Home

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Khawatir Berlebihan Sama Penampilanmu

Idntimes | 2 months ago

Jerawat, komedo di hidung, wajah berminyak, bekas luka, bengkak, selulit, stretch marks, mungkin bikin penampilan kita jadi kelihatan kurang sempurna. Berbagai usaha sudah dilakukan untuk mengatasi problem itu, misalnya pakai salep, body lotion yang mencerahkan, masker komedo dan sebagainya. Perubahan yang terjadi pun enggak bisa instan.Tubuh kita perlu waktu untuk memproses produk yang kita pakai.

Selama proses itu berlangsung, mungkin bikin kamu enggak pede buat tampil di panggung, jadi malas kumpul karena takut merasa yang paling enggak kece, pokoknya meredupkan sinarmu, deh. Meski rasanya kamu ingin menghilang untuk sementara demi menyembunyikan imperfectionmu, tapi sebenarnya enggak perlu sampai kayak gitu, lho. Ini alasannya!

1. Ada kekuatan yang lebih dahsyat. Inner beauty!

Daripada sibuk mengkhawatirkan mengenai penampilan luarmu, gimana kalau kita fokus mengembangkan kemampuan yang kita punya? Baca banyak buku, ikut banyak workshop atau pelatihan, olahraga, berpetualang, mencoba berbisnis dan apapun hal yang bisa kamu lakukan. Toh, penampilan luar yang dirasa kurang sempurna, sedang diatasi dengan produk skincare yang kita pakai. Sembari menunggu hasilnya, kamu bisa mengembangkan dirimu supaya kualitas diri meningkat.

2. Seseorang gak hanya dinilai dari penampilannya saja. Don't judge a book by its cover only, right?

Penampilan itu mungkin menjadi indikator yang paling mudah dilihat oleh orang lain untuk menilai penampilan kita. Mereka bisa mengira-ngira seperti apakah pribadi kita dilihat dari style pakaian kita, atau wangi parfum yang kita gunakan dan sebagainya. meski begitu, mereka masih mengira-ngira sehingga perlu pendekatan yang lebih dalam untuk mengenal diri kita yang sebenarnya.

Intinya, orang lain itu gak hanya menilai kita dari cover depannya saja, namun juga pribadi kita. Percuma kalau kamu punya penampilan yang seksi, tapi punya pribadi yang bikin orang lain kesal. Cowok yang wajahnya mungkin jerawatan, namun punya kemampuan yang ahli saat membawakan acara, mungkin tetap terlihat mempesona bagi para wanita.

3. Gak cuma kamu, semua orang pernah atau mungkin sedang mengalaminya juga

Jangan mengira bahwa kondisimu saat ini hanya diderita olehmu saja. Semua orang pernah mengalami punya wajah bruntusan, atau mungkin kering hingga mengelupas, mereka pernah punya bekas luka yang super hitam, mereka juga pernah punya rambut yang susah diatur dan lainnya. Itu menjadi suatu kondisi yang normal dan wajar dialami oleh kita.

Jerawat bukan hal baru lagi untuk dilihat orang lain. Jangan merasa bahwa kamu tiba-tiba berubah menjadi makhluk asing dari planet lain yang punya penampilan aneh. Selama kamu sudah berusaha mengatasinya, everything's okay, kan? Hanya tinggal menunggu prosesnya selesai.

4. Karena kita adalah manusia yang selalu beraktivitas dan mengeksplor dunia

Wajar kalau kamu punya bekas luka di tangan karena terciprat minyak saat belajar memasak. Gak aneh juga kalau kulitmu jadi belang dan kering karena kamu menikmati liburanmu di pantai. Wajahmu mungkin juga kena goresan karena jatuh dari sepeda. 

Aktivitas yang kita lakukan menimbulkan resiko seperti itu. Tapi ketika kita berhasil melakukannya, maka ada hal yang lebih penting yang didapat, seperti akhirnya bisa memasak, lebih berhati-hati saat berkendara, dan merasakan kepuasan menikmati pantai. Soal penampilan? Gampang, kan sudah ada obat atau produk yang mengatasinya. 

5. Kesalahan dalam berpenampilan bisa dilupakan

Kamu merasa penampilanmu kacau dan bikin kamu malu di depan gebetan atau temanmu? Tenang aja. Paling beberapa hari kedepan, mereka akan lupa dengan kejadian itu.

Lagipula, gak hanya kamu saja kan yang pernah mengalaminya? Justru ketika kamu melakukan kesalahan atas sikapmu, mereka akan terus mengingatnya. Jadi, kalau penampilanmu mendadak 'kacau' atau gak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, pede aja!

Jangan biarkan penampilan luarmu menghalangi apa yang menggelora dalam dirimu, girls. Fokus untuk mengembangkan diri, pede aja!

Lihat Sumber

  • 2

  • 0

Tulis komentar...
  • 1