Home

8 Orang Tajir Anti Kikir di Dunia

Wartaekonomi | 2 months ago

WE Online, Jakarta -

Memiliki harta berlimpah tak lantas menutup hati beberapa miliarder di dunia. Banyak dari mereka yang ringan tangan membantu sesama. Namun, dari sekian banyak miliarder yang murah hati itu, siapa ya di dunia ini yang paling dermawan?

Beberapa orang kaya di dunia memang senang melakukan kegiatan sosial yang membantu banyak orang. Tak melulu menghasilkan cuan dari perusahaannya dan gila kerja, mereka sering disebut sebagai penderma.

Berikut nama-nama miliarder yang paling dermawan di dunia:

8. Eddy Sariaatmadja – Rp11,4 miliaran

Jangan melihat nominalnya, CEO dari perusahaan media Tanah Air PT Elang Mahkota Teknologi ini sempat masuk dalam orang paling dermawan di Asia versi Forbes tahun 2018.

Baca Juga: Bikin Ngelus Dada! Ini Sosok Miliarder Paling Kikir Sejagat Raya

Eddy sempat menyumbangkan sebagian hartanya untuk membiayai alat kesehatan di rumah sakit Royal Perth, Australia, sebesar Rp11,4 miliaran.

7. Ma Huateng – Rp28 triliunan

Mengutip dari CEO World, orang terkaya di dunia yang paling dermawan ketujuh adalah Ma Huateng. Ia adalah pria asal China yang mendirikan perusahaan bernama Tencent.

Nama Tencent tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta game battle royal PUBG. Selain industri game, perusahaan ini juga mencoba peruntungannya di industri film Hollywood dengan ikut serta dalam produksi film Kong Skull Island dan Venom tahun 2017.

Dengan kekayaan mencapai Rp466 triliun total uang yang ia donasikan kepada orang kurang mampu mencapai Rp28 triliunan.

6. Michael Dell – Rp28 triliunan

Keenam ada Michael Dell yang lahir di Houston, Amerika Serikat. Ia adalah pendiri sekaligus CEO dari perusahaan teknologi Dell Technologies.

Baca Juga: Bukan Jack Ma, Ini Dia Miliarder Paling Dermawan di Asia

Dengan total harta menyentuh angka Rp373 triliun, Michael Dell telah mendonasikan sebagian uangnya sebanyak Rp28 triliunan.

5. Phil Knight – Rp40 triliunan

Nama orang terkaya di dunia yang satu ini mungkin belum familiar di beberapa kalangan, namun pasti brand ciptaannya sudah menjadi kebanggaan kebanyakan orang, yakni Nike.

Bersama dengan koleganya Bill Bowerman, Phil mendirikan Nike semenjak tahun 1964 lalu. Kini brand ini telah menjadi salah satu penguasa fashion khususnya sepatu olahraga di dunia. Kekayaan yang dimiliki Phil Knight mencapai Rp443 triliunan dan udah menyisihkan sekitar Rp40 triliunan untuk disumbangkan.

4. Carlos Slim – Rp56 triliunan

Selanjutnya datang dari negara Meksiko ada pengusaha sekaligus filantropi yang lumayan terkenal di dunia.

Pada tahun 2010 sampai 2013 namanya terdaftar sebagai orang terkaya di dunia menyaingi Bill Gates. Uang yang masuk ke dalam dompetnya berasal dari posisinya sebagai CEO di salah satu perusahaan telekomunikasi America Movil.

Baca Juga: Ini Miliarder Indonesia yang Ringan Tangan terhadap Dunia Pendidikan

Carlos Slim menyimpan harta kekayaan sampai Rp830 triliunan dan menyisihkan sekitar Rp56 triliun di antaranya untuk donasi.

3. Michael Bloomberg – Rp84 triliunan

Masuk ke tiga besar orang terkaya di dunia yang paling dermawan, ada nama Michael Bloomberg yang tak lain adalah seorang pebisnis. Nama belakangnya identik dengan sebuah media internasional asal Amerika Serikat (AS).

Selama kariernya Michael Bloomberg juga sempat bermain di panggung politik bersama dengan partai Demokrat AS. Dengan total harta menyentuh Rp646 triliun, ia telah mendonasikan uang sebanyak Rp84 triliun guna kegiatan sosial.

2. Bill Gates – Rp574 triliunan

Sepertinya, Bill Gates memang senang berada di posisi kedua. Bukan hanya sebagai orang terkaya di dunia nomor dua, nyatanya ia juga menjadi miliarder paling dermawan kedua di bumi.

Gates merupakan pendiri Microsoft. Ia juga dikenal sebagai miliarder yang sangat aktif dalam kampanye bertemakan penumpasan kemiskinan serta penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan. Ia juga memiliki yayasan bernama Melinda Gates Foundation untuk membantu kehidupan orang kurang mampu.

Baca Juga: Henry Fong, Sosok Konglomerat Sepuh yang Penderma

Harta yang berhasil dikumpulkan oleh Bill Gates ditaksir sekitar Rp1.338 triliunan dan uang yang udah didonasikan menyentuh Rp574 triliunan.

1. Warren Buffett – Rp652 triliunan

Yang menyabet gelar orang terkaya di dunia sekaligus yang paling dermawan adalah Warren Buffett. Ia adalah pengusaha sekaligus pendiri dari restoran es krim Dairy Queen dan perusahaan baterai Duracell.

Mirip dengan Bill Gates, pria yang lahir tahun 1930 ini juga memiliki yayasan bernama Buffett Foundation yang didirikan tahun 1964 lalu. Kekayaannya yang menyentuh Rp1.185 triliunan sebagian besar ia sumbangkan sampai Rp652 triliunan atau lebih dari 50 persen.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Rekomendasi Artikel

Akibat Vape, 3 Orang Alami Sakit Paru-paru Misterus, 450 Orang Lain Terkena Dampak Hingga Koma

Tribunnews

Viral Bayi Diberi Susu yang Dicampur Obat Alergi Cetirizine oleh ART Supaya Tidur Pulas, Ini Cara Tebaik Bikin Bayi Tidur Pulas

Intisari-online

Kisah Dibalik Foto Menyayat Hati yang Diambil oleh Seorang Ibu Tentang Anak-anaknya

Intisari-online

13

7 Destinasi Instagramable dengan Spot Foto Hits di Ciwidey. Bikin Betah dan Males Pulang!

Hipwee

5 Alasan Cowok yang Kamu Sukai Tetiba Menarik Diri, Ada Apa ya?

Idntimes

Tulis komentar...