Home

Gara-Gara Konsumsi Protein Berlebihan, Binaragawati Ini Meninggal

liputan6 | 2 months ago

Meegan Hefford, seorang olahragawan binaraga dan ibu dua anak asal Australia meninggal usai mengonsumsi protein dan suplemen penambah massa otot berlebihan. Hal itu dilakukannya dalam rangka mempersiapkan kompetisi binaraga.

Heeford, yang saat itu berusia 25 tahun, diketahui memiliki kehidupan yang sehat dan bugar. Sang ibu, Michelle White mengatakan bahwa putrinya meningkatkan sesi olahraga sembari melakukan diet ketat sebelum meninggal. Saat kuliah dan bekerja paruh waktu, Meegan pergi ke gym dua kali sehari.

Baca Juga

  • VIDEO: Tampil di Kanada, Binaragawati Indonesia Jadi Sorotan

Namun, pada 19 Juni 2017, Meegan dilarikan ke rumah sakit setelah dia tiba-tiba tidak sadarkan diri.

Melansir Health pada Rabu (31/7/2019), dokter menemukan dia mengalami urea cycle disorder. Kondisi tersebut merupakan kelainan langka yang mencegah tubuhnya memetabolisme protein dalam tubuh dengan benar.

Meegan memang sempat mengeluhkan perasaan lesu dan tidak enak badan di awal bulan. Sang ibu mengatakan bahwa dia telah memperingatkan agar tidak terlalu banyak berolahraga.,

Sayangnya, nyawa Meegan tak bisa ditolong tim medis, dia meninggal pada 22 Juni lalu. Sertifikat kematian menyebutkan kondisi gangguan siklus urea tersebut menjadi penyebabnya, bersama dengan asupan suplemen binaraga.

Suplemen Protein Dalam Jumlah Besar

 

Setelah kematiannya, Michelle menemukan suplemen protein dalam jumlah besar di dapur putrinya. Bersama dengan itu, dia juga menemukan rencana diet yang rinci termasuk makanan kaya protein seperti daging tanpa lemak dan putih telur.

Kepada Mirror, Michelle memperingatkan pada orang lain tentang kejadian yang membunuh anaknya. Termasuk soal kondisi genetik yang dialaminya.

"Kami tidak tahu obsesinya terhadap kesehatan pada akhirnya akan membunuhnya," kata Michelle.

Kelainan Genetik Langka

Nicholas Ah mew dari Inherited Metabolic Disorders Program di Children's National Health System's Rare Disease Institute mengatakan, urea cycle disorder (gangguan siklus urea) merupakan kelainan genetik langka. Di Amerika Serikat, kondisi itu hanya ada satu dari 35 ribu orang.

Mereka yang mengalami kondisi tersebut kekurangan satu dari enam enzim yang membantu menghilangkan amonia (produk sampingan beracun yang dibuat protein ketika dimetabolisme) dari aliran darah.

Pada orang normal, amonia harusnya dikeluarkan dari tubuh lewat urine. Namun, mereka yang mengalami gangguan siklus urea, amonia menumpuk di aliran darah dan jika mencapai otak, akan menyebabkan kerusakan.

 

Konsultasi dengan Dokter Sebelum Konsumsi Protein

Gangguan itu bisa terjadi tanpa diketahui hingga ada sesuatu yang memicu gejalanya.

"Mungkin kombinasi penyakit atau cedera bersama dengan peningkatan besar asupan protein, dan itu mempengaruhi kemampuan mereka untuk menghilangkan amonia dalam sistem tubuhnya," kata Ah Mew.

Karena itu, Ah Mew mengatakan bahwa siapapun yang ingin meningkatkan asupan protein demi massa otot, harus terlebih dulu berkonsultasi dengan ahli fisiologi olahraga atau ahli gizi untuk melakukannya.

Dia menambahkan, apabila Anda adalah seorang binaragawan dan kerap mengalami mual, muntah, sakit kepala berulang setelah konsumsi banyak protein, segeralah periksakan kadar amonia.

"Tetapi, jika Anda merasa baik-baik saja, sangat kecil kemungkinan Anda akan memiliki kelainan yang tidak terdiagnosis seperti ini."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Berita video Bola 60 Sec yang kali ini menampilkan atlet binaraga kategori bikini fitness Indonesia, Gita Bachtiar, yang ternyata berprestasi di luar negeri.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Ini 5 Tandanya Kamu Hanya Cinta Sesaat Sama Dia

Idntimes

Agar Tak Jenuh, Lakukan 5 Kegiatan Ini di Sela-sela Pekerjaanmu

Idntimes

Keliru Meneteskan Obat Tetes Mata dengan Lem Keras, Mata Pria Ini Berakhir Seperti Ini

Intisari-online

Demi Lovato Pamer Selulit, Ajak Wanita Mencintai Tubuh Apa Adanya

Tempo

Waspada 8 Gejala Ini jika Miss V Berdarah Usai Bercinta

Okezone

Tulis komentar...