Home

7 Gudeg Legendaris Yogyakarta, Bisa Jadi Referensi Kulineranmu

Akurat.co | 1 month ago

AKURAT.CO, Gudeg merupakan makanan tradisional dari Yogyakarta yang telah dikenal selama puluhan tahun. Belum lengkap rasanya apabila berkunjung ke Yogyakarta jika belum menikmati lezatnya gudeg.

Varian gudeg sendiri ada dua jenis, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Makanan yang berbahan dasar nangka ini biasanya di sajikan dengan sambal krecek, tahu, tempe, opor ayam, dan ayam bacem.

Berikut 5 gudeg legendaris di Yogyakarta versi AKURAT.CO yang bisa dijadikan tempat kulineran.

baca juga:

1. Gudeg Yu Djum

Instagram/@gudegyudjum

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu gudeg yang paling terkenal di Yogyakarta. Dirintis sejak tahun 1950 di Jalan Wijilan, kini telah ada beberapa cabang Gudeg Yu Djum yang tersebar di daerah Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum menyajikan jenis gudeg kering, dengan perpaduan rasa manis dan gurih, serta sambal kreceknya yang pedas. Gudeg ini buka mulai pukul 06.00 hingga 22.00, tapi saking larisnya, terkadang bisa tutup lebih awal.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Instagram/@kulineryogya

Jika biasanya identik dengan rasa manis, Gudeg Mercon Bu Tinah justru akan membakar lidah karena rasa pedasnya. Bahkan, bisa membuat bercucuran air mata hingga keringetan.

Disajikan dengan konsep lesehan, terdapat beberapa menu seperti ayam kampung, ceker goreng tepung, sate ayam, dan suwiran daging ayam.

Gudeg Mercon Bu Tinah Mulai buka pukul 21.00 hingga 01.00 pagi. Gudeg ini selalu ramai pengunjung, bahkan antrian mulai mengular sejak pukul 20.00.

3. Gudeg Sagan

Instagram/@synthiatjipto

Gudeg yang terletak di Jalan Prof. Ir. Herman Yohanes dekat dengan kawasan UGM ini berdiri sejak tahun 2003. Gudeg ini dikenal dengan konsep gudeg anak muda karena di tempat makan diiringi live music dan outdoor area.

Gudeg yang buka pada pukul 11.00 hingga 24.00 ini menyajikan gudeg basah dengan menu andalan ayam kampung serta kuah santan yang kental. Selain itu, Gudeg Sagan juga menyediakan bubur sebagai pengganti nasi.

4. Gudeg Pawon

Instagram/@jogjabikinlaper

Gudeg yang terletak di Jalan Janturan No 38, Warungboto, Yogyakarta ini punya konsep yang berbeda, karena langsung disajikan dari dapur. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu pawon yang berarti dapur.

Gudeg Pawon menyajikan gudeg basah lengkap dengan sambal krecek yang pedas dan ayam kampung. Sensasi gudeg yang manis dengan areh gurih, serta ayamnya yang empuk menjadikan perpaduan rasa gudeg ini semakin nikmat.

Gudeg ini buka pada malam hari mulai pukul 21.30 hingga 00.00 malam, cocok jadi tempat wisata kuliner malam.

5. Gudeg Mbah Lindu

Instagram/@indahndaa

Gudeg yang terletak di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Kota Yogyakarta ini terkenal karena sosok penjualnya, Mbah Lindu, yang telah berjualan selama puluhan tahun bahkan sejak zaman penjajahan.

Gudeg ini terkenal dengan sajian daging ayam bumbunya sampai ke tulang terasa dan sambal kreceknya. Gudeg ini buka setiap pukul 05.00 hingga pukul 10.30 pagi, cocok untuk sarapan sebelum memulai petualangan di Yogyakarta.

Nah itu dia 5 gudeg yang wajib kamu cobain jika berkunjung ke Yogyakarta. []

Penulis: Egi Andrea Pratama (mahasiswa magang Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Keren! Jam Tangan Ada Bekal Makan di Dalamnya Super Praktis

Jadiberita

8

Asik, Sekarang Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis di Kampung Inggris

HaiOnline

WNI dari 28 Negara Ketemu di Belanda: Eropa Tetap Jokowi

jpnn.com

Tak Banyak yang Tahu, Syahrini Ternyata Punya Keponakan Ganteng Penghafal Al-Qur’an

Serumpi

Melihat Siksa Neraka di Taman Wang Saen Suk

Merahputih

Tulis komentar...