Home

Wisata Budaya dan Edukasi Banten Melalui Beragam Motif Batik

Tempo | 6 months ago

TEMPO.CO, Jakarta - Potensi wisata suatu daerah bisa diangkat melalui kekayaan alam, budaya, maupun sejarah. Di Banten, beragam artefak terwengkal yang berasal dari reruntuhan Keraton Banten berkembang menjadi inspirasi motif batik. Terwengkal adalah benda peninggalan seperti, guci, keramik, nisan, atau ornamen bangunan.

Setelah melalui proses penyusunan ulang oleh para ahli arkeologi, beragam motif artefak itu disalin dalam medium kain katun dan sutra, yang kini dikenal sebagai Batik Banten. Pemilik Griya Batik Banten, Uke Kurniawan mengatakan peminat kain bercorak motif itu berasal berbagai kalangan usia.

"Pecinta batik Banten tak hanya orang tua, tapi juga ada anak-anak generasi muda," kata Uke Kurniawan saat ditemui Tempo dalam acara Halal Indonesia Expo di Jakarta Convention Center, Jumat, 28 Juni 2019. Adapun Griya Batik Banten mengisi stan dalam acara yang berlangsung pada 27 Juni hingga 30 Juni itu.

Pengunjung stan Griya Batik Banten yang mencoba mewarnai kain motif batik di Jakarta Convention Center, Jumat, 28 Juni 2019. TEMPO | Bram Setiawan

Uke menyiapkan kain bermotif batik ukuran 40 x 40 sentimeter, untuk pengunjung yang ingin mencoba mewarnai. "Cara ini untuk menarik perhatian pengunjung, mencoba mewarnai batik," tuturnya. Beberapa motif batik yang disediakan untuk diwarnai oleh pengunjung adalah Panembahan dan Pamaranggen.

Para pengunjung beberapa kali bergantian untuk mencoba mewarnai lembar kain motif batik tersebut. Tak anak-anak yang turut mencoba. "Kami juga memberikan penjelasan sembari pengunjung mewarnai batik," katanya. Tak hanya ingin tahu dan merasakan mewarnai batik, menurut Uke, banyak juga pengunjung yang bertanya tentang bahan baku pewarnaan yang digunakan.


Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Siwi Widi Purwanti Minta Media Lebih Ramah Kepadanya, Siwi: Orangtua Saya Sakit, Saya itu Difitnah

Tribunnews

2

2 Polisi Pria Jadi Pemeran Reka Ulang Adegan Seks di Dekat Pohon

Rakyatku

25

Ingat Anjali Cilik di Kuch Kuch Hota Hai? Begini Sosoknya Sekarang

Idntimes

8

Polwan yang Terkenal Sebagai Model Bikini Tewas Ditembak Pria Mengamuk

Rakyatku

4

Mahasiswa Berhubungan Seks di Balik Kaca Kelas, Tak Sadar Lagi Dinonton Banyak Orang

Rakyatku

21

Tulis komentar...