Home

Kamu Sering Main Gadget Sambil Tiduran? Cepetan Hentikan! Penelitian Membuktikan Ternyata Bisa Picu Bahaya Ini Lho

Keepo.me | 2 years ago

Nggak mau kayak gitu kan?

Apa kamu termasuk salah seorang yang suka mainin gadget sambil tiduran? Gadget berupa smartphone yang jadi temen setiamu itu emang selalu kamu bawa kapan aja dan di mana aja. Nggak terkecuali waktu kamu ada di atas sofa ato kasur. Rasanya godaan buat rebahan sambil stalking sosmed ato streaming drama tuh susah banget buat nggak dilakuin.

via inquisitr.com

Tapi nih sob, terlepas dari nyamannya kamu ngelakuin hal ini, kamu harus tahu nih kalo ternyata aktivitas yang tanpa sadar sering kamu lakuin ini bisa berdampak buruk di kondisi kesehatan mata kamu lho! Yup. Kebiasaan ngelihat smartphone sambil tiduran ini jangan kamu cuekin gitu aja. Karena nih, dilansir dari Techly, terjadi kasus kebutaan sementara monokular (satu mata) gara-gara kerap ngelihat smartphone sambil tiduran.

via youtube,com

Dalam kasus yang dibahas dalam sebuah penelitian yang dipublikasiin di di New England Journal of Medicine, disebutin kalo ada 2 orang wanita berumur 22 dan 40 tahun yang ngeluh kalo salah satu mata mereka tiba-tiba nggak bisa ngelihat selama beberapa bulan. Dan waktu sekali gejala kebutaan ini muncul, hal ini bisa berlangsung sampe 15 menit sebelum penglihatan mereka balik lagi kayak semula.

via doctordaliah.wordpress.com

Pertama-tama sih dokter mengira kalo kebutaan sementara satu mata ini terjadi karena munculnya stroke ringan yang diakibatin sama penyumbatan pembuluh darah di otak. Tapi, sehabis dilakuin semua tes kesehatan, hasilnya nunjukin kalo 2 wanita tadi nggak mengalami masalah kesehatan. Sampe akhirnya semua terjawab sehabis dokter dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, ngajuin pertanyaan kapan tepatnya gejala kebutaan sementara itu terjadi. Dan nggak disangka keduanya sama-sama menjawab kalo kebutaan itu muncul waktu mereka pake smartphone sambil berbaring, di mana satu mata ngelihat smartphone, sedangkan mata lain tertutup sama bantal.

via lifeandsquat.de

Nah, aktivitas kayak gitu diketahui memaksa satu mata kamu buat beradaptasi sama layar terang dari smartphone, sementara mata yang lain tertutup ato ada dalam kegelapan. Berdasar hal ini, tim dokter pun ngasih kategori gejala tadi sebagai kebutaan sementara akibat smartphone. Kalo udah tahu kayak gini, masih bandel juga nggak mau berhenti main smartphone sambil tiduran?

Baca juga:

Lihat Sumber

  • 2

  • 0


Rekomendasi Artikel

Asyik Banget! 5 Keseruan Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Konser KPop

Idntimes

2

Viral Kotoran Sapi Ditemukan dalam Masakan Sebuah Rumah Makan Padang, Cacing-cacing Mengerikan Ini Mengintai Mereka yang Menyantapnya

Intisari-online

Marah Besar Nama Anaknya Ditiru Orang Lain, Netizen: Kasih Hak Paten Aja Sekalian

boombastis

5 Cara Mudah Bangkit dari Kesedihan Akibat Patah Hati, Catat Bro!

Idntimes

Syahrini Tenteng Tas Mewah di Jet Pribadi, Harganya Bikin Melongo

liputan6

Tulis komentar...