Home

Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Mengapa Harga BBM Naik

Bintang | 1 year ago

Bintang.com, Jakarta Di dunia maya kini tidak hanya dihebohkan dengan kemunculan seorang ABG bernama Bowo Alpenliebe, tapi juga persoalan harga BBM naik. Ya, buat kamu yang belum tahu, PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax Cs sejak 1 Juli 2018, pukul 00.00 WIB. Jika dilihat dari daftar harga BBM terbaru, maka dapat terlihat kalau kenaikan di setiap daerah berbeda.

Khusus di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta, Jawa Barat dan Banten, harga Pertamax naik Rp 600 menjadi Rp 9.500 per liternya. Kemudian harga Pertamax Turbo naik Rp 600 menjadi Rp 10.700 per liter.

Sementara harga Pertamina Dex naik Rp 500 menjadi Rp 10.500 per liter. Harga Dexlite naik Rp 900 menjadi Rp 9.000 per liter. Sedangkan Pertamax racing tetap Rp 42.000, dan Pertalite masih dibanderol Rp 7.800 per liter. Harga solar nonsubsidi, premium dan biosolar juga tak berubah.

[Bintang] Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Mengapa Harga BBM Naik

Sebelum ikutan marah-marah di media sosial, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa alasan mengapa akhirnya harga BBM naik. (Foto: Liputan6.com/Arya Manggala)

Buat kamu yang ingin langsung marah-marah di media sosial, ketahui dulu alasan mengapa akhirnya Pertamina menaikan harga Pertamax Cs. Dilansir dari Liputan6.com, Senin (2/7/2018), kenaikan harga minyak nonsubsidi disebabkan karena terus meningkatnya harga minyak dunia.

"Minyak mentah itu lebih dari 90 persen untuk pembentukan harga. Apalagi sekarang kita sudah jadi negara pengimpor minyak," kata Vice President Corporate Communication, Adiatma Sardjito saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (1/7/2018). Tak hanya harga minyak yang meroket, Adiatma Sardjito juga menjelaskan kalau kenaikan harga BBM, Pertamax Cs khususnya juga dipicu menguatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah. "Meski kontribusinya tidak begitu besar," terang dia.

Tapi buat kamu yang menggunakan Pertalite, maka nggak perlu khawatir karena kenaikkan harga BBM tak terjadi pada bahan bakar tersebut. Pertalite masih dibanderol Rp 7.800 per liter. Dan harga solar nonsubsidi, premium dan biosolar juga masih sama.

Video Zodiak Hari Ini: Simak Peruntungan Kamu di 6 Juni 2018 Part 2

Tips Hemat BBM

[Bintang] Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Mengapa Harga BBM Naik

Sebelum ikutan marah-marah di media sosial, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa alasan mengapa akhirnya harga BBM naik. (Foto: Pexels.com)

Kenaikan harga BBM, meskipun hanya untuk Pertamax Cs tentu saja tetap membuat pusing, apalagi buat kamu yang kendaraannya memang menggunakan Pertamax. Tapi, jangan khawatir karena sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa kamu gunakan supaya hemat BBM. Selengkapnya langsung scroll ke bawah ya…

1. Rawat Mesin Kendaraan Kamu Secara Rutin

Kondisi mesin yang “oke” dapat membuat kamu hemat BBM. Rajinlah memeriksa klep padakendaraan bermotor serta cek juga kondisi busi. Busi yang bagus dapat mempercepat pembakaran dan mempermudah bahan bakar untuk menyuplai panas dan ledakan pada piston.

2. Kurang-kurangin yang Namanya Ngerem Mendadak

Pengereman secara mendadak nggak cuma dapat membuat mesin kendaraan cepat rusak, tetapi juga dapat membuat bahan bakar cepat habis.

Tips Hemat BBM Selanjutnya

[Bintang] Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Mengapa Harga BBM Naik

Sebelum ikutan marah-marah di media sosial, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa alasan mengapa akhirnya harga BBM naik. (Foto: Pexels.com)

3. Jangan Kelebihan Beban

Ya, sebaiknya kamu juga mengetahui secara pasti berapa beban maksimal kendaraan kamu. Beban terlalu berat dapat membuat kendaraan juga bekerja lebih berat sehingga kendaraan kamu pun akan menguras bahan bakar lebih banyak.

Itulah beberapa tips hemat bahan bakar yang bisa langsung kamu praktikkan. Ingat, menghemat BBM nggak cuma bikin kamu hemat, tetapi juga salah satu upaya untu memelihara lingkungan.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Viral Penampakan Bayi Setan Terekam Kamera, Awas Terbawa Mimpi!

Okezone

54

10 Berita Terpanas: Teror Bom Medan Sampai Isu Ahok Jadi Bos BUMN

30

Karena Pilu Wanita Jelek Julia Pastrana, Selama Hidup Dijadikan Mesin Uang, Saat Mati Mayatnya pun Dijadikan Pajangan oleh Suaminya

Intisari-online

1

Ganas! Itunya ‘Disedot’ Bencong, Pria Ini Kejang-kejang dan Tewas

PojokSatu

2

Dari Chat WhatsApp, Terkuak Apa Penyebab Meninggalnya Cecep Reza, Aktor Bombom Sahabat Marshanda

Tribunnews

3

Tulis komentar...