Home

Sering Dilewatkan, ini 3 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Puasa

Serumpi | 5 months ago

via inikahkoran.com

Serumpi.com – Bulan puasa bukan hanya menjadi bulan penuh pahala dan ampunan, melainkan pula menjadi bulan yang patut dimanfaatkan untuk memperbanyak doa. Hal ini dikarenakan sebagian besar percaya jika doa lebih mudah dikabulkan saat bulan puasa.

Kepercayaan dikabulkannya doa saat puasa ini didasarkan pada sebuah hadis berikut : ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan,” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14 mengatakan bahwa perowinya tsiqoh -terpercaya-. Lihat Jami’ul Ahadits, 9: 224).

Namun, rupanya berdoa pada saat puasa memiliki waktu mustajab. Berikut 3 waktu berdoa yang mustajab saat Ramadhan.

1. Saat Sahur

via nu.or.id

Waktu sahur berada di sepertiga malam terakhir. Padahal, sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajab untuk meminta pada Tuhan. Tak hanya itu, sepertiga malam terakhir juga dijajanjikan sebagai waktu yang penuh ampunan.

Baca Juga : Jadi Takjil Favorit Sejuta Umat, Menu ini Ternyata Kurang Baik Bagi Pencernaan

2. Saat Menjalankan Puasa

via kompas.com

Disebutkan dalam sebuah hadist jika ada 3 golongan yang tak ditolak doanya, yakni orang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil serta orang yang didzalimi.

3. Ketika Berbuka Puasa

via popbela.com

Waktu lain yang disebut sebagai saat mustajab untuk berdoa adalah ketika berbuka puasa. Hal ini dikarenakan saat puasa berarti seseorang sudah menyelesaikan ibadahnya. Adab berdoanya juga harus diperhatikan, yakni sesaat usai membatalkan puasa sambil duduk dan merendahkan diri di hadapan Tuhan.

Itulah tadi 3 waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadahan. Lantas, apakah tak boleh berdoa di luar 3 waktu tersebut? Tentu saja boleh dan sangat disarankan karena di bulan suci ini sangat disarankan untuk memperbanyak berdoa dan mengingat Sang Pencipta.


Lihat Sumber

  • 1

  • 1


Rekomendasi Artikel

7 Tips Mewujudkan Fantasi Seks dengan Pasangan

Rakyatku

5

4 Zodiak yang Paling Antusias Soal Seks, Termasuk Anda?

liputan6

Marah Besar Nama Anaknya Ditiru Orang Lain, Netizen: Kasih Hak Paten Aja Sekalian

boombastis

Kisah Tragis Sebuah Penikahan di Mana 118 Orang Dibantai oleh Serigala Kelaparan, Inilah Awal Tragedi Tersebut Terjadi

Intisari-online

11

Udah Lulus, Tapi Bingung Harus Ngapain Setelah Kuliah?

Facetofeet

Tulis komentar...