Home

Lika-Liku Perjalanan Usaha William Tanuwijaya, Pendiri “Mal Online”

Inspiratorfreak | 1 year ago

Sumber : www.alona.co.id

Sekilas tentang William Tanuwijaya

William Tanuwijaya, kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 18 November 1981, merupakan tokoh penting di balik kesuksesan PT Tokopedia. Seperti perintis pada umumnya, William Tanuwijaya tidak sukses seketika dalam membangun mimpinya.

Sumber : www.kumparan.com

Ketika dia lulus SMA, William ingin mencoba peruntungannya dengan memberanikan diri untuk berkuliah di Jakarta dan memilih hidup jauh dari kedua orangtuanya. Selama masa pendidikannya di universitas swasta, William bertekad untuk tidak membebani orangtuanya dengan biaya hidup dan biaya kuliah. William memutuskan untuk bekerja sebagai penjaga warnet di wilayah sekitar kampusnya hingga dia menyelesaikan pendidikannya.

Pada 2003, William lulus dari universitas dan bekerja di satu perusahaan sebagai software engineering. Saat itu, masyarakat Indonesia sedang tergila-gila dengan belanja online lewat media sosial, tapi belum tersedia platform belanja online yang aman bagi konsumen sehingga William melihat peluang usaha yang jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan hasil menguntungkan.

Banyak pihak menganggap remeh

Membangun usaha bukan hal mudah bagi banyak orang, termasuk William. Setiap mimpi, harapan, dan cita-citanya ingin mendirikan usaha yang maju selalu mendapatkan komentar pedas dari orang-orang di sekitarnya. Banyak yang meremehkannya, tapi semua itu tidak lantas membuat semangat William Tanuwijaya pudar.

Sumber : www.swa.co.id

Bukan hanya kritikan pedas yang harus William hadapi, tidak tersedianya modal yang cukup bagi kelangsungan usaha juga merupakan hal yang perlu dijadikan fokus utamanya.

Buah yang dihasilkan dari sebuah usaha

Sumber : www.astralife.co.id

Dengan usaha yang gigih, satu per satu kekhawatiran William mulai menghilang. Tokopedia mulai dikenal masyarakat. Investor pun mulai berdatangan untuk memberikan tambahan dana kepada Tokopedia. Setiap kerja keras yang pernah dilakukan William terbayar lunas dengan semakin dikenalnya Tokopedia oleh banyak orang. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi mal online terbesar yang menampung UKM kelas menengah untuk bisa tetap memasarkan produknya tanpa perlu membayar uang sewa toko.

Jika William Tanuwijaya bisa, kamu juga pasti bisa. Bahkan kalau pun kamu penyandang disabilitas, kamu punya peran unik di dunia yang tidak tergantikan. Muhammad Subhan salah satu contohnya.

Take the first step in faith. You don’t have to see the whole staircase, just take the first step–Martin Luther King, Jr.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Jangan Terlalu Sering Makan Junk Food Kalau Tidak Ingin Mengalami Apa Remaja 17 Tahun Ini Alami

Intisari-online

Lebih Baik Damai, Sudah Gak Zaman Berselisih akan 5 Perbedaan Ini

Idntimes

Bagi-bagi Duit Hingga Smartphone, Ini Pemberian Awkarin untuk Para Fans-nya

boombastis

1

8 Menit Bertarung Sengit, Anakonda Ini Melilit Buaya Sepanjang Hampir 2 Meter, Siapa yang Menang?

Intisari-online

21

13 Misteri Tenggelamnya Titanic yang Mungkin Tak akan Pernah Bisa Dipecahkan, Salah Satunya soal Kapal Ketiga

Intisari-online

12

Tulis komentar...