Home

Hidup Tanpa Ponsel, Bagaimana Rasanya ?

Vebma | 1 year ago


Hampir semua orang yang sudah memakainya merasa ketagihan. Ketergantungan. Tak bisa melepas alat telekomunikasi dengan beragam fasilitas itu. Mungkin Anda salah satu orang yang sudah kecanduan telepon pintar itu. Meski sedang tak butuh menelepon, rasa ingin memegang telepon selular tetap ada. Meski sekadar dipakai bermain game.

Dan inilah rasanya jika orang yang sudah kecanduan dipaksa melepaskan telepon selular. Sebuah tantangan dilakukan di Chongqing Sanxia College, Chongqing, China. Tujuannya, mengukur bagaimana manusia tak tahan hidup tanpa telepon pintar mereka. Tantangan ini cukup unik. Seorang dosen memperbolehkan para mahasiswa bermain Ponsel saat jam pelajaran. Sang dosen ingin melihat apakah para mahasiswa itu tahan tidak memainkan ponsel saat jam pelajaran --setelah diperbolehkan bermain.

Tantangan ini dilakukan selama sebulan. Namun hasilnya, banyak siswa yang tak tahan ingin bermain ponsel saat jam pelajaran. Banyak siswa yang mengalami nomophobia, ketakutan saat tidak bisa mengakses kontak yang terdapat di telepon seluler. Dari 400 mahasiswa yang ikut tantangan, 300 di antaranya gagal di hari-hari awal. Bertahan tiga hari pun tak sanggup. Karena sudah diizinkan, mereka bermain ponsel saat jam pelajaran. Menyerah dan harus mengenakan gelang sebagai pertanda gagal.


Dosen yang menggagas tantangan itu, Li Jiandong, mengatakan, banyak di antara mahasiswa itu yang tak tahan ingin mengakses telepon selular, mengakses media sosial, semacam WeChat maupun Weibo yang populer di China. Liu Yujing, mahasiswa jurusan ekonomi yang gagal dalam tantangan tersebut, mengatakan, tak sanggup hidup tanpa ponsel. “ Aku menderita pada hari pertama,” kata dia, sebagaimana dilansir CCTV News, Jumat 22 April 2016.“ Keinginan untuk mengecek telepon terus menghantuiku selama di kelas, dan aku tak bisa melawan tantangan pada hari ke tiga,” tambah dia.

Meski demikian, percobaan ini membuat dara ini berpikir betapa tergantungnya dia pada gadget. Liu berkata, dia akan mencoba tidak tertipu oleh ponsel. “ Aku ingin fokus pada pelajaran,” ujar dia. Siswa lainnya, Qian Guoding, lulus dalam tantangan itu. Namun dia mengaku ikut tantangan itu dengan alasan ingin tahu saja, bukan untuk bertahan dan menganggap tantangan itu sebagai tugas yang wajib dilakukan. Qian mengaku biasa mengakses ponsel selama pelajaran di kelas agar tetap update di sosial media. Tapi ikut serta kampanye ini membantunya untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Lihat Sumber

  • 0

  • 1

Rekomendasi Artikel

Dalang Isu Pesugihan Restoran Ruben Onsu Muncul dan Minta Maaf

Suara

10 Berita Terpanas: Kasus Threesome di Bali Sampai Mayat Dicor di Musala

36

Wanita Penjaga Warung Jablay Tak Sempat Pakai Celana Saat Warungnya Ditabrak Truk

palingseru.com

4

Setelah Setiap Hari Lamarannya Selalu Ditolak Selama 14 Tahun, Wanita Ini Akhirnya Menikah

Intisari-online

Breaking News: Ledakan Terjadi di Mapolrestabes Medan

Okezone

42

Tulis komentar...