Home

Berapa Lama Alat Kontrasepsi Anda Bekerja Efektif Cegah Kehamilan?

Hellosehat | 1 year ago

Kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk

mencegah kehamilan

. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing dengan manfaat dan kekurangannya. Beberapa alat kontrasepsi seperti kondom bisa mencegah kehamilan secara langsung namun beberapa alat kontrasepsi seperti pil KB membutuhkan beberapa waktu untuk bekerja. Cari tahu mana alat kontrasepsi efektif yang bekerja paling lama dan paling cepat di bawah ini.

Berapa lama alat kontrasepsi bekerja untuk benar-benar bisa mencegah kehamilan?

Ada dua cara untuk Anda tahu apakah alat kontrasepsi yang Anda gunakan efektif atau tidak. Yang pertama adalah apakah Anda sudah menggunakan alat kontrasepsi dengan benar? Cara penggunaan kontrasepsi ini akan memengaruhi hasilnya. Jadi pastikan Anda menggunakan alat kontrasepsi dengan benar.

Cara kedua seperti yang dilansir dari

Medical News Today, 

adalah mengetahui seberapa efektifnya alat kontrasepsi ini jika terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Jika Anda salah menggunakannya dengan tingkat yang tentu tidak parah, apakah masih tetap bisa mencegah kehamilan atau tidak. Jika masih, alat kontrasepsi Anda benar-benar efektif. Namun, hal ini tidak bisa menjadi tolak ukur yang pasti. Dibandingkan hanya menebak-nebak, berikut waktu yang dibutuhkan alat kontrasepsi agar bisa bekerja secara efektif.

1. Pil KB

Jika digunakan dengan benar (misalnya diminum secara rutin), alat kontrasepsi minum ini mampu mencegah kehamilan hingga 99 persen. Jika terjadi kesalahan misalnya melewatkan satu hari minum, keampuhannya mencegah kehamilannya turun menjadi 91 persen.  

Pil KB

biasanya mengandung hormon progestin dan estrogen untuk mencegah ovulasi. Pil ini dikenal dalam dua jenis utama, pil KB yang hanya mengandung progestin; dan pil KB yang mengandung estrogen dan progestin atau pil kombinasi.

Hormon progestin di dalam pil KB berfungsi untuk mengentalkan lendir serviks sehingga sulit bagi sperma untuk melakukan perjalanan ke sel telur. Jika Anda minum pil KB pada hari pertama menstruasi atau lima hari pertama menstruasi, maka pil KB  akan langsung bekerja.

Namun, jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih pendek misalnya 21 atau 23 hari, maka biasanya perlu menunggu dua hari agar pil KB bekerja secara efektif. Hal ini juga berlaku jika Anda minum pil KB lebih dari lima hari pertama menstruasi. 

2. IUD

IUD

adalah singkatan dari

intrauterine device.

IUD adalah plastik berbentuk huruf T yang diletakkan di dalam rahim dan berguna untuk menghadang sperma agar tidak membuahi sel telur. Ada dua jenis utama IUD. IUD yang terbuat dari tembaga yang bisa bertahan hingga 10 tahun dan akan langsung bekerja secara efektif mencegah kehamilan ketika dimasukkan.

IUD yang kedua, IUD yang mengandung hormon progestin dan perlu diganti tiap 5 tahun sekali. IUD ini akan langsung efektif ketika dimasukkan dalam tujuh hari pertama menstruasi. Jika tidak dimasukkan dalam periode ini, maka membutuhkan waktu tujuh hari 

agar alat kontrasepsi efektif bekerja.

3. Implan

Kontrasepsi ini berupa benda kecil berukuran dan berbentuk seperti batang korek api yang dimasukkan ke bagian bawah kulit, umumnya pada lengan bagian atas. Implan ini secara perlahan  mengeluarkan hormon progestin yang berfungsi mencegah kehamilan selama 3 tahun.

Kontrasepsi ini mampu mencegah kehamilan hingga 99 persen. Jika dimasukkan selama lima hari pertama menstruasi, implan bisa segera bekerja efektif, jika tidak dimasukkan dalam periode ini, dibutuhkan waktu tujuh hari untuk bisa efektif bekerja mencegah kehamilan.

4. Koyo KB

Apakah Anda tahu bahwa ada alat kontrasepsi yang berbentuk koyo? Koyo KB ini ditempelkan pada kulit dan diganti seminggu sekali selama tiga minggu. Koyo KB harus dilepas pada minggu keempat. Koyo KB bekerja dengan melepaskan hormon yang sama efektifnya dengan yang terdapat dalam pil KB bisa mencegah kehamilan hampir 99 persen.

Jika koyo ini ditempelkan pada waktu lima hari menstruasi, maka bisa langsung bekerja secara efektif, jika tidak mulai digunakan dalam periode ini, maka dibutuhkan waktu tujuh hari agar alat kontrasepsi efektif bekerja.

5. Cincin vagina

Cincin vagina

adalah alat kontrasepsi berupa cincin plastik yang digunakan di dalam vagina. Cincin plastik ini berfungsi melepaskan hormon yang sama seperti pil KB.

Cincin vagina sendiri langsung bekerja efektif ketika dimasukkan pada hari pertama menstruasi. jika tidak dimasukkan dalam periode ini maka membutuhkan waktu tujuh hari untuk bekerja secara efektif.

6. Suntik KB

Suntik KB

adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya.

Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB satu bulan dan suntik KB tiga bulan. Suntikan KB tiga bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB satu bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah.

Baca Juga:

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

5 Kebiasaan Cewek Cuek Bin Simpel Saat Travelling Patut Ditiru!

Idntimes

8 Menit Bertarung Sengit, Anakonda Ini Melilit Buaya Sepanjang Hampir 2 Meter, Siapa yang Menang?

Intisari-online

21

Berusia 8.000 Tahun, Galangan Kapal Tertua di Dunia yang Ditemukan Ini Buktikan Bahwa Zaman Batu Tidak Seprimitif yang Dikira

Intisari-online

7

Kisah Dian, Diganggu Mba Kunti hingga Ditemani Jenglot saat Naik Gunung Gede

Okezone

51

3 Potong Kepala Wanita Muda Ungkap Cara Mengerikan Penguasa Inca Kendalikan Kerusuhan Sosial di Zaman Dahulu

Intisari-online

12

Tulis komentar...