Home

5 Toilet Terunik yang Pernah Ada di Zaman Dulu, Ada yang Dipakai untuk Bahas Bisnis

Akurat.co | 5 months ago

AKURAT.CO, Toilet adalah salah satu fasilitas wajib yang harus dipunya umat manusia. Bayangkan jika dunia ini tidak ada toilet, mungkin kita bisa gila lantaran kerepotan saat akan buang hajat.

Beruntung pada zaman modern seperti sekarang ini, toilet makin berkembang. Bahkan berbagai teknologi sengaja dipasang di toilet supaya si pengguna merasa nyaman saat buang hajat. Sebut saja toilet di Jepang yang terkenal akan teknologi canggihnya.

Namun, bagaimana dengan zaman dulu? Seperti halnya teknologi, toilet pun tidak lansung tercipta seperti sekarang ini. Bahkan, toilet pada zaman terbilang tidak layak untuk dijadikan sebagai wadah buang hajat.

baca juga:

Beberapa bentuk toilet pada zaman dulu pastinya akan membuat kamu kaget. Dilansir AKURAT.CO Selasa (11/6) dari berbagai berbagai sumber, berikut 5 toilet paling aneh di zaman dulu.

1. Toilet Romawi Kuno

TheAtlantic

Romawi Kuno tidak hanya terkenal karena strategi serta kekuatan militernya, tetapi juga perkembangan fasilitas kebersihan seperti kamar mandi dan toilet. Bahkan para arkeolog menyebut teknologi toilet pada zaman Kekaisaran Romawi kuno dinilai lebih maju dari peradaban lainnya.

Meskipun begitu, tetap saja para ahli paleopatologi menemukan fakta bahwa bangsa Romawi tidak lebih bersih jika dibandingkan dengan kaum Viking atau orang-orang pada Abad Pertengahan. Hal ini dikarenakan pada zaman Romawi Kuno, orang-orang biasa membuang hajat secara 'berjamaah'. Tidak hanya itu, mereka tidak menggunakan sejenis spons untuk membersihkan bokong mereka dari kotoran. Namun, sayangnya, fasilitas spons di toilet umum digunakan secara bersamaan.

Kemudian, yang lebih parahnya lagi adalah orang-orang Romawi Kuno enggan membangun got untuk menampung atau menyalurkan hajat mereka ke luar rumah. Orang-orang Romawi Kuno berpikir akan ada penyusup yang masuk ke rumah mereka melalui saluran got. Tidak hanya takut dengan penyusup, bagi bangsa Romawi Kuno, gas mephitic yang ditimbukkan tinja bisa menyebabkan ledakan pada lubang got.

Umumnya, toilet pada masa ini berbentuk seperti dudukan panjang terbuat dari batu dan terdapat banyak lubang untuk membuang tinja. Yang lebih menariknya lagi, kegiatan buang hajat secara berjamaah menjadi ajang bagi para bangsa Romawi Kuno untuk mendiskusikan berita-berita sehari-hari, atau bahkan tentang bisnis.

Jika kamu ingin melihat situs toilet ala Romawi Kuno, kamu bisa mengunjungi salah satu peninggalan bangunan toilet Romawi Kuno yang berusia 1.500 tahun di Vindolanda, Northumberland, Inggris. Tapi tenang saja, tidak ada peninggalan tinja dari orang-orang Romawi Kuno di situs tersebut.

2. Toilet di Abad Pertengahan

ISTIMEWA

Setelah Kekaisaran Romawi Barat runtuh, Abad Pertengahan pun dimulai di Eropa. Perkembangan toilet serta kamar mandi di Abad Pertengahan ini pun terbilang lebih baik dari bangsa Romawi.

Pada era ini, orang-orang kaya justru membangun 'garderobes', toilet yang dibangun di menara istana. Garderobe yang bisa diterjemahkan sebagai tempat penyimpanan atau kamar rahasia ini jutsru terbilang cukup unik.

