Home

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

Idntimes | 1 year ago

Ragam pekerjaan yang bisa dilakukan secara online di rumah tengah menjamur di zaman milenial ini. Kebanyakan dari pekerjaan itu berupa freelance. Tapi bekerja optimal di rumah tak semudah yang dikira. Alih-alih menghasilkan, kamu yang kurang pandai memenejnya malah jauh dari kata produktif.

Sifat rumah yang santai, nyaman dan tanpa kekangan justru bisa menjerumuskanmu dalam kegagalan. Gangguan di rumah terutama dari orang terdekat, memang paling rentan mencuri fokusmu. Untuk itu, bagi kamu yang memilih bekerja di rumah, 9 hal ini harus kamu lakukan agar tetap fokus!

1. Ajak bicara anggota keluarga di rumah dan beri pengertian agar kamu tidak diganggu saat bekerja

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

951wavy.com

Komunikasi memang jalan pembuka segala keinginan. Utarakanlah apa yang kamu mau pada anggota keluarga secara baik dan santun. Jelaskan bagaimana pentingnya mencapai target-target tertentu dalam pekerjaanmu dan bagaimana kerugian yang akan didapat seandainya kamu kehilangan fokus karena banyaknya gangguan.

Anggota keluarga tentu akan lebih memahami saat kamu beri penjelasan. Dengan begitu mereka akan meminimalisir segala gangguan, bahkan akan mendukungmu semampu mereka.

2. Buat ruang terpisah yang nyaman untuk kamu fokus bekerja

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

millerhobbs.com

Tentu bekerja di ruang terpisah lebih membuatmu fokus daripada menyatu bersama ruang keluarga. Hal ini akan mengurangi gangguan dari luar seperti anak-anak yang selalu ingin diajak bermain.

Pilihlah ruangan yang kamu suka karena disitulah kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu. Sediakan perlengkapan yang kamu perlu dalam satu ruang agar lebih nyaman dan fleksibel saat bekerja.

3. Disiplin mengalokasikan jam kerja. Bersantai boleh tapi jangan sampai kebablasan, ya!

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

nakicphotography.com

Rumah memang memberikan banyak godaan untuk bersantai, seperti kasur yang empuk, tontonan di televisi, kehadiran pasangan, anak dan sebagainya. Jika ingin tetap produktif meski bekerja di rumah, kamu harus disiplin mengalokasikan waktu jam kerja sesuai target. 

Bersantai memang perlu untuk mengembalikan energi bekerja, tapi jangan mentang-mentang tidak ada bos, santaimu jadi kebablasan. Kamu wajib menegakkan disiplin dua kali lipat saat bekerja di rumah.

4. Tidak menunda-nunda pekerjaan meski tak diburu deadline

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

express.co.uk

Karena kamu merasa punya waktu 24 jam bekerja di rumah, akhirnya menunda pekerjaan menjadi godaan terbesar.  Mungkin kamu tetap mengalokasikan waktu bekerjamu sesuai target, namun akibat dari tidak disiplin ini membuatmu jadi banyak bergadang dan mengambil waktu yang seharusnya kamu pakai untuk istirahat. Tentu dampaknya kurang baik juga buat kesehatanmu, kan?

5. Tetap bangun pagi, mandi dan berpakaian rapi agar semangat bekerjamu lebih tinggi

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

wcfcourier.com

Bekerja di rumah bukan berarti kamu tak memperhatikan kebersihan dan penampilan, dong! Meski kamu tak diburu jam masuk kantor, bangun lebih pagi dari fajar memberimu poin lebih karena telah mencuri waktu start untuk produktif lebih awal. Mandi dan berpakaian rapilah di pagi hari. Dijamin semangat bekerjamu akan berlipat lebih tinggi.

