Home

Dari 6 Jenis Hubungan Percintaan Berikut Ini, Kamu yang Mana?

Shopback | 1 year ago

Bicara tentang cinta pasti bagi beberapa orang berbeda-beda. Ada yang merasa bahagia, ada juga yang merasa kesal jika teringat sesuatu di masa lalu yang masih mengganggumu. Dalam sebuah hubungan, wajarnya sih ada 3 komponen yang mendasar yaitu komitmen, keintiman dan gairah. Kadar ketiganya akan berbeda-beda pada setiap orang saat menjalin hubungan, dan akan menciptakan sebuah jenis hubungan percintaan yang berbeda pula.

Jika kamu paham jenis hubungan percintaan yang sedang dijalani, kemungkinan besar dalam menghadapi konflik akan menjadi lebih mudah. Atau bahkan, akan jarang sekali terjadi konflik karena kamu sudah mengenal jelas tabiat dari pasanganmu.  Tapi, tahukah kamu menurut Terry Hatkoff seorang pakar sosiologi dari California State University ada 6 jenis hubungan percintaan? Dua diantaranya yaitu romantis dan posesif. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Romantis

Jenis Hubungan Percintaan

Pasangan yang terlibat ke dalam jenis hubungan percintaan yang romantis keduanya akan terlihat sama-sama bahagia karena diciptakan dari keintiman yang mendalam, didominasi oleh daya tarik seksual masing-masing. Pasangan jenis hubungan percintaan romantis ini banyak mengundang kecemburuan dari orang sekitar. Keduanya selalu tampak dimabuk cinta di mata orang lain, meski pada akhirnya tidak akan bisa ditebak bagaimana nantinya. Yang penting pada saat itu mereka saling menginginkan satu sama lain.

Romantisme biasanya hanya dialami pada saat awal hubungan saja, tidak berkelanjutan lebih lama. Tapi, jika kamu bisa menambahkan komitmen hubunganmu, bukan tidak mungkin kisah cinta kamu dan pasanganmu akan bertahan lama. Ya, kan?

2. Posesif

Jenis Hubungan Percintaan

Jenis hubungan percintaan yang selanjutnya ada posesif. Jenis ini didominasi oleh rasa kecemburuan dan obsesi terhadap pasanganmu. Sebetulnya, jika jenis ini terlalu mendominasi pada hubungan kalian, berhati-hatilah karena hubungan yang kalian jalin akan terancam kandas. Jangan sampai rasa cemburu dan obsesimu terhadap pasangan terlalu tinggi, ia akan dibuat tidak nyaman. Kamu menuduh pasanganmu berselingkuh atau mendekati wanita lain saat acara makan malam kantor. Padahal, di sana juga ada banyak rekan kerja yang lain.

Atau, yang paling banyak terjadi adalah kamu terlalu mengontrol setiap gerak pasanganmu bahkan hingga mengendalikannya, padahal sebetulnya dia bisa saja mengambil keputusan lain yang lebih baik dari permintaanmu. Boleh saja kamu cemburu dan menasihati pasanganmu, namun lebih baik sewajarnya saja ya agar si dia tidak merasa terlalu dikekang olehmu!

3. Best friends

Jenis Hubungan Percintaan

Jenis ini timbul karena ketertarikan yang erat antara kamu dan pasanganmu, kalian sama-sama menyukai. Jika diibaratkan kalian pasangan yang terpisahkan, bagai amplop dan perangkonya. Melakukan hal kecil dan remeh pun biasanya bersama.

Pasangan jenis hubungan percintaan best friends ini juga tak lepas dari sentuhan romantis. Kamu dan pasanganmu sangat menikmati waktu berdua. Tapi, ada kalanya kalian akan merasa jenuh jika terlalu sering bersama. Coba deh beri sedikit warna pada hubunganmu agar tidak melulu tentangnya.

Baca juga:

 Ini 15 Alasan Kenapa Orang Tua Tidak Merestui Hubungan Kamu

4. Hubungan percintaan yang logis

Cinta tidak selalu pakai hati, ya begini lah yang tersirat pasangan dengan jenis hubungan percintaan yang logis. Mereka cenderung dekat karena banyak memiliki kesamaan cita-cita, kesesuaian nilai dan agama, atau hobi contohnya.

Meskipun pada akhirnya hati yang akan membuat keputusan, tapi orang yang terlibat hubungan percintaan jenis ini umumnya merasa kesamaan yang ia dan pasangannya miliki merupakan suatu kelebihan tersendiri. Bukan maksud menomor duakan hati, mereka beranggapan akan saling dapat memahami karna kesamaan yang dimiliki. Dan biasanya sih, pasangan seperti ini akan jarang terlibat konflik. Setuju?

5. Seru dan bergairah

Buat beberapa orang, sebuah hubungan itu akan lebih menyenangkan jika menyelipkan sedikit gombalan atau rayuan. Dalam jenis hubungan percintaan yang satu ini, kemampuan memuji sangat-lah dibutuhkan. Yakin deh, kamu dan pasanganmu akan puas tertawa bersama jika tidak melulu membahas hal yang teramat serius. Hubungan kalian memang menuju hal yang serius, tapi tidak ada salahnya kan menyelipkan hal manis?

Pasangan yang terlibat jenis hubungan percintaan ini akan dibuat sama-sama bahagia. Tapi ingat ya, kadarnya jangan terlalu berlebihan karna jika begitu kamu tidak akan dianggap serius oleh pasanganmu.

6. Hubungan yang dewasa

Jenis Hubungan Percintaan

Hubungan yang baik itu yang saling bisa merawat dan memberi kebaikan, juga tidak ragu untuk berkorban. Coba lihat lagi, apa hubungan percintaan yang kamu jalani sekarang? Apakah termasuk ke dalam jenis hubungan percintaan yang satu ini? Orang yang terlibat dalam jenis hubungan percintaan ini biasanya mampu saling merawat, berkorban, dan memberikan kebaikan untuk satu sama lain. Posisi kalian seimbang. Jika berat sebelah, nantinya akan bermasalah. Tidak sedikit kan hubungan yang kandas di tengah jalan karena salah satunya diklaim “terlalu baik”? Maka, cobalah untuk saling memahami satu sama lain supaya hubungan kalian mampu bertahan.

Biasanya hubungan percintaan itu tidak bisa dideskripsikan dengan satu kategori dari 6 jenis tadi, tetapi gabungan dari 2 hingga 3 di antaranya. Lalu, yang mana nih yang paling mewakilkan hubunganmu dengan pasanganmu?

Mau agar hubungan kamu makin lengket? Yuk, belikan kado untuk pasangan di Blibli.com melalui ShopBack dan bersiaplah untuk memenangkan hati calon mertua serta cashback dari ShopBack! 

Editor: Sintya W

All images: Pexels

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Dalang Isu Pesugihan Restoran Ruben Onsu Muncul dan Minta Maaf

Suara

10 Berita Terpanas: Kasus Threesome di Bali Sampai Mayat Dicor di Musala

36

Pacari Youtuber Kekeyi Putri, Rio Ramadhan: Cinta Tak Pandang Fisik

Viva

29

Viral Aksi Pengguna Skuter Listrik Rusak Lantai JPO, Netizen: Kampungan!

Okezone

22

Breaking News: Ledakan Terjadi di Mapolrestabes Medan

Okezone

42

Tulis komentar...