Home

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Bersama Teman Ini Bisa Bikin Kantong Jebol

Idntimes | 1 month ago

Hayoo, siapa di sini yang sering sekali mengalami kekurangan uang di saat akhir bulan? Jika kamu termasuk golongan orang tersebut, mungkin ada sebuah kesalahan yang sering kamu lakukan di saat awal bulan. Makanya sering sekali kamu bertanya-tanya, uang kamu perginya entah kemana.

Ternyata salah satu alasan mengapa kantong kamu sering jebol adalah karena kamu kurang memperhatikan biaya pertemanan kamu. Tanpa kamu sadari, ternyata hubungan pertemanan juga mempunyai biaya tersendiri dan ada efek kurang baik jika kamu tidak memerhatikannya.

Nah, di bawah ini ada 5 kebiasaan kurang baik dalam hubungan pertemanan yang bisa membuat kantong kamu menjadi kosong.

1. Terlalu sering nongkrong-nongkrong hanya untuk terlihat keren

Nongkrong-nongkrong cantik bareng teman-teman memang cukup seru. Apalagi jika malam hari dan besoknya kamu enggak kerja. Pastinya tongkrongan ini akan berlanjut sampai larut malam atau sampai kalian merasa bosan dengan obrolan-obrolannya.

Namun, ada hal yang mungkin kamu lupakan guys. Terlalu sering nongkrong-nongkrong cantik bisa membuat kantong kamu jebol lho. Apalagi jika alasan kamu nongkrong hanya untuk terlihat keren dan agar bisa disebut anak kekinian oleh orang lain. Ingat, nongkrong boleh saja, asalkan jangan keseringan.

2. Memberikan hadiah yang mewah agar terlihat berkesan dan berbeda dari orang lain

Kamu sering enggak sih sibuk sendiri saat sahabat kamu ulang tahun atau sahabat kamu mempunyai momen spesial? Sampai-sampai kamu harus keluar uang yang tidak sedikit, hanya untuk membeli kado atau hadiah agar terlihat berkesan dan berbeda dari orang lain.

Memberikan hadiah di saat teman ulang tahun adalah hal yang sah-sah saja. Tetapi jangan sampai melewati batas, apalagi sampai mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Memberikan hadiah yang berkesan tidak harus mahal kok. Percaya deh, memberikan hadiah yang mahal atau mewah tidak membuat kamu menjadi orang yang paling perhatian kepada teman lho.

3. Terlalu sering memberikan traktiran kepada sahabat tanpa melihat kondisi keuangan saat ini

Pasti sudah menjadi hal yang biasa jika kamu ulang tahun atau mempunyai pasangan baru, harus memberikan traktiran kepada sahabat-sahabat. Padahal kalau ini menjadi sebuah budaya, pasti sangat berpengaruh besar terhadap kondisi keuangan kamu.

Melakukan syukuran atau sekadar memberikan traktiran kepada teman memang boleh. Intinya, jangan sampai berlebihan dan jangan terlalu sering juga guys. Setiap kamu berhasil melakukan sebuah pencapaian, bukan berarti kamu wajib memberikan traktiran kepada teman-teman kamu lho.

4. Meminjamkan uang kepada teman tanpa ada perjanjian terlebih dahulu

Sudah sewajarnya dan seharusnya kamu memberikan bantuan kepada orang lain dan tentunya kepada teman. Namun, ada hal yang sering sekali kita lupakan saat sedang memberikan pinjaman kepadanya. Salah satunya adalah dengan tidak melakukan perjanjian terlebih dahulu.

Perjanjian disini maksudnya adalah menentukan tanggal pengembalian uang tersebut. Karena biasanya kita sering sekali sungkan dan malu saat akan menanyakan uang yang pernah mereka pinjam. Alhasil, uang kamu menjadi tidak kembali dan kantong pun menjadi jebol.

5. Hampir setiap ada teman yang menikah, kamu selalu membuat seragam yang sama agar terlihat kompak

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, kebiasaan membuat seragam di setiap pesta pernikahan sahabat juga bisa membuat isi dompet kamu menjadi jebol. Memang sih, hal ini bisa membuat pesta pernikahan sahabat menjadi lebih seru dan berkesan. Tetapi kamu juga harus membuat perhitungan dan aturan yang jelas dong.

Lebih baik kamu gunakan saja baju yang pernah kalian buat bersama sebelumnya dan bisa digunakan pada saat pesta pernikahan. Kalau pun tidak, cobalah untuk menanyakan langsung kepada sahabat yang menikah. Mungkin saja dia mempersiapkan baju untuk bridesmaids. 

Ingat guys, bukan perhitungan. Tetapi kamu juga harus memperhatikan kondisi kamu saat ini dan esok. Jika punya uang lebih, cobalah untuk ditabung saja.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0


Tulis komentar...