Home

Aktivis Perempuan yang Kritik Kasus Pelecehan Seksual Diputus Bebas

Akurat.co | 10 months ago

AKURAT.CO, Pengadilan Mesir akhirnya membebaskan Amal Fathy, aktivis perempuan yang dipenjara karena mengkritik pemerintah yang dianggap gagal menangani pelecehan seksual. Fathy ditahan pada Mei lalu setelah menyebarkan video di Facebook yang menceritakan pengalamannya sebagai korban pelecehan seksual. Dia juga mengkritik pemerintah yang dianggap gagal melindungi kaum Hawa. Fathy ditahan dengan tuduhan menyebarkan berita bohong.

Ia divonis 2 tahun penjara, namun pegacara Fathy menuntut pembebasan dengan jaminan untuk kliennya. Langkah ini didukung oleh Amnesty Internasional. Amnesty Internasional mengungkapkan bahwa jaminan dan denda untuk Fathy telah dibayarkan namun Fathy masih harus menunggu putusan pengadilan banding yang keluar pada 30 Desember mendatang.

Selain didakwa menyebarkan berita bohong, Fathy juga menghadapi tuntutan lainnya yakni menjadi anggota kelompok teroris dan penyebaran paham-paham terorisme.

baca juga:

Senin (17/12) lalu pengadilan Kairo memerintahkan pembebasannya dalam masa percobaan atas praperadilan yang diajukan untuk kasus "terorisme". Keputusan pengadilan ini dipandang Amnesty Internasional sebagai harapan baru.

"Amal Fathy dihukum hanya karena secara damai berbicara menentang pelecehan seksual dalam batas pelanggaran yang keterlaluan atas haknya untuk kebebasan berekspresi, hal itu bertentangan dengan kewajiban internasional Mesir dan konstitusi sendiri," kata Najia Bounaim direktur kampanye Amnesty International di Afrika Utara, dilansir dari laman BBC, Kamis (20/12).

"Pihak berwenang Mesir sekarang harus membatalkan semua tuduhan terhadapnya, membatalkan tuduhan sebelumnya, dan hukuman dua tahun penjara, serta memastikan dia tidak menghadapi tuntutan di masa depan karena mengekspresikan pendapatnya," tambah Najia.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Awalanya Hanya Main-main, Dua Sejoli Ini Berakhir di Pelaminan

boombastis

74

Kisah Kaslan yang Kehilangan Akses Jalan setelah Tetangga Bangun Tembok Depan Rumah, Ini Aturan Hukum tentang Tanah Helikopter

Intisari-online

17

Vivo, Kucing Idola Setengah Serigala, Setengah Manusia

Rakyatku

10 Kata Bahasa Malaysia yang Mirip Indonesia Tapi Maknanya Beda Jauh

Idntimes

Para Wanita di Eropa Masukkan Es Krim ke Miss V saat Cuaca Panas, Ini Bahaya yang Mengintai

Wartaekonomi

3

Tulis komentar...