6. Lakukan kegiatan rumah sesuai jadwal agar tidak tercampur aduk dengan pekerjaan

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

theromantic.com

Jika ada pekerjaan rumah yang menjadi bagianmu, tempatkanlah kegiatan itu sesuai jadwal harian. Misalnya, kamu harus menyelesaikan tugas tersebut sebelum jam delapan pagi. Sebab jam delapan adalah waktumu untuk bekerja. Atau bisa pula membagi tugas rumah tersebut kedalam dua waktu, misalnya sebelum dan diantara jam istirahat kerjamu.

7. Jangan pedulikan komentar orang yang mengejekmu karena bekerja di rumah

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

pinterest.com

Tak bisa dipungkiri, ada saja sebagian orang yang nyinyir  pada pekerjaan yang hanya dilakukan dalam rumah. Dibilang kayak pengangguranlah, gak bergengsilah, sampai dikompor-kompori agar mencari pekerjaan yang lebih mapan karena dikiranya bekerja di rumah tak menghasilkan budget besar.

Meski kamu dianggap kurang keren, tetaplah percaya diri dengan kemampuanmu. Buktikan pada mereka bahwa kamu sanggup hidup berkecukupan meski bekerja di rumah. Biarkan orang bicara sesuka hati, yang penting kamulah yang merasakan bagaimana nyamannya kerja di rumah.

Keuntungannya, kamu tidak perlu dilelahkan jauhnya perjalanan ke kantor. Bisa menghemat uang makan dan waktumu untuk keluarga tentu lebih banyak.

8. Tetap canangkan gaya hidup sehat dengan selingan olahraga dan makanan bergizi

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

stack.com

Fokus pada pekerjaan jangan sampai membuatmu lupa pada kebutuhan tubuh, ya! Olahraga  ringan disela-sela pekerjaan dapat membuat tubuhmu kembali bugar. Apalagi bagi kamu yang kerjanya duduk berjam-jam depan laptop.

Biasakan sarapan sehat sebelum memulai pekerjaan seperti layaknya orang mau pergi ke kantor. Mungkin, poin plus bagimu adalah mendapat perhatian lebih dari pasangan di rumah. Seperti si dia yang mengajakmu untuk makan siang bersama di meja keluarga.

9. Saat semangatmu turun, lihatlah wajah pasangan dan anakmu. Demi senyum merekalah kamu bekerja!

9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

shutterstock.com

Bekerja di rumah itu artinya kamu akan selalu mendengar suara lucu anak-anak dan sapaan pasangan tercinta. Seharusnya kehadiran mereka selalu bisa menjadi bahan bakar semangatmu yang paling ampuh. Saat kamu dirundung rasa lelah atau dongkol dalam masalah pekerjaan, rehatlah sejenak dan berjalanlah keluar untuk menatap keluargamu.

Kamu bisa langsung menghilangkan mood burukmu dengan bermain bersama anak-anak atau bercanda dengan pasangan. Kehadiran mereka dalam satu atap tentunya membuatmu lebih mudah berdamai dengan masalah dan kembali bersemangat melakukan pekerjaan. Sebab kamu sadar bahwa di rumah itu, ada keluarga yang menggantungkan hidupnya padamu.  

Bagaimana, kamu siap untuk lebih fokus bekerja di rumah? Suksesmu, ada di pundakmu! Semangat, ya!

Nita Nurfitria

Senang berbagi lewat aksara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

4 Karakter Seseorang dalam Percintaan Berdasarkan Urutan Kelahirannya

Idntimes

7 Alasan Sah Cewek Keras Kepala Masih Layak Diperjuangkan

Idntimes

1

5 Cara Simple yang Justru Luluhkan Hati Cowok Cuek, Gak Perlu Kalut!

Idntimes

1

Katanya 6 Zodiak Ini Bisa Jatuh Cinta Hanya dalam Hitungan Hari Lho

Idntimes

Rumah Ini Memiliki Dapur yang Terletak di Malaysia dan Ruang Tamunya Berada di Indonesia

palingseru.com

5

Tulis komentar...