Home

5 Pahlawan Indonesia yang Selalu Ada Di Dekatmu

Shopback | 2 years ago

Pahlawan yang dekat tanpa kita sadari

Selamat hari pahlawan!

Hari pahlawan memang selalu diperingati setiap tanggal 10 November ini mengingatkan kembali pada jasa para pahlawan yang berjasa untuk Indonesia. Kamu sadar nggak sih kalau ada beberapa pahlawan yang selalu ada di dekatmu. Bahkan setiap hari kamu ditemani sama pahlawan-pahlawan ini.

Pahlawan-pahlawan yang berjasa untuk Indonesia ini diabadikan di lembaran uang kertas yang selalu kamu bawa setiap hari. Tapi mungkin kamu nggak sadar seberapa penting pahlawan-pahlawan ini untuk Indonesia. Nah, makanya yuk sekarang kenalan sama pahlawan-pahlawan yang ada di uang kertas.

Soekarno-Hatta

soekarno hatta

Image : http://uangkuno-rupiah.blogspot.co.id/

Pasti tau banget ada gambar siapa di balik uang Rp 100 ribu? Jawabannya adalah Soekarno - Hatta, pasangan presiden dan wakil presiden pertama Indonesia ini lah yang menghiasi uang Rp 100 ribu.

Kamu tahu nggak sih kenapa Soekarno dan Hatta ini banyak berjasa untuk Indonesia? Selain karena menjadi presiden pertama, Soekarno dan Hatta banyak jasanya untuk pembangunan awal bangsa Indonesia. Lewat kedekatan politik dan strateginya kita bisa bebas dari penjajahan.

I Gusti Ngurah Rai

gusti ngurah rai

Image: https://kuninghijau.wordpress.com

Mungkin kamu nggak memperhatikan gambar dari uang Rp 50 ribu, padahal pahlawan ini juga punya berjasa untuk Indonesia. I Gusti Ngurah Rai yang namanya juga diabadikan sebagai nama bandara ini adalah pahlawan nasional yang perannya penting loh. I Gusti Ngurah Rai ini gigih memperjuangkan Bali untuk bisa jadi bagian dari Indonesia. Ia juga dikenal dengan gagasan perangnya yaitu Puputan Margarana.

Otto Iskandar Dinata

otto

Image: http://ramonchandra.blogspot.co.id/

Pahlawan asal Bandung ini juga berjasa banget untuk Indonesia. Otto Iskandar Dinata yang diabadian di uang kertas Rp 20 ribuan ini pernah menjabat sebagai Menteri Negara pada kabinet pertama. Ia mempunyai tugas untuk membentuk satuan keamanan BKR yang menjadi cikal bakal TNI.

Sultan Mahmud Badaruddin II

sultan

Image: http://1uang-kuno-indonesia.blogspot.co.id/

Di balik uang Rp 10 ribuan ada pahlawan yang jasanya sangat berguna untuk Indonesia. Sultan Mahmud Badaruddin II adalah sultan yang berasal dari kerjaan di Palembang. Beberapa kali ia memipin perang untuk melawan Inggris dan Belanda.

Tuanku Imam Bonjol

imam bonjol

Image: AyoBuka.com

Dulu jaman masih di sekolah pasti ingat dong ada pelajaran sejarah yang membahas soal Imam Bonjol. Nama Imam Bonjol ini juga diabadikan di uang kertas Rp 5 ribuan. Perang Padri menjadi perang yang cukup dikenal dengan aksi heroik dan dikenang sebagai salah satu perang besar untuk sejarah Indonesia.

Untuk kamu yang gemar belanja online, khusus hari ini, dapatkan kode kupon, diskon, cashback, dan promo Groupon setiap belanja di Groupon melalui ShopBack. Ikuti juga promo Online Revolution yang hadir bulan ini.

Featured image: Flickr.com / Seiko

Rekomendasi Artikel Lainnya:

Lihat Sumber

  • 1

  • 1


Rekomendasi Artikel

4 Orang Ini Jadi Kaya Raya di Usia Senja

Wartaekonomi

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburu

Idntimes

1

Pacar Lakukan 5 Hal Ini di Sosmed? Waspada, Mungkin Dia Sudah Mendua!

Idntimes

Misteri Pantangan Ucap Kata Lada di Goa Belanda Dago Pakar

Okezone

Menguak Misteri Kuyang, Hantu Asli Kalimantan yang Incar Ibu Hamil

Okezone

2

Tulis komentar...