Home

Seperti Ini Karakter Bos yang Dibutuhkan untuk Mengelola Pekerja Remote dengan Baik

Job-Like | 1 year ago

Bekerja jarak jauh adalah sebuah kelebihan yang banyak dicari oleh karyawan zaman sekarang di beberapa industri, namun ini bukan berarti sebuah realita yang hanya penuh kesenangan. Politik tempat kerja bisa jadi lebih rumit ketika Anda harus bekerja dari rumah. Bahkan berdasarkan sebuah riset yang melibatkan 1.153 karyawan, banyak pekerja remote yang mengeluhkan bahwa mereka tidak diperlakukan dengan adil, tidak diinformasikan jika ada perubahan proyek, dan bahkan takut dibicarakan yang buruk-buruk di belakang. Sayangnya, masalah ini sulit diselesaikan dengan cepat ketika melibatkan para pekerja remote yang tidak berada di kantor untuk bertemu tatap muka. Karena itu, kesuksesan tim dengan karyawan jarak jauh sangat bergantung pada manajer yang mengelola pekerja remote.

Seperti apa keahlian yang dibutuhkan untuk memngelola pekerja remote dengan sempurna? Berikut adalah ciri-ciri manajer yang dibutuhkan oleh para karyawan jarak jauh.

Ini Keahlian yang Anda Butuhkan untuk Mengelola Pekerja Remote

Rajin dan Rutin Mengecek Karyawannya

Sumber: thebalance

Jika memungkinkan, sang manajer harus menjadwalkan komunikasi yang paling nyata atau langsung. Jadi, daripada komunikasi dalam bentuk pesan teks, bertemu secara langsung adalah bentuk komunikasi yang lebih efektif. Tentu saja, tidak semua pekerjaan jarak jauh memungkinkan untuk memiliki rapat atau pertemuan langsung yang rutin. Kadang, sebuah perusahaan hanya bisa menjadwalkan pertemuan rutin sekali sebulan, sekali dalam satu kuartil, atau bahkan sekali setahun. Namun, ketika komunikasi secara langsung tidak memungkinkan, bentuk komunikasi yang paling “langsung” harus selalu dipilih. Sebuah panggilan telepon jelas lebih menguntungkan daripada email. Namun, akan lebih baik lagi jika komunikasi dilakukan lewat panggilan video chat Skype atau fitur lainnya. Dengan ini, ekspresi bisa saling dibaca dan komunikasi menjadi lebih akurat.

Baca Juga : Trik Berkomunikasi dengan Percaya Diri untuk Membuat Pewawancara Terpikat

Memiliki Keahlian Komunikasi yang Menakjubkan

3 Langkah yang Bisa Diambil Untuk Melakukan Wawancara Informal yang Sempurna

Kita semua pasti sibuk dan banyak tugas. Dan dalam situasi ini, mungkin bisa terasa bahwa mengirim memo atau email saja sudah cukup. Namun, ini hampir selalu tidak cukup dalam mengelola pekerja remote. Seorang pemimpin yang baik harus menemukan cara agar tim mereka bisa terbuka dan berbagi mengenai apa yang mereka hadapi. Dan karena itu, mereka harus punya keahlian dan upaya komunikasi yang lebih besar dari sekedar memberi memo instruksi.

Seorang manajer yang baik harus mampu membuat karyawannya merasa aman untuk menyuarakan ketdaksetujuan. Apalagi ketika bekerja jarrak jauh, para karyawan akan cenderung malas menyuarakan keluhan. Jadi, lebih baik sang manajer menanyakan dahulu jika ada ganjalan.

Menyampaikan Ekspektasi secara Eksplisit

menulis resume terbaik

Saat mengelola pekerja remote, menjadi kewajiban seorang manajer untuk jelas dan tidak bertele-tele terhadap ekspektasinya. Karena, ketika kita bekerja dekat di bangunan yang sama, update bisa saling diberikan secara kasual, rutin, dan tanpa halangan. Namun, ketika seseorang bekerja jarak jauh dan ekspektasi berubah, seringkali karyawan jarak jauh ini bahkan tidak mengetahuinya.

Karena itu, sang manajer harus menunjukkan ekspektasinya dalam bentuk tulisan. Ini harus termasuk jadwal, sumber daya, kualitas, tenggat waktu, dan segala yang penting. Selalu review dan perbarui target ini. Manajer dengan ekspektasi yang eksplisit punya tim yang lebih bahagia yang bisa memberikan hasil lebih baik.

Selamat mengelola tim Anda!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Percakapan Ria Irawan dan Ade Irawan Sebelum Meninggal Dunia, Bikin Sedih

liputan6

Gawat, Presiden Jokowi Diprediksi Tak Sampai Selesai 2024

Konfrontasi

6

Inget Tebe Pemeran Sinetron Islam KTP? Sekarang Sudah Gede Yuk Intip 6 Potret Terbarunya

Serumpi

7

Mahasiswa Berhubungan Seks di Balik Kaca Kelas, Tak Sadar Lagi Dinonton Banyak Orang

Rakyatku

20

Harry Tiba di Kanada untuk Mulai Hidup Baru Bersama Meghan Markle, Intip Rumah yang Akan Dihuni

Tribunnews

8

Tulis komentar...