Home

Waspadalah, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Anda!

Klikdokter | 2 years ago

Klikdokter.com, Jakarta Selain merokok dan konsumsi makanan junk food, ternyata masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang bisa mengancam kesehatan Anda. Beberapa kebiasaan ini sulit dikenali karena menjadi bagian dari rutinitas normal.

Tak jarang, Anda sendiri  bahkan tidak melihat efek negatifnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini ternyata membawa masalah bagi kesehatan fisik dan psikologis.

Baca Juga

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat menganggu kehidupan Anda.

Berpikir tentang kejadian yang menegangkan entah itu lima tahun atau lima menit yang lalu ternyata tidak baik untuk kesehatan psikologis Anda. Semakin banyak orang memikirkan peristiwa yang penuh tekanan, semakin besar kemungkinan mereka untuk tumbuh depresi.

Sebuah penelitan tahun 2017 yang diterbitkan di Behavior Research and Therapy mengungkapkan tindakan merenung mengenai tekanan di masa lalu bisa menyebabkan gejala depresi.

Sadarilah berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk memikirkan kejadian stres. Memasukan energi positif  ke dalam hidup Anda jauh lebih baik ketimbang memikirkan hal-hal yang tak dapat Anda ubah.

Apakah Anda menganggap diri Anda bodoh setiap kali melakukan kesalahan atau selalu menunjukkan kekurangan saat Anda melihat cermin? Jika iya, maka kritik keras terhadap diri sendiri akan menjadi kebiasaan yang Anda bawa seumur hidup.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan, kritik keras terhadap diri sendiri dapat meningkatkan gejala depresi. Mengubah cara berpikir bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Penelitian menunjukkan, bahwa media sosial menyebabkan perasaan terisolasi. Semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang di media sosial, semakin terisolasi perasaannya.

Isolasi sosial tersebut ternyata buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Dan penelitian menunjukkan, iri pada teman di media sosial dapat meningkatkan risiko depresi.

Alih-alih menghabiskan berjam-jam bergulir di media sosial, sebaiknya Anda menginvestasikan waktu dan energi Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Makan siang dengan teman, menghubungi seseorang di telepon, atau menjadwalkan makan malam bersama keluarga besar Anda.

Sebuah penelitian menunjukkan, terjaga hingga larut malam dan tidur menjelang pagi akan menurunkan kesehatan Anda.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di American Sleep of Medicine mengungkapkan, waktu tidur yang terhambat dikaitkan dengan konsumsi makanan cepat saji yang lebih tinggi dan asupan sayuran yang rendah, terutama di kalangan pria. Selain itu, orang yang waktu tidurnya telat cenderung tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Pekerja kantoran banyak menghabiskan waktunya untuk duduk. Duduk untuk jangka waktu lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan diantaranya; diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, menghabiskan terlalu banyak waktu di kursi kantor mungkin juga buruk bagi kesehatan mental Anda. Cobalah bergerak selama beberapa menit setiap setengah jam agar tubuh dan pikiran dalam kondisi baik.

Beberapa kebiasaan di atas merupakan hal yang lumrah Anda lakukan sehari-hari. Namun, kebiasaan tersebut ternyata dapat membahayakan kesehatan. Karena itu,  sebaiknya Anda mulai menghindarinya dan segera beralih ke pola hidup sehat.

[DA/ RVS]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Hafal Saat Kecil, 8 Lagu 2000an Ini Ternyata Bisa Bikin Sakit Hati

Idntimes

Ospek Minum Air Ludah Viral, Dokter Gigi: Kita Tidak Tahu Penyakit yang Diderita Orang Lain

liputan6

1

Foreplay Menggunakan Coklat Untuk Vagina Ternyata Berbahaya

Rakyatku

5

Tips Menjaga Kesehatan untuk Milenial yang Gila Kerja

Yukepo

8 Perubahan Gaya Hidup Ini Bisa Mencegahmu Terkena Demensia, yuk Ikuti

Idntimes

Tulis komentar...