Garderobe biasanya dibangun di menara tinggi lengkap dengan sebuah lubang ventilasi di dinding istana. Garderobe juga dilengkapi dengan sebuah lubang untuk membuang hajat.

Tidak hanya itu, tinja pun akan langsung terjun langsung ke pit latrine (jamban/ wadah tinja) atau kolam. Wadah-wadah tinja ini tentu saja berada jauh di bawah istana.

Jika kamu hidup pada zaman itu, hati-hati berjalan di bawah garderobes pada malam hari. Jika kamu tidak waspada, kamu bisa-bisa terjun ke kolam istana yang penuh dengan tinja.

3. Toilet pada zaman China Kuno

SixthTone

China sebagai salah satu negara Asia yang memopulerkan toilet jongkok. Pada perkembangannya, orang-orang China, terutama wilayah bagian Utara memilih gaya jongkok untuk toilet mereka lantaran kurangnya air di wilayah tersebut. Sehingga jongkok lebih efektif sebagai bentuk penghematan air serta tinja bisa disalurkan ke tanah sebagai pupuk.

Namun, yang lebih unik dari toilet pada zaman China Kuno adalah beberapa wilayah di China dulu biasa membangun toilet tepat di samping kandang babi. Nantinya, kotoran manusia akan langsung disalurkan ke kandang babi dan nantinya bisa dijadikan makanan untuk babi. Bahkan huruf China untuk toilet, 'ce' bisa diartikan sebagai 'kandang babi'.

4. Toilet pada masa Revolusi Industri

 6sqft

Selama masa Revolusi Industri yaitu sekitar abad 18-19, beribu-ribu orang hijrah ke kota. Alhasil, banyak rumah yang dibangun di kota dengan penduduk yang begitu banyak. Namun, karena banyaknya warga, rumah-rumah dibangun lebih kecil, dan hal ini berimbas pada pembangunan toilet.

Banyak warga di kota-kota Inggris yang kemudian tidak bisa membangun toilet di rumah mereka lantaran ukuran rumah yang sudah sempit. Akibatnya, pada masa ini, toilet umum merebak. Tidak jarang, para penduduk berbagi dan mengantre untuk buang hajat di toilet-toilet yang mereka bangun di tanah yang agak lapang.

5. Pispot portable pada zaman Yunani Kuno

Quia

Ternyata penggunaan pispot sudah ada sejak zaman Yunani Kuno pada sekitar abad ke-6 SM. Pada zaman ini, pispot dibuat dari kayu atau batu dan biasanya berbentuk seperti mangkuk. Layaknya pispot pada umumnya, pispot di zaman Yunani Kuno tentunya bersifat 'portable' atau bisa dipindah dan dibawa ke mana-mana.

Pada zaman Yunani Kuno, pispot umumnya digunakan oleh para wanita yang tidak ingin membuang hajat di jalan. Hal ini dikarenakan pada masa itu, banyak laki-laki yang begitu saja membuat hajat di jalan-jalan umum. Tidak hanya wanita, pispot pada zaman Yunani Kuno juga biasa digunakan untuk orang-orang yang ingin buang hajat di malam hari.

Itulah macam-macam toilet yang digunakan orang-orang pada zaman dulu untuk membuang hajat mereka. Beruntung kita saat ini kita mempunyai banyak fasilitas toilet yang bersih serta nyaman ya.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Dalang Isu Pesugihan Restoran Ruben Onsu Muncul dan Minta Maaf

Suara

10 Berita Terpanas: Kasus Threesome di Bali Sampai Mayat Dicor di Musala

36

Pacari Youtuber Kekeyi Putri, Rio Ramadhan: Cinta Tak Pandang Fisik

Viva

29

Viral Aksi Pengguna Skuter Listrik Rusak Lantai JPO, Netizen: Kampungan!

Okezone

22

Pengakuan Sepupu Ungkap Perilaku RMN Alias Dede Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Tribunnews

Tulis komentar...