Home

Berapa Kali Kentut yang Dianggap Sehat dalam Sehari? Coba Hitung Deh!

Idntimes | 3 months ago

Kentut adalah kejadian normal yang dialami manusia. Meski begitu, kamu pun perlu memerhatikan etika dan sopan santun saat melakukannya. Itu karena kentut kadang berbau dan mengganggu orang yang menciumnya.

Di sisi lain, ternyata kentut juga bisa jadi indikator bahwa tubuhmu dalam keadaan baik-baik saja. Lantas, berapa kali kentut yang dianggap sehat dalam sehari? Karena itu, yuk kenali fakta seputar kentut berikut ini.

1. Kentut berasal dari udara yang tertelan dan bakteri yang mengeluarkan gas

Secara sadar atau gak, kamu akan menelan udara saat minum, makan dan mengunyah permen karet. Selain itu, ternyata, bakteri di usus juga mengeluarkan gas saat mencerna makanan. 

2. Normalnya, manusia menyimpan 0,5-1,5 liter gas dalam saluran pencernaan

Dilansir dari Hello Sehat, dr. Kyle Staller, seorang ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts menyampaikan bahwa rata-rata manusia menyimpan 0,5-1,5 liter gas pada saluran pencernaannya setiap hari. 

3. Gas dikeluarkan gak sekaligus, melainkan berangsur-angsur melalui kentut sebanyak 14-23 kali

Dilansir dari Cleveland Clinic, normalnya manusia kentut sebanyak 14-23 kali. Coba hitung, kira-kira kamu kentut sehari berapa kali? 

4. Sebenarnya, kentut susah dihitung mengingat saat tidur pun manusia akan kentut

Jumlah kentut tersebut memang terbilang sering. Kamu mungkin gak akan menyadari jumlahnya bisa sebanyak itu karena kamu pun kentut saat kamu tidur. Itu adalah refleks yang biasa dilakukan oleh tubuhmu. Jadi, gak hanya saat kamu beraktivitas loh! 

5. Biasanya, jumlah kentut yang normal tersebut gak berbau

Kentut yang bau biasanya karena mengandung sulfur. Sulfur itu berasal dari bakteri usus besar.  

6. Sementara itu, kentut yang berlebihan biasanya berasal dari makan yang gak terserap dengan sempurna

Biasanya, usus halus akan mencerna dan menyerap makanan yang masuk ke tubuh. Namun, adakalanya makanan tersebut gak terserap dengan sempurna.

Sisa-sia nutrisi tersebut akan masuk ke usus besar dan dimanfaatkan oleh bakteri untuk menghasilkan gas lebih banyak. Itu sebabnya, kamu bisa sering kentut dalam sehari. Selain itu, kentutmu pun bisa jadi berbau. 

7. Penyebab kentut berlebihan adalah konsumsi makan yang mengandung banyak gas

Adapun, makanan-makanan tersebut, antara lain sawi, lobak, nangka, ubi jalar dan nanas. Selain itu, juga bisa berasal dari minuman bersoda. 

8. Kentut yang berlebihan juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit yang  bisa menimbulkan kentut berlebihan, seperti gastroenteritis, sembelit dan intoleransi makanan.

Adapun, untuk membuat jumlah kentutmu normal dan gak berlebihan, ada baiknya kamu menjaga asupan makananmu dan banyak makan makanan berserat. Selain itu, perbanyak minum air putih. Sementara, hindari makanan yang mengandung banyak gas. Kalau kamu gak bisa menangani produksi kentutmu yang berlebihan, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Latest Comments

  • Jakarta_No.2236113

  • 3 months ago

4

7

[face=Oke!]

Tulis komentar...
  • 1