Home

George HW Bush si Pengusir Saddam Hussein yang Jatuh karena Ingkar Janji

Okezone | 11 months ago

AMERIKA SERIKAT - Mantan Presiden AS George HW Bush meninggal pada Jumat pukul 22.10 waktu setempat atau Sabtu 1 Desember 2018 pukul 11:10 WIB.

Masa jabatan Presiden AS ke-41 tersebut didominasi oleh kebijakan luar negeri, di mana jatuhnya komunisme di Eropa Timur dan invasi pemimpin Irak Saddam Hussein ke Kuwait pada tahun 1990.

 Baca juga: Mantan Presiden AS George HW Bush Meninggal

Dengan berakhirnya komunisme, Bush menyatakan pada pelantikannya: "Angin baru bertiup, dan dunia yang disegarkan oleh kebebasan tampaknya terlahir kembali."

Bush berperan penting dalam membangun koalisi militer internasional yang memaksa pemimpin Irak Saddam Hussein saat itu meninggalkan Kuwait.

 

https://cdnimage1.caping.co.id/news/20181201/88/1751396888A660A371.jpg_480A0A1A80.jpg

Ia menjadi presiden setelah menjalani dua masa jabatan sebagai wakil presiden untuk Ronald Reagan. Serta menjadi yang pertama sejak 1836 untuk dipilih menjadi presiden dari wapres.

 Baca juga: Amerika Akan Perpanjang Kehadiran Militer di Perbatasan Meksiko

Meskipun popularitasnya mencapai 90%, Bush dituduh mengabaikan urusan domestik dan dikalahkan oleh Bill Clinton pada pemilu 1992.

Janji kampanyenya yang terkenal tahun 1988 - "Baca mulut saya. Tidak ada pajak baru" - menghantuinya ketika dia merasa tetap harus membuat pajak baru. Hal tersebut membuatnya jatuh karena dinilai melanggar janji kampanyenya.

Bush memasuki politik pada tahun 1964 setelah menjadi seorang jutawan minyak pada usia 40 tahun.

 Baca juga: Starbucks Akan Blokir Konten Pornografi dari Layanan Wifi Gratisnya Mulai Tahun Depan

Selama Perang Dunia II, ia adalah seorang penerbang sebelum ditembak jatuh oleh Jepang pada September 1944 ketika sedang melakukan serangan bom.

Setelah keluar secara terhormat dari angkatan laut AS pada tahun 1945, Bush menikahi Barbara Pierce yang berusia 18 tahun. Pernikahan mereka akan berlangsung selama 73 tahun dan memiliki enam anak bersama.

Ia meninggalkan lima anak dan pasangan mereka, 17 cucu, delapan cicit, dan dua saudara kandung.

(rzy)

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Viral Penampakan Bayi Setan Terekam Kamera, Awas Terbawa Mimpi!

Okezone

54

10 Berita Terpanas: Teror Bom Medan Sampai Isu Ahok Jadi Bos BUMN

31

Karena Pilu Wanita Jelek Julia Pastrana, Selama Hidup Dijadikan Mesin Uang, Saat Mati Mayatnya pun Dijadikan Pajangan oleh Suaminya

Intisari-online

3

Nikita Mirzani Lepas BH, Billy Syahputra: Gue Enggak Nafsu!

Okezone

3

Ganas! Itunya ‘Disedot’ Bencong, Pria Ini Kejang-kejang dan Tewas

PojokSatu

3

Tulis komentar...