Home

Ibu Punya Peran Penting Dalam Perbaikan Gizi Keluarga

Womantalk | 1 year ago

Sudahkah anak Anda minum air yang cukup hari ini? Riset di 13 negara yang dipublikasikan European Journal of Nutrition menemukan bahwa, satu dari empat anak di Indonesia masih kurang minum, dan 30% cairan yang dikonsumsi bukanlah air putih. Oleh karena itu, bayi dan anak-anak rentan mengalami kekurangan cairan tubuh.

Baca juga: 

Pentingnya Menanamkan Kebiasaan Minum Air Mineral Pada Anak

Sementara itu, remaja dan orang dewasa setiap harinya membutuhkan air sebanyak dua liter per hari. Namun data menunjukkan bahwa sebanyak 40% orang dewasa dan 36% remaja di Indonesia belum memenuhi asupan hidrasi yang cukup. Masyarakat Indonesia tidak hanya kurang minum, tapi masih banyak yang belum menyadari pentingnya mengetahui jenis air minum yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, karena air minum yang kurang higienis dapat menjadi sumber beragam penyakit.

sumber: offthegridnews

Ibu memiliki peran kunci dalam perbaikan gizi keluarga sebagai langkah awal menciptakan kebiasaan sehat dalam keluarga. Menyadari pentingnya peran ibu ini, Danone-Aqua bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat untuk memberdayakan para ibu Indonesia, agar meningkatkan pengetahuan dan tanggap bagi keluarganya lewat program pelatihan. Pelatihan ini akan berpusat pada edukasi kesehatan dan keamanan air minum berikut konsep nutrisi dan hidrasi sehat, untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan sejahtera. Selain itu ada juga pelatihan lain seperti manajemen keuangan, diskusi kesehatan dengan ahli kesehatan dan olahraga bersama untuk menambah keterampilan para ibu untuk keluarganya.

Baca juga: 

5 Hal Buruk Yang Terjadi Kalau Anda Berhenti Minum Air

Pelatihan Ibu Sehat, Keluarga Sehat akan diadakan secara bertahap di 34 provinsi. Untuk tahun pertama, akan ada 10 provinsi sebagai fokus pelatihan, diantaranya: DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan.

sumber: momjunction

Program ini diharapkan bisa menjangkau lebih dari 8 juta ibu PKK di seluruh Indonesia pada 2018-2020. Kader PKK terbaik juga akan ditentukan pada hari Ginjal Sedunia setiap bulan Maret. Menggunakan metode Trainer of Trainers (ToT), selama tiga tahun kedepan, para kader perwakilan masing-masing provinsi akan mengikuti pembekalan khusus yang diharapkan dapat diturunkan ke para kader melalui Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di daerah masing-masing.

cover: 123rf

Tag:

ibu, peranibu, anak, minum

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Bukan Hoax! Jika Punya Koin Seperti Ini Segera Jual, Terakhir Laku 18 Miliar

Serumpi

23

Ragu Nembak Gebetan? Ini 6 Tanda kalau Gebetan Juga Suka Denganmu

Idntimes

Kerap Diteror Hal Mistis, Ruben Onsu dan Keluarga Bakal Ambil Keputusan Besar?

jpnn.com

Beli Vas Murah Rp 17 Ribu, Pria Ini Akan Lelang Lagi Seharga Rp 1,3 Miliar, Sosok Pemilik Sebelumnya Tak Disangka

Intisari-online

34

Ada yang Seberat 16 Ton, 300 Batu Bulat Kuno Raksasa yang Ditemukan di Perkebunan Pisang Menyimpan Misteri, Apa Fungsinya?

Intisari-online

10

Tulis komentar...