Home

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Kulit Cerah dan Sehat

POPMAMA.COM | 1 month ago

Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit yang sehat, cerah dan glowing ya. Hal apa saja sih yang selama ini sudah kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua?

Faktanya, ada banyak makanan yang bisa kamu konsumsi guna menyehatkan kulit lho. Ini karena kandungan nutrisi seperti omega 3, vitamin A, vitamin C, dan vitamin D, bisa membantu tubuh mencegah peradangan, mengurangi jerawat, serta membuat kulit terlihat cerah dan sehat.

Tapi sebaliknya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari ya, agar kulit tetap cerah dan sehat. Biasanya makanan ini harus dihindari atau dikurangi jumlah konsumsinya, karena bisa memicu timbulnya jerawat, mengurangi kelembapan kulit, meningkatkan produksi sebum, serta memengaruhi pembentukan kolagen.

Nah kira-kira apa saja ya jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar kulit cerah dan sehat? Yuk simak informasi yang berhasil Popmama.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

1. Makanan tinggi karbohidrat olahan

Freepik/lemonsoup14

Dilansir dari Healthline, orang dengan masalah kulit seperti jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi karbohidrat olahan. Seperti roti, biskuit, sereal, pasta, mie beras dan nasi putih. Selain itu, faktor lain yang bisa menyebabkan masalah kulit adalah makanan tinggi gula diantaranya, soda, pemanis buatan, dan sirup.

Menurut sebuah penelitian, orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30% lebih besar terkena jerawat, sedangkan mereka yang secara teratur makan karbohidrat olahan memiliki risiko 20% lebih besar mengalami hal yang sama.

Hal ini terjadi karena, karbohidrat olahan dan gula tambahan bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin dalam tubuh. Insulin yang tinggi membuat produksi hormon seks androgen meningkat dan lebih aktif. Akibatnya sel-sel kulit tumbuh lebih cepat, produksi sebum meningkat, dan kulit jadi berjerawat.

2. Makanan tinggi kandungan garam

Freepik/topntp26

Garam dalam bentuk natrium memang bisa menambah rasa pada makanan yang kita makan. Tapi, kamu perlu tahu nih kalau terlalu banyak mengonsumsi garam juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Mengapa demikian?

Dilansir dari Cleveland Clinic, masalah kesehatan kulit dapat muncul akibat kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi kandungan garam, dimana ini bisa terjadi dalam beberapa cara.

Pertama, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam akan membuat tubuh mengalami dehidrasi, yang bisa menyerap kelembapan kulit. Kedua, terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh akan menahan air yang ada di dalam tubuh kita, sehingga tanda-tanda masalah kesehatan kulit akan muncul, salah satunya kantung hitam di bawah mata.

3. Makanan berupa produk olahan susu

Freepik/Wertinio

Ada lagi nih makanan yang sebaiknya kamu hindari agar kulit cerah dan sehat, yaitu makanan yang terbuat dari olahan susu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, susu dan produk olahan susu dapat menyebabkan masalah kesehatan kulit, serta menimbulkan jerawat bagi sebagian orang. Ini karena, susu dan makanan olahan susu mengandung hormon yang bisa mengganggu kesehatan kulit kamu.

Susu mengandung asam amino leucine, yang bisa meningkatkan produksi minyak di dalam sel-sel kulit. Dimana ini bisa memengaruhi kesehatan kulit dan memperparah kondisi jerawat yang mungkin kamu miliki, seperti dilansir dari Medical News Today.

4. Makanan indeks glikemik tinggi

Ilustrasi

Freepik/Jcomp

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, konsumsi makanan dengan indeks glikemik (GI) tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit. Ini karena, makanan dengan indeks glikemik tinggi akan meningkatakan kadar insulin dalam darah yang lebih cepat daripada makanan dengan indeks glikemik rendah.

Sama seperti makan karbohidrat olahan dan gula, makanan indeks glikemik tinggi juga akan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Akibatnya, produksi hormon androgen dalam tubuh meningkat, yang membuat kulit jadi kelebihan sebum atau minyak.

Seperti yang kita tahu, kelebihan sebum membuat kulit mudah berkomedo dan berjerawat.

5. Makanan tinggi lemak jenuh

Freepik/valeria_aksakova

Makanan tinggi lemak jenuh dikaitkan dengan faktor pertumbuhan insulin yang tinggi. Dimana hal ini bisa merangsang produksi hormon seks yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan masalah kesehatan kulit lainnya, seperti dilansir dari Cleveland Clinic.

Di sisi lain, mengonsumsi sumber makanan nabati yang kaya akan antioksidan, serat, dan lemak sehat, membantu tubuh mengurangi peningkatan kadar insulin dalam tubuh.

Makanan tinggi lemak jenuh yang sebaiknya kamu hindari diantaranya daging merah, mentega, keju, serta beberapa jenis minyak seperti minyak kelapa dan minyak sawit. Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh tidak lebih dari 120 kalori atau 13 gram per harinya ya.

Nah, itulah tadi 5 jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari agar kulit cerah dan sehat.

Jika kamu ingin mencari tahu diet terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu bisa juga berkonsultasi langsung ke dokter ya. Dokter akan memberikan saran terkait hal ini, sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Semoga bermanfaat ya!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Tulis komentar...