Home

Etika Menghadiri Pemakaman, Haruskah Berpakaian Serba Hitam?

Okezone | 2 years ago

KEMATIAN disebut-sebut sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan. Tetapi mari kita coba mengutip pernyataan Ben Franklin yang menganggap bahwa selain pajak, kematian adalah satu-satunya hal yang pasti dalam hidup.

Tidak terelakkan memang. Pemakaman pasti terjadi, dan bagaimana kita menanggapi hal-hal terkait kematian seseorang bisa saja meredakan perasaan yang sedang berduka atau malah menambah kesedihannya.

Berikut ini adalah jawaban para ahli yang menanggapi pertanyaan-pertanyaan tentang etiket yang berkaitan dengan pemakaman, dikutip dari Daily Mail:

1. Lidah saya keluh ketika berada dalam suasana berkabung. Apa sebaiknya yang harus saya katakan?

Berbagi kenangan dan kisah yang indah tentang orang yang meninggal akan membantu mengalihkan fokus kesedihan pada masa-masa sukacitanya. Tetap sederhana dan tidak bertele-tele. Karena sebagai manusia kita cenderung ingin untuk berbicara sebanyak yang kita bisa, dan semakin kita berbicara banyak, semakin pula kita melibatkan diri pada suatu persoalan.

Ucapan seperti, "Turut berbelasungkawa, semoga seluruh anggota keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan" sudah cukup untuk membantu meredam suasana kesedihan.

2. Apa yang seharusnya tidak diucapkan?

Hindari perkataan basa-basi yang dirasa kurang peka akan keadaan, seperti, "Dia sudah berada di tempat yang lebih baik" atau "Rasa sakit kehilangan seseorang akan berkurang seiring berjalannya waktu".

Jangan pernah menanyakan bagaimana kronologis detil orang tersebut meninggal, atau menceritakan kisah sedihnya yang kamu tahu. Juga jangan pernah mempertanyakan perawatan medis yang seharusnya bisa dilakukan berbeda. Dan yang terpenting, adanya semacam kekuatan pada sebuah senyuman, pelukan, dan jeda untuk berbagi.

3. Apakah masih perlu untuk memakai pakaian warna hitam?

Hitam masih menjadi warna tradisional untuk menunjukkan suasana berkabung dan menjadi pilihan yang aman, tetapi bukan berarti kita tidak bisa memilih warna lain. Abu-abu, ungu, biru bisa dijadikan warna alternatif. Pemakaman bukan dijadikan ajang untuk pamer gaya busana, cukup gunakan warna kalem dan berselera bagus.

4. Ingin memberikan sesuatu pada keluarga yang berduka. Ada ide?

Kartu ucapan dukacita dan makanan adalah ide yang bagus. Kamu juga bisa mengirim bunga ke rumah duka, akan lebih bagus lagi jika memberikan bunga tersebut secara langsung.

5. Bolehkah berfoto?

Jangan mengambil foto dengan keluarga dan kerabat yang sudah lama tak bertemu di situasi seperti pemakaman. Kamu mungkin senang dapat bertemu kembali dengannya, tetapi tolong lebih peka dengan kondisi sekitarmu.

Jangan buat situasi dukacita seakan kamu rayakan dengan cara berfoto bersama layaknya acara yang penuh sukacita. Dan begitu juga ketika kamu memotret peti ataupun jenazah yang kurang pantas dilakukan. Yang terpenting, tidak perlu mengirimkan postingan apapun terkait pemakaman di media sosial.

6. Ingin membantu keluarga yang berduka lewat berbagai cara. Ada tips?

Sederhana, kamu hanya perlu menanyakan apa yang mereka butuhkan. Jangan memberikan janji palsu pada keluarga.

7. Apa saja larangan terpenting di pemakaman?

Jangan pernah menanggapi dengan, "Saya pernah mengalaminya beberapa bulan yang lalu". Selain itu jangan pernah menerima telepon dengan suara lantang saat pemakaman. Jika kamu diminta untuk berbicara, hati-hati dalam mengeluarkan candaan dan cerita-cerita yang kurang pantas.

8. Bagaimana dengan pasca pemakaman?

Teman atau anggota keluargamu mungkin akan lebih membutuhkan kamu dari yang sebelumnya. Beberapa minggu setelah pemakaman, ketika kehidupan mau tidak mau terus berjalan, pastikan tetap berhubungan dengan pihak yang berduka. Hiburlah, atau menghabiskan waktu dengannya, mungkin dengan cara ngobrol atau makan bersama.

(ful)

TAG : Pemakaman Busana Hitam Etika

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Ada yang Minimal Rp180 Juta, 5 Pernikahan Adat Ini Dikenal Paling Mahal di Indonesia

Akurat.co

Foreplay Menggunakan Coklat Untuk Vagina Ternyata Berbahaya

Rakyatku

5

Bernilai Ratusan Triliunan Rupiah, Begini 9 Fakta Industri Mainan Seks

Akurat.co

Kuala Lumpur Untit Vancouver jadi Kota Paling Ramah di Dunia, Jakarta Kapan?

Akurat.co

Heboh Bisnis Pisang Kaesang Jadi Media Pelet, Netizen: Mau Coba Ah!

Okezone

Tulis komentar...