Home

5 Cara Meninggalkan Kesan yang Baik Meski Kamu Sedang Resign

Idntimes | 2 months ago

Sekarang ini, setiap orang harus bekerja. Karena dengan bekerja kita akan memperoleh penghasilan, dan dapat memenuhi kebutuhan hidup. Namun tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan yang nyaman, sesuai dengan keinginannya. Terkadang kita terjebak di dalam pekerjaan yang membuat kita tidak nyaman. Entah itu karena gaji yang kecil, rekan kerja yang tidak menyenangkan, bos yang galak, dan banyak lagi alasan lain.

Memang mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah, karena itu banyak orang yang rela bertahan walaupun sudah merasa tidak nyaman melakukan pekerjaan tersebut. Namun ada juga orang-orang yang berani mengambil keputusan untuk resign, dan mencari pekerjaan lain yang lebih baik.

Kalau memang resign adalah keputusan yang terbaik, maka lakukanlah lima hal ini supaya kamu tetap meninggalkan kesan yang baik di kantor:

1. Tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik

Walaupun kamu sudah tidak nyaman dan sudah memutuskan untuk resign dari pekerjaanmu yang sekarang, namun bukan berarti kamu boleh bekerja dengan asal-asalan. Tetaplah selesaikan tugas-tugasmu dengan baik, karena hal itu masih menjadi tanggung jawabmu. Dan ingatlah kalau kamu masih mendapatkan gaji untuk melakukan pekerjaan itu. 

2. Utarakan keinginan resign pada bos atau HRD dari jauh hari sebelumnya

Ketika kamu resign nanti, pihak perusahaan pasti harus menemukan pengganti untuk mengerjakan pekerjaan yang kamu tinggalkan. Karena itu jangan memutuskan untuk resign secara mendadak, karena pihak perusahaan membutuhkan waktu untuk mencari penggantimu.

Kalau keputusanmu untuk resign memang sudah bulat, utarakan hal ini pada bos atau HRD di kantormu dari jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu mereka bisa segera mencari penggantimu.

3. Tidak malas-malasan datang ke kantor

Sekalipun permintaan resign kamu sudah disetujui, namun kalau kamu masih harus datang kantor hingga akhir bulan maka lakukanlah hal itu seperti biasa. Jangan pernah bermalas-malasan, apalagi sampai datang terlambat.

Tetap tunjukkan performa kerja yang baik, walaupun masa-masa kerjamu di kantor tersebut hanya tinggal menghitung hari saja. Dengan begitu kamu akan meninggalkan kesan yang baik di kantor.

4. Menawarkan bantuan mencarikan pengganti

Ketika perusahaan sudah menyetujui permohonan resign kamu, biasanya mereka akan segera membuka lowongan kerja untuk mengisi posisi yang kamu tinggalkan. Kalau kebetulan kamu punya teman atau kerabat yang menurutmu cocok untuk menggantikan posisimu.

Maka kamu boleh berinisiatif untuk menawarkannya pada bos atau HRD di kantormu. Dengan begitu kamu sudah membantu meringankan pekerjaan mereka dalam mencari penggantimu.

5. Mengembalikan barang-barang milik kantor

Sebelum resign dan meninggalkan kantor, pastikan kalau kamu sudah mengembalikan semua barang-barang inventaris kantor yang selama ini kamu pakai. Misalnya saja mobil dinas, rumah dinas, atau bahkan hal-hal yang kecil seperti alat-alat tulis kantor. Dengan begitu kesan perusahaan terhadapmu akan tetap baik dan positif.

Meninggalkan kesan yang baik merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena kamu masuk dengan baik-baik ke perusahaan tersebut. Maka keluar dari perusahaan pun harus kamu lakukan secara baik-baik.

Walaupun kamu sudah merasa tidak nyaman berada disana, bagaimanapun juga perusahaan itu pernah memberimu gaji dan pengalaman kerja yang sangat bermanfaat untuk kamu.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Tulis komentar...