Home

4 Fakta Kasus 31 Pekerja yang Dibunuh KKB di Nduga, Papua

Akurat.co | 10 months ago

AKURAT.CO, Pembunuhan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga, Papua, membuat publik terkejut.

Diduga dibunuh lantaran salah satu pekerja pembangunan jembatan mengambil foto saat perayaan HUT Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) oleh KKB yang tidak jauh dari lokasi kejadian dan langsung diketahui oleh kelompok KKB.

Saat diketahui, Kelompok KKB marah dan mencari orang yang mengambil foto mereka hingga berimbas Pada pekerja lainnya yang ada di kamp pembangunan jembatan.

baca juga:

Berikut 4 fakta seputar kasus pembunuhan yang dirangkum AKURAT.CO

1. 31 pekerja tewas dibunuh

Sampai saat ini, informasi yang diterima ada 31 orang pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua yang dikabarkan meninggal dunia atas ulah kelompok KKB.

“Informasinya 24 orang dibunuh di kamp. Lalu ada 8 orang yang sebelumnya berhasil menyelamatkan diri ke salah satu rumah keluarga anggota DPRD setempat. Kini informasinya 7 orang di antara mereka juga sudah meninggal dunia dan 1 orang berhasil melarikan diri,” kata Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba kepada kompas dikutip AKURAT.CO.

2. Terjadi di Nduga, Papua

Kasus pembunuhan yang menewaskan 31 orang pekerja tersebut terjadi di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yall Kabupaten Nduga, Papua.

Data yang dihimpun dari Antara menyebutkan Tokoh gereja di Distrik Yigi, Pdt. Wilhelmus Kogoya, yang telah melaporkan kasus pembunuhan tersebut.

3. Tidak ada akses komunikasi

Kapolda Papua Irjen Polisi Martuani Sormin membenarkan memang ada laporan tentang kasus pekerja dibunuh KKB di Distrik Yall. Namun untuk kabar pasti dan detailnya, polisi hingga kini kesulitan untuk mencari tahu kebenarannya.

Dilansir kompas, Jalan menuju Distrik sudah dipalang dengan membentangkan batang-batang pohon di tengah jalan dan lokasi kejadian pembangunan jembatan penghubung antara Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupten Nduga, merupakan daerah yang tak memiliki akses komunikasi atau jaringan seluler.

4. Anggota TNI dan Polri belum bisa evakuasi

Personel gabungan TNI-Polri yang dipimpin Kabag Ops Polres Jayawijaya AKP RL Tahapary mencoba masuk ke lokasi kejadian. Namun, saat tiba di Km 46, tim bertemu dengan salah satu mobil dari arah Distrik Bua dan menyampaikan kepada tim untuk segera balik karena jalan diblokade oleh KKB Papua.

Personel gabungan TNI-Polri hingga saat ini belum dapat masuk ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi 31 pekerja yang dibunuh KKB Papua. Akses jalan ke lokasi kejadian masih diblokade KKB Papua.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Hati-hati, Terlalu Heboh Saat Karaoke Bikin Paru-paru Kolaps!

Klikdokter

Keliling Dunia dengan Dana Terbatas? Ini Kota-Kota Termurah bagi Backpacker

Merahputih

Bukalapak Terkena Isu PHK: Catat! Ini Bedanya Hak Pesangon Bagi Pekerja yang Resign dan di-PHK

Intisari-online

5

Vina Garut Versi Hollywood, 3 Artis yang Ngetop Pasca Video Seks

Viva

7 Aturan Wajib Diskusi Di Media Sosial Agar Gak Gampang Emosi

Idntimes

5

Tulis komentar...