Home

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Maafkan Orang yang Buatmu Patah Hati

Idntimes | 2 months ago

Di saat putus cinta, selain rasa sedih yang kamu rasakan, kamu juga pasti merasakan marah karena mantanmu telah membuatmu patah hati. Alhasil, kamu pun membenci mantanmu dan mencoba untuk balas dendam dengan mendapatkan yang lebih baik darinya.

Meskipun hal itu membuatmu jadi termotivasi mendapatkan yang lebih baik darinya. Namun, kamu juga harus ketahui bahwa daripada marah dan dendam pada mantan yang telah membuatmu patah hati, akan lebih baik jika kamu memaafkannya.

5 hal ini bisa jadi alasan kenapa kamu harus memaafkan mantan yang telah membuatmu patah hati.

1. Waktumu terlalu berharga untuk memikirkan cara balas dendam

Pasti ada di antara kamu yang berpikir untuk balas dendam pada mantan yang telah menyakitimu. Kamu pun akan memikirkan dan melakukan berbagai cara supaya mantanmu juga bisa merasakan sakit hati seperti yang kamu rasakan.

Namun ingatlah, waktumu terlalu berharga untuk balas dendam pada mantan. Kamu lebih baik menjalani hidupmu dengan melakukan hal-hal yang positif dan memperluas relasi pertemananmu. jangan terus terpaku untuk balas dendam, agar hatimu makin tenang dan bahagia.

2. Jangan cuman mengingat keburukannya, ingat kembali kebaikannya padamu

Jangan cuman terpaku dengan mengingat bahwa mantanmu telah membuatmu patah hati. Tapi ingat kembali bahwa mantanmu juga pernah membuatmu bahagia. Mantanmu pernah membuat hari-harimu semakin berwarna juga.

Tapi pastikan, dengan mengingat kembali jangan sampai kamu menyesali telah putus. Semua itu hanyalah masa lalu, kamu harus move on karena kamu masih punya masa depan yang cerah. Mengingat kembali kebaikan mantanmu itu agar kamu tidak membenci mantanmu dan mengikhlaskan atas apa yang telah terjadi.

3. Renungkan kembali apa kamu juga pernah membuat orang lain patah hati?

Coba renungkan apa kamu juga pernah membuat orang lain merasa patah hati? Kalaupun iya pernah, kamu jadi lebih mengerti bahwa orang yang dulu kamu sakiti itu merasakan sakit yang sama seperti yang kamu rasakan sekarang. Hal itu pun menjadi pelajaran agar kamu tidak lagi membuat orang lain patah hati.

Kalaupun kamu merasa belum pernah membuat orang lain patah hati, kamu juga tetap bisa ambil hikmah atas patah hati yang kamu rasakan ini sebagai langkah untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan dewasa. Kamu bisa mencari orang lain yang lebih baik dari mantanmu dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

4. Selalu ingat bahwa semua ini rencana Tuhan

Tuhan selalu punya rencana yang terbaik untuk hambanya. Jangan sampai karena kamu merasa patah hati, kamu menganggap bahwa Tuhan-mu tidak sayang padamu. Tapi ingatlah, Tuhan tidak selalu memberi apa yang kita inginkan, tapi Tuhan memberi apa yang benar-benar kita butuhkan.

Atas patah hati yang kamu rasakan, Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik untukmu ke depannya. Mungkin dengan cara patah hatilah, Tuhan-mu memisahkanmu dengan mantan yang tidak baik untukmu.

5. Berkat ia, kamu menjadi pribadi yang lebih tegar

Seiring berjalannya waktu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih tegar dan kuat setelah merasakan patah hati. Dengan memaafkan mantanmu bukan berarti kamu lemah tapi menunjukkan bahwa kamu bisa menerima semua kenyataan dan menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Itulah 5 hal yang bisa menjadi alasan agar kamu bisa memaafkan orang yang telah membuatmu patah hati. Semua itu demi kebaikan dirimu juga.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Tulis komentar...