

Terselubung

3

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Rematik ?

Suara

Tulis komentar...