Home

Lima Tips Membuat Foto dengan Cara Zooming

Tempo | 1 year ago

Tips fotografi: zooming. AP Photo

TEMPO.CO, JakartaZooming  merupakan salah satu teknik dalam fotografi yang memberi kesan bergerak pada objek yang difoto.  Teknik zooming yang berhubungan dengan shutter speed dengan menggunakan slow speed.  Efek dari zooming akan berbeda ketika menggunakan  kecepatan rendah saat membuat foto panning.  

Jika pada panning efek gerakannya membentuk garis sejajar horisontal atau vertikal mengikuti arah gerakan objek , pada zooming efek garis akan membentuk  gerakan garis ke arah tengah. Terkesan seperti bergerak mendekati objek foto  yang berada di titik tengah dengan kecepatan tinggi. Baca: Kesepian, Sehat atau Berbahaya? Simak 9 Faktanya

Tips fotografi: zooming. AP Photo

Zooming hanya bisa dilakukan dengan menggunakan lensa zoom. Caranya dengan mengubah panjang fokus lensa. Lensa digerakkan dari lensa panjang ke lensa pendek dengan diputar atau ditarik pada waktu bersamaan tombol kamera ditekan untuk merekam gambar. Berikut adalah lima tips dalam melakukan zooming. 

Tips

1. Gunakan ISO rendah.
ISO rendah memungkinkan kita memperoleh shutter speed yang rendah untuk mendapatkan efek gerak. Shutter speed yang rendah memungkinkan mendapatkan diafragma dengan bukaan kecil yang bisa menambah ketajaman objek  yang  difoto. ISO rendah juga memungkinkan untuk mendapatkan kecepatan di bawah 1/30 pada saat cahaya berlimpah. Baca: Penyakit Difteri Pernah Hilang di Indonesia, Mengapa Muncul lagi?

2. Exposure
Bisa menggunakan Manual atau TV  atau S untuk memilih kecepatan yang dikehendaki. Gunakan kecepatan rendah, jangan melebihi 1/30. Cobalah beberapa kecepatan untuk mendapatkan hasil zooming yang tepat.

3. Focus
Menggunakan fokus manual lebih mudah karena kamera tidak perlu mencari-cari fokus lagi. Untuk latihan awal, letakkan objek foto di tengah agar bentukan garis lebih simetris  mengarah  ke objek yang berada di tengah.

Tips fotografi: zooming. TEMPO 

4. Zooming
Gunakan lensa terpanjang saat membuat fokus , lalu lakukan zoom out dengan mengubah panjang fokus dari lensa paling panjang ke lensa terpendek.  Gerakan ring lensa dengan gerakan lembut dari lensa terpajang sampai lebih pendek pada saat bersamaan tombol ditekan untuk merekam gambar. Tidak perlu memutar sampai habis. Selanjutnya bisa mencoba dengan gerakan yang lebih cepat dan memutar ring  habis sampai lensa yang paling pendek. Cobalah membuat variasi kecepatan memutar ring  dengan shutter speed yang berbeda untuk mendapatkan kombinasi yang tepat.

5. Background yang kontras
Latar  belakang atau lingkungan yang kontras akan membuat efek gerakannya lebih kaya warna. Baca: Pekan Kuliner Indonesia di Rusia, Sambal jadi Favorit

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, berlatihlah dengan mencoba beberapa kecepatan. Jika sudah mahir, zooming bisa digunakan pada objek yang  sedang bergerak.

RULLY KESUMA 


Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Viral Penampakan Bayi Setan Terekam Kamera, Awas Terbawa Mimpi!

Okezone

50

10 Berita Terpanas: Teror Bom Medan Sampai Isu Ahok Jadi Bos BUMN

29

Karena Pilu Wanita Jelek Julia Pastrana, Selama Hidup Dijadikan Mesin Uang, Saat Mati Mayatnya pun Dijadikan Pajangan oleh Suaminya

Intisari-online

Nikita Mirzani Lepas BH, Billy Syahputra: Gue Enggak Nafsu!

Okezone

2

5 Bagian Tubuh yang Gampang Bikin Pria Terangsang

Idntimes

1

Tulis komentar...