Home

Begadang Jangan Begadang! Biar Otak Tak Lemot

Akurat.co | 3 months ago

AKURAT.CO 

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya

Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Kalau terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang”

baca juga:

Penggalan lagu dari raja dangdut, Rhoma Irama, ini tetap tak akan lekang masa, karena begadang membawa segudang efek buruk pada kesehatanmu. Selain pucat karena darah berkurang, begadang juga memiliki konektivitas yang negatif terhadap kemampuan otak.

Peneliti dari Monash Institute, Australia, menemukan bahwa begadang membuat konektivitas otak akan menjadi lebih lambat. Orang yang tidur pada saat subuh dan bangun setelah matahari terbit, reaksi otaknya cenderung lebih lambat daripada mereka yang tidur pada waktu yang sesuai.

Hal ini terjadi karena semua bagian otak membutuhkan waktu untuk sinkronisasi. Ini tentu akan membawamu pada fokus yang buruk dan reaksi yang lebih lambat bahkan delay.

Tentu, menahan rasa kantuk pada jam kerja sudah menjadi gejala atau tanda yang sudah sangat sering kamu temui atau alami sendiri.

Para peneliti mengikutsertakan 38 orang partisan untuk menganalisis pola tidur mereka. Mereka memakai pelacak aktivitas dan mengikuti tes pengukuran kadar hormon. Bahkan, peneliti melakukan pemindaian terhadap otak mereka saat sedang beristirahat.

Mereka juga mengukur tingkat fokus, perhatian serta kecepatan reaksi pada momen yang berbeda dalam satu hari penuh. Dan yang pasti adalah pertanyaan yang bisa jadi sudah terlintas di pikiranmu, ‘Sengantuk apa kamu hari ini?’

Dan hasilnya adalah, orang yang suka begadang memperoleh skor yang baik pada saat tes dilakukan malam hari. Ini artinya, jam kerja yang biasanya dimulai dari jam 09:00 tidak tepat untuk orang ini.

Karena diatas jam itu, konsentrasi mereka akan melemah dan menunjukkan reaksi yang lamban yang tentu berpengaruh pada kinerja yang akan memburuk. Sedangkan mereka yang tidak begadang mendapat penilaian sebaliknya.

“Jika mengikuti waktu kerja normal, maka orang yang sering begadang akan mengalami keadaan seperti jet lag,” demikian yang disimpulkan 

Elise Facer-Childs, kepala penelitian, sebagaimana diberitakan Live Science yang dikutip AkuratHealth.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Masih Tetep Ngotot Makan Sambil Main Smartphone? Kejadian Kocak Ini Bakal Langsung Menamparmu Seketika

Keepo.me

3

Avengers: Endgame Raup $1,2 Miliar di Minggu Pertama Tayang

Tirto.id

9 Kebiasaan Yang Sering Anda Lakukan Namun Ternyata Salah, Seperti Ini Yang Benar

Yangseru

27

Artis-Artis Ini Dihujat Karena Pakai Produk KW, Tapi Kalau Pakai Branded Terus Pun Nggak Bijak Lho

Hipwee

16

Kenapa Sih Banyak Cewek Tergila-gila Drama Korea? Ini Jawabannya!

Idntimes

4

Tulis komentar...