Home

Viral Foto Pocong di Google Maps, Begini Cara Mengecek Keasliannya

Idntimes | 2 months ago

Demak, - Netizen di Twitter beberapa hari lalu digegerkan dengan sebuah foto yang diambil dari Google Maps. Foto tersebut menjadi viral karena menangkap keberadaan pocong.

Kabar tersebut sempat viral dan menjadi trending topic di media sosial Twitter. Diketahui, bahwa sebenarnya foto tersebut asli apa adanya. telah berhasil mewawancarai sang fotografer dan mendapatkan izin untuk menggunakan foto-fotonya.

1. Cara melihatnya di Google Maps

Bila kamu penasaran, memberikan informasi cara mudah melihat foto pocong tersebut melalui gawai atau smartphone masing-masing.

Dengan mengakses aplikasi Google Maps, lalu masukkan kata kunci 'Dukuh Kali Bener', maka akan muncul lokasi yang dimaksud. Pada tampilan tersebut, muncul sebuah foto 360 derajat di bagian bawah. Atau bisa langsung scan code pada foto di atas.

Nah, pada bagian foto 360 derajat itulah, terdapat penampakan pocong. Silakan dicoba.

2. Foto asli tanpa edit atau penambahan

Foto tersebut adalah milik seseorang dengan nama akun sosial media Instagram @artbiz360. Ia mengambil foto sekitar dua tahun yang lalu, saat malam hari, pukul 21.00-22.00 WIB.

Foto asli itu kemudian diunggah di Google Maps pada 25 Desember 2017, atau saat hari libur Natal. Koreksi foto hanya sebatas penambahan saturasi dan pencerahan (brightness).

"Kejadian saat itu tidak ada apa-apa. Jam segitu masih banyak kendaraan lewat. Ketika sudah sepi, saya motret. Tidak ada juga merasakan kehadiran (makhluk halus atau aktivitas gaib) di lokasi," kata Tarbis Ribowo, nama asli dan pemilik foto tersebut, secara khusus kepada , Selasa (30/7).

3. Hanya ingin memotret milkyway

Tarbis mengaku awalnya hanya iseng, lantaran ingin mencoba fitur pada kamera 360 baru miliknya. Dirinya ingin mencobanya dengan memotret milkyway atau bintang-bintang.

Dirinya berinisiatif untuk pergi ke tempat dengan cahaya minim, di dekat rumahnya. Tujuannya agar bisa mendapatkan foto bintang-bintang yang bagus tanpa adanya polusi cahaya.

Lokasi yang diambil berada di Dukuh Kali Bener, Kedungwaru Kidul, Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, tepatnya di jalan Karanganyar-Mijen.

"Kebetulan waktu itu langit sedang cerah dan bintang tampak terang, sehingga ketika itu saya ingin motret milkyway. Maka saya pergi ke tempat itu (Dukuh Kali Bener). Saya menggunakan kamera Misphere/Xiaomi Kit 360," ungkapnya.

4. Kaget dengan penampakan pocong

Dirinya tidak menyangka foto yang diunggahnya dua tahun lalu menjadi viral. Bahkan pemuda yang bekerja sebagai staf IT itu baru mengetahui terdapat sosok pocong dalam fotonya.

Fotonya juga menjadi bahan perbincangan hangat di desa, tempat ia tinggal dan mengambil foto.

"Saya tidak notice kalau ada sebuah penampakan. Hingga banyak yang menelusuri melalui aplikasi Google Maps," jelas Tarbis, yang sudah menggeluti dunia foto 360 selama lima tahun terakhir.

Tarbis menambahkan bahwa waktu itu ia mengambil banyak foto, dan hanya satu yang diunggahnya. Satu foto 360-nya bisa mencapai 10-50 megabyte (mb). "Kalau kaget si pasti. Kenapa saya bisa melewatkan detail seperti "noda putih" (red: sosok pocong) itu," tutupnya.

Lihat Sumber

  • 0

  • 1


Tulis komentar...
  • 1