Home

4 Kesalahan Besar yang Tidak Seharusnya Anda Tulis di Cover Letter

Job-Like | 1 year ago

Cover letter yang Anda buat sebagai pengiring resume dalam melamar pekerjaan adalah alat yang sangat penting dalam persenjataan pencarian kerja Anda. Apalagi, cover letter biasanya adalah satu hal pertama yang akan dibaca oleh pihak HRD perusahaan sebelum membaca resume yang Anda kirimkan. Cover letter berperan seperti seorang teman akrab yang membuat Anda jadi tak kikuk ketika memperkenalkan diri. Namun, ini jika Anda membuat cover letter Anda dengan benar. Sebaliknya, jika Anda melakukan kesalahan dalam meramunya, maka jadinya bisa malah buruk bagi proses perkenalan diri Anda kepada pihak perusahaan yang Anda lamar. Karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda tulis di cover letter Anda, karena jika Anda melakukan ini, maka Anda bisa tidak dilirik oleh HRD perusahaan. Apa saja hal-hal yang tidak boleh Anda tulis di cover letter agar Anda tidak dianggap kandidat yang tidak menarik?

Hal-Hal Ini Tidak Seharusnya Anda Tulis di Cover Letter

Typo

typo

Keputusasaan

kalimat di surat lamaran

Menulis pengantar yang membuat pihak HRD tertarik melirik Anda adalah tujuan dari cover letter. Jika HRD tertarik, maka resume Anda akan dibaca dengan lebih seksama. Tentunya, Anda harus menunjukkan bahwa Anda juga tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Akan tetapi, jangan membuat makna “tertarik” menjadi buruk. Jangan sampai keputusasaan adalah apa yang justru Anda tulis di cover letter. Ini bukanlah ajang untuk memohon agar diberikan pekerjaan. Karena kandidat kerja yang paling menarik adalah seseorang yang berkualifikasi, tertarik dengan ppekerjaan, namun juga memiliki sederet daftar perusahaan lain yang juga ingin mempekerjakan mereka. Bayangkan ini seperti permainan kencan, yang mana jika kamu mengakui bahwa kamu tidak laku, bukankah ini justru malah menjatuhkan hargamu?

Atmosfer yang Generik

cv anda

Kata-kata dan kalimat generik jelas sesuatu yang tidak patut Anda tulis di cover letter. Meskipun Anda sudah lelah karena pencarian kerja Anda telah berlangsung lama dan ini adalah aplikasi ke-40 yang Anda tulis, jangan sampai membuat kesan bahwa Anda hanya sekedar meng-copy dan paste atau mengulang-ulang isi cover letter yang sama untuk banyak lamaran. Mempersonalisasikan setiap lamaran memang melelahkan, tetapi tanpa orisinalitas, cover letter Anda akan jadi sangat membosankan bagi HRD yang harus membaca ratusan CV untuk setiap lowongan.

Janji yang Tidak Masuk Akal atau Ancaman

berhenti membuang waktu

Anda mungkin merasa bahwa mustahil untuk menuliskan ancaman di cover letter Anda, namun jika Anda menulis sesuatu seperti, “Saya adalah kandidat paling sempurna untuk pekerjaan ini. Jika perusahaan Anda tidak mempekerjakan saya, maka perusahaan Anda akan gagal,” maka ini nampak seperti sebuah ancaman.  Begitu pula dengan janji-janji yang tidak masuk akal seperti, “Dengan saya sebagai anggota tim, saya pastikan penjualan akan meningkat drastis dalam beberapa minggu saja.” Alih-alih memberitahu perusahaan apa yang akan terjadi jika Anda direkrut, fokuslah saja pada prestasi Anda.

Selamat menulis cover letter yang baik!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Dalang Isu Pesugihan Restoran Ruben Onsu Muncul dan Minta Maaf

Suara

10 Berita Terpanas: Kasus Threesome di Bali Sampai Mayat Dicor di Musala

36

Pengakuan Sepupu Ungkap Perilaku RMN Alias Dede Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Tribunnews

Wanita Penjaga Warung Jablay Tak Sempat Pakai Celana Saat Warungnya Ditabrak Truk

palingseru.com

4

Viral Aksi Pengguna Skuter Listrik Rusak Lantai JPO, Netizen: Kampungan!

Okezone

22

Tulis komentar...