Home

Pimpinan DPC Purworejo yang Dukung Ganjar Capres 2024 Terancam Sanksi Disiplin

Merdeka | 1 month ago

Merdeka.com - PDI Perjuangan memanggil Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo, Jumat (15/10) siang ini. Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun mengatakan pemanggilan itu untuk meminta mengklarifikasi deklarasi kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo.

Menurut Komarudin, DPP bisa memberikan hukuman disiplin kepada Albertus. Sebab amanat Kongres V PDIP memberikan kewenangan kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menentukan pasangan calon presiden. Sehingga kader diminta tidak terlibat deklarasi kelompok relawan pendukung capres-cawapres.

"Tentu jika tak melaksanakan aturan, akan didisiplinkan,” kata Komaruddin dalam keterangannya, Jumat (15/10).

"Berdemokrasi itu dengan ketaatan terhadap konstitusi, pranata demokrasi dan kultur demokrasi yang dibangun. Partai sungguh-sungguh menyiapkan calon pemimpin dan segala sesuatunya dilakukan dengan kalkulasi yang matang. Bagi anggota Partai yang tidak sabar dan bertindak diluar koridor mekanisme yang ada, tentu saja disiplin akan ditegakkan," jelasnya.

Ia mengingatkan, kader partai harus mengikuti instruksi partai tidak terlibat deklarasi. Ketentuan tersebut berlaku kepada seluruh kader. Yang tidak patuh maka DPP bisa memanggil untuk menegakkan disiplin.

"DPP Partai dalam rangka menegakkan disiplin Partai akan memanggil anggota dan kader Partai yang melakukan deklarasi capres dan cawapres sebelum pengumuman resmi Partai," ujar Komaruddin.

Ditegaskan juga oleh Komaruddin, bahwa Disiplin juga diterapkan bagi yang melakukan tindak pidana korupsi, penyalahgunaan kewenangan dan berbagai pelanggaran terhadap AD/ART Partai. Dalam pemanggilan hari ini, sejumlah anggota DPR turut dipanggil karena kurang aktif rapat.

"Jadi kita biasa melakukan pemanggilan di berbagai kasus dalam rangka penegakkan disiplin partai. Bahkan yang tak taat protokol covid saja diklarifikasi kok. Pengurus partai yang tak hadir rapat beberapa kalipun diklarifikasi. Beberapa anggota DPR RI yang kurang aktif rapat karena alasan pandemi juga diklarifikasi," ujarnya. [ray]

Lihat Sumber

  • 2

  • 0

Rekomendasi Artikel

Polisi Belanda Tangkap Pasangan yang Kabur dari Hotel Saat Karantina

Merdeka

POM TNI AD dan AL Selidiki Video Anggota Raider dan Marinir Ribut di Barelang

Merdeka

Hendak Tawuran, 7 Dari Belasan Pelajar di Bogor Diamankan

Bogortoday.com

Jadwal BRI Liga 1, Senin 29 November: Ada Persija Vs Borneo FC, Live di Indosiar dan Vidio

Merdeka

Pengacara Sebut Habib Rizieq Ajak Umat Islam Banjiri Reuni Akbar 212

IndozoneID

Tulis komentar...