Home

Khasiat Tersembunyi Cabai untuk Kecantikan

Viva | 2 years ago

VIVA.co.id – Beberapa wanita menggunakan bahan alami dalam rutinitas kecantikannya. Mereka menyakini bahwa bahan tersebut lebih aman dibanding dengan produk kimia.

Dan beberapa bahan alami yang sering digunakan, di antaranya kunyit, mentimun dan lidah buaya. Salah satu bahan alami yang mudah diperoleh, namun belum banyak digunakan adalah cabai cayenne. Cabai ini adalah anggota keluarga sayuran capsicum, yang umum dikenal dengan nama cabai rawit.

Karena rasanya yang pedas, membuatnya tidak banyak digunakan dalam rutinitas kecantikan. Karena tidak semua orang memiliki kulit yang tahan dengan rasa pedas, untuk menghindari iritasi, sebaiknya lakukan tes sensitivitas kulit dengan mengoleskan cabai di lengan bagian dalam. Dan berikut ini beberapa khasiat cabai rawit untuk kecantikan, seperti dilansir dari Bustle.

Rambut lebih bercahaya

Untuk membuat rambut Anda lebih bercahaya, campurkan dua sendok makan cabai rawit yang telah dihaluskan dengan dua cangkir minyak zaitun ekstra virgin. Biarkan campuran ini selama dua minggu supaya memberi manfaat maksimal.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan ramuan ini selama 10 menit. Kemudian,  cuci rambut dengan sampo hingga bersih dan terapkan conditioner.

Bibir berisi

Untuk menciptakan tampilan bibir lebih berisi secara alami, Anda dapat menggunakan cabai ini yang telah diolah menjadi selai atau pasta. Caranya, campur satu sendok teh kayu manis, satu sendok teh cabe rawit yang telah dihaluskan dan potongan beeswax atau lilin lebah murni menjadi pasta.

Oleskan campuran ini secara langsung pada bibir Anda dan biarkan sekitar lima menit. Anda akan mengalami sensasi sedikit kesemutan, yang justru akan membuat bibir Anda menjadi lebih besar dan berisi.

Mengobati jerawat

Cabai ini juga bisa mengobati jerawat. Namun, agar tidak mengiritasi kulit Anda, campurkan setengah alpukat matang, setengah sendok teh cabe rawit yang sudah dihaluskan dan satu sendok teh bubuk cokelat mentah. Setelah itu, aplikasikan bahan ini pada daerah yang terinfeksi.

Mengurangi berat badan

Selain tiga khasiat di atas, dikutip dari laman 3fatchicks, cabai rawit juga bisa mengurangi berat badan dan membakar lemak. Bahan aktif dalam cabai, capsaicin dapat membakar lemak lebih cepat dan mengurangi nafsu makan secara alami. Namun, Anda harus teratur mengonsumsinya.

Melawan penuaan kulit
 
Kandungan capsaicin juga memiliki fungsi mencegah kanker dan menjaga kulit tetap muda. Adapun penuaan kulit, salah satunya dipicu oleh paparan sinar ultra violet.

Mengurangi peradangan

Jika Anda menderita peradangan atau psoriasis, penyakit yang ditandai dengan kulit merah dan bersisik, konsumsilah cabai rawit. Capsaicin yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi peradangan dan penyakit kulit lainnya. (ren)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Kenapa Penumpang Pesawat Harus Tetap Pakai Sepatu?

Wartaekonomi

Rumah Ini Memiliki Dapur yang Terletak di Malaysia dan Ruang Tamunya Berada di Indonesia

palingseru.com

5

Kenali 6 Gangguan Orgasme, Salah Satunya Disertai Bersin!

Okezone

5 Kebiasaan Cewek Cuek Bin Simpel Saat Travelling Patut Ditiru!

Idntimes

4 Zodiak yang Paling Antusias Soal Seks, Termasuk Anda?

liputan6

Tulis komentar...