Home

Soal Perilaku, Geng Motor Indonesia dan Amerika Bagaikan Neraka dan Surga

Inovasee | 2 years ago

Beberapa waktu yang lalu, kita dibuat resah lagi oleh sebagian kecil (!) geng motor di Indonesia. Sebuah video amatir berhasil menjadi saksi kebrutalan puluhan calon anggota geng motor saat menjalankan misi dari para seniornya di jalanan Jagakarsa, Jakarta Selatan.


Meskipun pada akhirnya mereka berhasil diamankan oleh jajaran Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, namun aksi yang mereka pertontonkan semakin menguatkan citra buruk geng motor sebagai perusuh dan pembuat onar.

Negara berbudaya yang tidak ber-Pancasila

Mau mengelak seperti apapun, tetap seperti itulah Indonesia, sebuah negara berbudaya dan ber-Pancasila yang masih saja dihuni orang-orang yang rela menikam dan membacok demi sebuah guyonan, kebanggaan, dan pengakuan. Lantas, memang harus seperti itukah perilaku geng motor seharusnya?

Ternyata tidak, karena yang terjadi di Indonesia tidak selalu awam di banyak negara. Contoh terbaik adalah apa yang dilakukan oleh sekelompok geng motor di New York, Amerika Serikat. Kota ini merupakan rumah bagi Sirens Women’s Motorcycle Club, geng motor yang justru dianggap sebagai malaikat penyelamat bagi warga lainnya.

Sirens Women’s Motorcycle Club, geng motor yang dianggap malaikat penyelamat di kota New York. – weareninetynine.co

Cap positif itu muncul lantaran aksi para anggotanya yang rutin mengantarkan ASI bagi bayi-bayi yang membutuhkan. Bahkan, New York Milk Bank (organisasi nirlaba yang mengurusi kebutuhan ASI) pun tergerak untuk membantu aksi mulia yang mereka lakukan hampir setiap hari itu.

Konvoi dengan tanpa pedang dan senjata api

Dan jauh berbeda dengan apa yang dilakukan geng-geng motor di Indonesia yang melakukan aksi tanpa perencanaan matang, Sirens MC selalu berdiskusi terlebih dahulu dengan New York Milk Bank untuk mendata bayi-bayi yang membutuhkan donor ASI, sebelum akhirnya mereka berkonvoi menuju rumah-rumah yang sudah ditentukan.

Bukan pedang atau senjata api, mereka justru membawa persediaan ASI untuk bayi-bayi yang membutuhkan. – people.com

Mereka tidak membawa pedang, celurit, senjata api, atau apapun yang membahayakan nyawa, mereka hanya membawa persediaan ASI untuk menyelamatkan nyawa bayi-bayi yang tidak mendapatkan hak menyusu karena alasan kesehatan ibu kandungnya.

Ini bukan soal Sirens MC yang mayoritas anggotanya adalah perempuan. Ini, adalah bukti bahwa geng motor juga bisa disandang oleh mereka yang bukan ber-gender pria. Dan soal geng motor di Indonesia yang ingin berkiblat pada neraka atau surga, itu tergantung apakah mereka masih mau menjadi pribadi yang berdudaya dan ber-Pancasila atau tidak.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Unik, Manusia Lomba Tarik Tambang dengan Lokomotif Kereta

Suara

Identik dengan Mistis, 3 Artis Ini Lakukan Ritual Malam 1 Suro

Okezone

5 Kebiasaan Cewek Cuek Bin Simpel Saat Travelling Patut Ditiru!

Idntimes

Waspadai 5 Ras Anjing Pemburu Paling Galak

Merahputih

Kisah Kaslan yang Kehilangan Akses Jalan setelah Tetangga Bangun Tembok Depan Rumah, Ini Aturan Hukum tentang Tanah Helikopter

Intisari-online

17

Tulis komentar...