Home

Gara-gara Cuitan ini, Mahfud MD Diserang Kader Demokrat

Akurat.co | 7 months ago

AKURAT.CO, Mantan Ketua Konstitusi Mahfud MD mendapatkan serangan kritikan dari sejumlah kader Demokrat karena cuitannya yang dianggap menyudutkan mantan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Berawal dari cuitan Mahfud MD yang menuliskan tentang UU ITE yang dibuat di era SBY dan sudah memenjarakan orang salah satunya Prita Mulyasari.

"UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) yang sudah memenjarakan beberapa korban itu diundangkan oleh Pemerintahan SBY pada tanggal 21 April 2008. Katanya, saat itu, UU tersebut diperlukan oleh Pemerintah. Kalau sekarang sudah tidak diperlukan, ya, bisa dicabut," tulisnya.

baca juga:

Cuitan Mahfud MD kemudian dibalas oleh seorang netizen dengan akun @Fianto34. Dia mengatakan jika SBY tak pernah menggunakan UU itu untuk memenjarakan orang yang mengkritik maupun memfitnah dirinya.

"Tapi Presiden SBY tidak pernah memenjarakan orang yang mengkritik dan memfitnahnya dengan UU ITE. Demokrasi dilindungi dan sendi-sendi kehidupan yang harmonis terjaga," kata @Fianto94.

Menanggapi cuitan netizen, Mahfud MD menjawab jika pernyataan netizen itu salah, karena pada zaman SBY sudah ada kasus yang berdasarkan UU ITE yakni kasus Prita Mulyasari.

Dia pun mencontohkan bahwa kasus Prita Mulyasari terjadi pada era SBY dan sempat menjalani hukuman penjara sebelum diputus bebas tetap.

Salah. Masih ingat Prita Mulyasari? Dialah terhukum pertama berdasar UU ITE itu. Dan itu terjadi Juni 2012, pada era Pak Pak SBY. Putusannya inkracht, tapi dia diputus bebas oleh putusan PK setelah menjalani hukuman. https://t.co/Ga1c08jYeA

Mahfud MD (@mohmahfudmd) February 27, 2019

Karena cuitan itulah, Mahfud MD mendapat berbagai kritikan dari para kader Demokrat.

Seperti Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean yang menjelaskan jika kasus Prita Mulyasari perkara murni antar warga negara yang tidak tersangkut dengan pemerintah.

"Prof, coba minum ginko biloba supaya ingatannya tidak kacau. Prita itu perkara murni antar warga negara yang tidak tersangkut dengan pemerintah. Jangan samakan kasus Prita dengan kasus-kasus sekarang. Saat ini rakyat dihajar UU ITE mayoritas bersinggungan dengan penguasa. Ada unsur politik didalamnya. Paham?" tulis @FerdinandHaean_.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief menyebut jika Prita Mulyasari dijerat UU ITE bukan karena dia mengkritik SBY.

"Keliru Prof, Prita tidak mengkritik SBY. Dia mengkritik Rumah sakit. Mohon Prof jelaskan yang sebenarnya, nanti bisa timbulkan hoax," jawab Andi Arief.

"Saya berharap Prof @mohmahfudmd tidak menyebar hoax, Prita dijerat UU ITE bukan karena dia mengkritik SBY. Tapi pihak rumah sakit yang tidak tahan kritik karena pelayanannya lalu lapor. Tidak ada hubungan dengan SBY," ujar @AndiArief_.

Politikus Partai Demokrat Zara Zettira justru menuliskan komentar dengan mentautkan perkataan dari Kapolri Jendral Tito Karnavian.

"Hoax akan ditindak tegas lo kata @DivHumas_Polri," kata @zarazettirazr.

Dalam gambar yang diunggah itu, Tito Karnavian mengatakan "Kami akan tindak tegas, siapapun, dari kelompok manapun yang melakukan penyebaran fitnah dan perpecahan akan diberi hukuman agar menimbulkan efek jera."

Sementara itu, beberapa netizen juga mengkritik Mahfud MD karena cuitannya. "Prita menggunakan medsos mengkritik rumah sakit/badan usaha, yg menyebabkan RS itu menuntut karn mrs dirugikan. Menurut sy inilah sebenarnya guna UU ITE, utk melindungi badan usaha dr fitnah/hoax/asutan dr medsos. Bukan digunakan untuk tameng supaya politisi tidak kena kritik di medsos," tulis akun @JoRiky.

Akun @JoRiky juga menanyakan perihal SBY yang dianggap memenjarakan Prita Mulyasari. Btw kapan SBY memenjarakan prita prof? Benar da @panca66 @AndiArief__ ?" tanya dia.

Akhirnya, seorang dengan akun @hudattamini turut menyampaikan penjelasan yang di maksud Mahfud MD.

" Ini orang d***** semua orang tau kecuali yang d***** bahwa yang dimaksud SBY memenjarakan Prita itu tidaklah, Tetapi UU ITE yang dibuat saat pemerintahan SBY. Nah kok yang gitu aja tidak mengerti," ujarnya.

Lantas, Mahfud MD pun membalas akun @hudattamini dengan emoji tertawa terbahak-bahak.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Durasi Ideal Bercinta Dengan Pasangan

Rakyatku

7

Beli Vas Murah Rp 17 Ribu, Pria Ini Akan Lelang Lagi Seharga Rp 1,3 Miliar, Sosok Pemilik Sebelumnya Tak Disangka

Intisari-online

34

Biduan Garut dalam Video Vina Garut Negatif HIV Meski Pasangannya Positif, Bagaimana Hal Ini Bisa Terjadi?

Intisari-online

Yogyakarta Berdayakan Andong untuk Tarik Wisatawan

Sindonews

Ternyata Kacamata Hitam Besar Tak Sepenuhnya Lindungi dari Paparan Sinar UV

Akurat.co

Tulis komentar...