Home

Selain Mandi Air Hangat, Ketahui 5 Cara Lain Mengatasi Insomnia

Metrotvnews | 1 year ago

Jakarta: Insomnia merupakan gangguan tidur yang berdampak tidak baik bagi tubuh. Kurang tidur mengakibatkan kelelahan, performa buruk, sakit kepala, mudah tersinggung, hingga depresi.

Ada dua jenis insomnia, yakni akut dan kronis. Akut akan cenderung sembuh tanpa pengobatan, berbeda dengan insomnia kronis yang terjadi paling tidak terjadi tiga kali seminggu dan lebih dari itu.

Insomnia kronis disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak sehat, kerja shift malam, dan gangguan klinis lainnya. Untuk mengatasi insomnia, cara alami ini membantu mengatasinya.

1. Mandi air panas

Mandi air panas dua jam sebelum tidur sangat membantu mengatasi insomnia. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita dengan insomnia yang mandi air panas sekitar 90 menit sebelum tidur membantu Anda memiliki tidur yang berkualitas dan nyenyak. Mandi air panas juga dapat melemaskan tubuh dan menenangkan saraf. Anda juga bisa menambahkan beberaoa tetes minyak esensial yang menenangkan seperti chamomile, rosemary, atau lavender dalam air agar rileks.

2. Cuka apel

Cuka sari apel mengandung asam amino yang dapat menghilangkan rasa lelah. Asam amino juga membantu meruntuhkan asam lemak yang melepaskan triptofan, sehingga membuat siklus tidur lebih baik. Campur dua sendok teh cuka sari apel dan dua sendok teh madu dengan segelas air hangat. Minumlah sebelum tidur.

3. Susu hangat

Minum susu hangat sebelum tidur adalah obat yang sangat baik untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Susu mengandung triptofan yang bisa memicu tidur nyenyak. Buatlah segelas susu dan campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalamnya, minumlah sebelum tidur.

4. Pisang

Pisang begitu berguna untuk mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Pisang mengandung mineral, seperti zat besi, kalsiyn, dan pottasium yang membuat Anda tidur nyenyak. Makan lah pisang sebelum tidur, atau Anda bisa membuatnya sebagai salad yang dicampur madu.

5. Teh chamomile

Teh chamomile adalah obat alami yang terkenal untuk mengatasi insomnia. Menikmati secangkir teh chamomile akan menjadikan Anda tertidur dan rileks. Buatlah secangkir teh chamomile, campurkan bunga chamomile ke dalamnya. Diamkan selama 5 menit, lalu saring dan minumlah sebelum tidur.

6. Madu

Madu memiliki khasiat membuat Anda tidur dengan cepat sesaat setelah mengonsumsinya. Madu mentah alami membantu penyembuhan gangguan tidur, seperti insomnia.




 


(DEV)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Dalang Isu Pesugihan Restoran Ruben Onsu Muncul dan Minta Maaf

Suara

10 Berita Terpanas: Kasus Threesome di Bali Sampai Mayat Dicor di Musala

36

Pengakuan Sepupu Ungkap Perilaku RMN Alias Dede Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Tribunnews

Viral Aksi Pengguna Skuter Listrik Rusak Lantai JPO, Netizen: Kampungan!

Okezone

22

Setelah Setiap Hari Lamarannya Selalu Ditolak Selama 14 Tahun, Wanita Ini Akhirnya Menikah

Intisari-online

Tulis komentar...