Home

Millennials Perlu Tahu, Ini 5 Seni Menego Gaji Agar Sesuai Ekspektasi

Idntimes | 1 year ago

Well, setelah kamu mengikuti serangkaian tes mencari pekerjaan yang pastinya menguras waktu dan tenaga, inilah saat kamu menghadapi tes wawancara. Saat wawancara biasanya HRD akan menanyakan berapa gaji yang diharapkan oleh para pelamar.

Di sini tentu ada trik yang harus bisa kamu hadapi saat bernego soal gaji. Jangan dikira pertanyaan soal gaji ini tak penting, karena persoalan gaji akan menentukan masa depanmu.

Tentunya kamu gak mau kan mendapatkan gaji yang tak sesuai keinginan kamu. Apalagi kamu pada saatnya nanti bekerja keras habis-habisan demi perusahaan.

Nah, kamu perlu jawaban yang tepat dalam menjawab pertanyaan soal gaji karena boleh dibilang pertanyaan ini adalah sebuah jebakan. Pasalnya, pertanyaan ini bisa menentukan nasibmu apakah kamu diterima ataukah ditolak oleh perusahaan.

Nah simak 5 tipsnya berikut ini.

1. Katakan berapa gaji yang kamu inginkan!

Millennials Perlu Tahu, Ini 5 Seni Menego Gaji Agar Sesuai Ekspektasi

Unsplash.com/Mathieu Turle

Bisa jadi ini adalah hal yang kurang baik untuk kamu kemukakan, tetapi cobalah untuk mengatakannya dengan sopan. Katakan rentang gaji terendah yang bisa kamu terima sampai rentang gaji tertinggi agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para HRD yang sedang mewawancara dirimu.

Alangkah lebih baik kamu pun perlu mencari informasi dulu mengenai gaji terendah di perusahaan yang kamu lamar agar bisa menjadi bahan referensi untuk diskusi soal gaji.

2. Sanggup membuka diskusi

Millennials Perlu Tahu, Ini 5 Seni Menego Gaji Agar Sesuai Ekspektasi

Unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Cobalah untuk berdiskusi dengan HRD tentang gaji yang kamu mau di perusahaan yang sedang kamu lamar. Juga jangan lupa kamu perlu menyebutkan angka nominal yang kamu inginkan agar perusahaan bisa memberi perkiraan berapa gaji yang kamu harapkan.

3. Katakan tentang pengalaman kerjamu

Millennials Perlu Tahu, Ini 5 Seni Menego Gaji Agar Sesuai Ekspektasi

Unsplash.com/Tim Gouw

Kamu perlu memberi tahu tentang pengalaman kerjamu, apalagi jika kamu melamar posisi yang sama. Penting juga untuk memberi tahu HRD tentang keahlian yang kamu miliki agar mereka lebih tertarik untuk mempekerjakanmu dan memberi gaji yang sesuai dengan posisi kamu.

4. Tanya kompensasi di luar gaji

Millennials Perlu Tahu, Ini 5 Seni Menego Gaji Agar Sesuai Ekspektasi

Rawpixel.com via Unsplash.com

Memang banyak perusahaan yang ternyata memberikan gaji yang kecil. Meski begitu, cobalah bertanya kepada pihak perusahaan tentang kompensasi di luar gaji seperti waktu cuti, tunjangan kesehatan dan lainnya.

5. Mencari tahu beban kerja yang akan kamu tanggung

Millennials Perlu Tahu, Ini 5 Seni Menego Gaji Agar Sesuai Ekspektasi

Rawpixel.com via Unsplash.com

Nah buat kamu para pelamar kerja, kamu juga perlu lho bertanya tentang beban kerja yang bakal kamu peroleh supaya kamu pun tahu dan mengerti tentang perolehan gaji yang kamu dapatkan nantinya. Jangan sampai kamu merasa nantinya pekerjaan dan perolehan gajimu tidak sesuai.

Dengan bertanya dahulu tentang beban kerja, kamu pun bisa berpikir masak-masak dan lebih bisa berpikir bijak karena jangan sampai kamu merasa menyesal masuk ke perusahaan yang ternyata beban kerjanya tak sesuai dengan gaji yang kamu inginkan.

Semoga bermanfaat untuk kamu para millennials pejuang pekerjaan!

Indah Shaliha

www.instagram.com/indahshaliha www.facebook.com/indahshaliha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Lihat Sumber

  • 1

  • 0


Rekomendasi Artikel

Viral! Niat Hibur Bapak, Gadis Ini Malah Dikutuk Ibunya Sendiri

Okezone

10

Tubuh Sering Gatal, Signal Penyakit Kronis

Akurat.co

4 Sinetron Horor Lawas yang Bisa Bikin Kamu tak Bisa Tidur

Merahputih

1

Keseringan Diganggu Hantu, Mahasiswa KKN di Madura Jadi Kebal

Okezone

6

Tak Cuma Berbikini, Intip 5 Gaya Hot Anya Geraldine Saat Olahraga

Okezone

3

Tulis komentar...