Home

Tubuh Sering Gatal, Signal Penyakit Kronis

Akurat.co | 1 month ago

AKURAT.CO, Ketika merasakan gatal-gatal pada kulit dalam jangka waktu yang panjang, hidup terasa sangat tidak nyaman bagi. Rasa gatal yang terjadi saat kegiatan sehari-hari dan terus menerus bisa akan sangat mengganggu aktivitas. 

Rasa gatal pada kulit bisa membuat kamu risih sekaligus bisa malu bila dilihat orang. Namun, rasa gatal terjadi tidak hanya karena alergi, 

masalah infeksi jamur, bekas gigitan saja, tetapi beberapa penyakit turut mempengaruhinya timbul.

Dilansir AkuratHealth dari Boldsky, berikut ini beberapa  penyakit yang dapat menimbulkan rasa gatal:

Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan darah. Sejumlah penelitian telah mencatat bahwa orang yang memiliki penyakit ginjal akan menderita gatal pada kulit.

Jika mereka memiliki penyakit ginjal kronis seperti gagal ginjal, rasa gatal juga bisa sangat intens. Hal tersebut kerana racun dan limbah yang ada di ginjal tidak dapat keluar dari sistem dan masuk ke aliran darah dan menyebabkan kulit gatal.

Gangguan hati

Hati juga merupakan organ vital tubuh yang membantu pencernaan dan mengurai nutrisi untuk menyediakan energi bagi tubuh. Jika orang mengalami kulit gatal di seluruh tubuh tanpa alasan, itu bisa menjadi gejala awal penyakit hati. Ketika kelebihan empedu terbangun di hati, mulai mengasam dan masuk ke aliran darah. Ini pada akhirnya menyebabkan kulit terasa gatal.

Penyakit Spinal

Jika kamu mengalami rasa gatal yang parah di punggung tanpa ada ruam, maka bisa jadi itu pertanda penyakit tulang belakang. Biasanya, ini disebabkan oleh cedera atau peradangan pada beberapa bagian sumsum tulang belakang. Ketika saraf di dalam dan di sekitar sumsum tulang belakang rusak atau meradang, bisa menyebabkan sensasi gatal di daerah yang terkena kerusakan.

Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah reaksi sistem imun dimana tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung di dalam gluten (zat protein). Jika kamu mengalami rasa gatal yang ekstrem, bersama dengan benjolan merah atau lepuhan di sekitar lutut, siku, bokong, dan area garis rambut, maka itu bisa menjadi gejala dermatitis herpetiformis yang masuk kedalam kategori penyakit Celiac yang mempengaruhi kulit.

Ini biasanya disebabkan ketika orang mengkonsumsi makanan kaya gluten, tubuh tak dapat memprosesnya karena adanya penyakit Celiac. Jadi diet bebas gluten dan obat-obatan dapat mengobati gangguan ini.[]

Lihat Sumber

  • 0

  • 1


Rekomendasi Artikel

Jangan Diteruskan, 5 Alasan Kamu Harus Mengakhiri Hubungan dengan Dia

Idntimes

Bukan Hanya Karena Makan, Ini Beberapa Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Akurat.co

Deretan Aksi Turis Bule Ngamuk di Bali, Bertengkar di Hotel Hingga Tendang Pengendara Motor

Tribunnews

Viral Ritual Memanggil dan Melihat Kembaran Gaib, Ini Kata Furi Harun

Okezone

13

Viral Menikah Hingga Terlilit Utang Ratusan Juta, Ini 5 Cara Demi Hindari Cerita Horor yang Sama

Hipwee

1

Tulis komentar...