Home

Avengers: Endgame Raup $1,2 Miliar di Minggu Pertama Tayang

Tirto.id | 2 months ago

Avengers: Endgame raup 1,2 miliar dolar AS secara global dalam penanyangan di minggu pertama.

tirto.id - Film Avengers: Endgame mencatat rekor pendapatan sebesar 350 juta untuk domestik atau sebesar 1,2 miliar dolar AS untuk pendapatan global. Rekor tersebut memuncaki sebauh era berjayanya film superhero adaptasi komik.

Pada awal rilisnya, Disney dan Marvel memperkirakan bakal meraup 260 hingga 300 juta dolar AS untuk AS dan Kanada.

Namun, antusiasme penonton yang tinggi membuatnya melebihi ekspektasi studio dan akhirnya Avengers: Endgame mengalahkan rekor sebelumnya, Avengers: Infinity War yang memperoleh 257,7 juta dolar AS di sektor domestik.

Avengers: Endgame juga melampaui pendapatan Star Wars: The Force Awakens (248 juta dolar AS). Secara global, Associated Press mencatat bahwa Endgame mengalahkan rekor yang dipegang Infinity War, yaitu 640,5 juta dolar AS.

Infinity War tidak ditayangakan di Cina, pasar bioskop terbesar kedua di dunia, hingga 2 minggu setelah rilis di AS, dan di Cina sendiri, Endgame meraup keuntungan 330,5 juta dolar AS.

Dalam pekan pertama ini Endgame telah melampaui Skyfall, Aquaman, dan The Dark Knight Rises sekaligus. Alan Horn, pemimpin Disney memuji Marvel Studios dan presidennya, Kevin Feige karena berani menantang “kemungkinan yang dapat terjadi lewat bioskop”.

“Kesuksesan minggu monumental ini adalah berkat visi, bakat yang terlibat, dan semangat kolektif, berpadu dengan antusiasme penggemar yang telah menunggu di seluruh dunia,” kata Horn.


Untuk mengakomodasi permintaan penggemar, Walt Disney Co merilis Avengers: Endgame di lebih dari 4,6 ribu (tepatnya 4,662) di AS dan Kanada, belum pernah terjadi sebelumnya.

Penjualan tiket pre-sale juga mencatat rekor baru, pembeli membludak di situs pembelian tiket online AMC dan sejak Selasa (23/4/2019) beberapa bioskop buka hingga 72 jam nonstop.

“Staf kami kelelahan,” kata John Fithian, presiden dan kepala eksekutif National Association of Theater Owners.

”Saya berbincnag dengan seorang eksibitor dari Kansas yang berkata, ‘Saya tidak pernah kehabisan tiket di Sabtu pagi jam 7 sebelumnya,’ dan [Avengers: Endgame] melakukannya di seluruh wilayah.”

Avengers: Endgame Hadir dengan Durasi 3 Jam

Dengan durasi 3 jam, film ini sebenarnya tidak efektif. Namun, bioskop terus menambah jam tayang dan mengabaikan film lainnya untuk minggu-minggu ini. Avengers: Endgame telah mengambil hati penggemar dengan mengisahkan kisah yang terkoneksi dengan penonton.

Avengers: Endgame adalah pelengkap selama satu dekade kisa-kisah Marvel yang berbuah. Di setiap film, penggemar di seluruh dunia menjadi lebih terkoneksi dengan karakter kesayangan mereka, dan ada suatu dorongan untuk melihat hingga akhir,” kata Megan Colligan, presiden Imax Entertainment dan EVP Imax Corporation, dikutip oleh Deadline.

“Pada setiap titiknya, mulai dari trailer hingga penjualan tiket, ini benar-benar film yang tak boleh terlewatkan. Jadi, pertanyaannya bukan akankah kamu menontonnya, tapi berapa kali kamu akan menontonnya,” tambahnya.

Pendapatan 1,2 miliar dolar AS paling banyak diraup dari negara-negara kelas menengah seperti Amerika Latin, Cina, Asia dan Eropa Timur. Belum lagi dari bioskop-bioskop premium seperti PLF, 3D, dan IMAX yang menambah pundi pendapatan kotor.

“Orang-orang di seluruh dunia keluar dari rumah mereka dan melakukan hal yang sama, menonton film di bioskop. Lebih dari 30 juta orang di AS, 100 juta orang di seluruh dunia. Ini adalah awal mula hasil taruhan dari 10 tahun karya film yang tayang di bioskop,” ucap Patrick Corcoan, Wakil Presiden sekaligus Kepala Komunikasi NATO.


Baca juga artikel terkait

AVENGERS ENDGAME

atau tulisan menarik lainnya

Anggit Setiani Dayana


Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Ini Jawabnya, Kenapa Cangkang Kapsul Dibuat Beda Warna?

Arah

15

Menakjubkan! Alquran dan Sains Jelaskan Struktur Alam Semesta

Okezone

Kisah Ida Pfeiffer, Wanita yang Dikelilingi Sekawanan Pria Kanibal Bertombak dengan Tampang Beringas di Tanah Batak

Intisari-online

1

6 Hal Ini Hanya Ada di Jepang Lho

Vebma

Enam Honorer Dipecat Karena Berpose Dua Jari, Kubu Prabowo: Ini Tak Adil

Wartaekonomi

1

Tulis komentar...